Antivirus Bagi Windows Untuk Pemula

Mengapa sistem operasi windows memerlukan antivirus, dan bagaimanakah memilih antivirus yang tepat bagi komputer dengan sistem operasi windows?
Mungkin itulah apa yang menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh banyak pengguna komputer saat ini, tidak hanya yang menggunakan sistem operasi windows (dalam hal ini Microsoft Windows), bahkan mereka yang menggunakan GNU Linux-pun kini sudah mulai banyak menjadi incaran virus-virus yang sedikit banyaknya “merepotkan”, “melelahkan”, dan bikin stress.

Karena ulah si virus ini, mungkin Anda akan mendapatkan folder “bertumpuk” di sistem anda, seperti kado dalam kado, kadang komputer menjadi begitu slow motion alias performanya jadi melempem, kadang restart sendiri atau ga malah ga bisa shutdown, hang dan crash, merusak dokumen (word, jpg, dll) anda. Tumpukan skripsi atau bahan anda yang hampir rampung tiba-tiba lenyap entah kemana???. Bahkan jika teramat parah, komputer anda akan rusak, dan tak dapat diperbaiki lagi, sehingga harus membeli komputer baru.
Intinya bagi yang bukan mumpuni di bidang komputerisasi, alias pemakai asal bisa pakai, mereka-lah yang paling banyak menjadi korban para virus (atau si pembuat virus itu sendiri).
Apakah Anda salah satu orang yang dibuat pusing oleh virus? Ya, bisa jadi tulisan ini akan bermanfaat. Saya hanya ingin sedikit berbagi solusi pada Anda semua. Ada banyak cara virus masuk ke dalam sistem operasi (komputer) kita, dan ada banyak cara mencegah dan melenyapkannya. Bagi yang tidak terlalu ingin nge’jlimet masalah-masalah ini, biasanya kita akan menggunakan software (perangkat lunak) yang kita sebut Antivirus, dan tentunya Antivirus yang baik memiliki kemampuan mencegah serangan virus dan memperbaiki komputer yang terinfeksi.
Namun hanya untuk dimaklumi, menurut pengalaman saya hingga saat ini, tidak ada antivirus yang 100% handal dan yakin mampu melindungi komputer kita dari bahaya-bahaya seperti ini. Namun kita nyaris dapat mencapai kata ‘puas’ dan ‘bebas virus’ jika kita tahu bagaimana mengelola sebuah antivirus dengan baik.
Nah mari kita tinjau langkah-langkah dalam ber-‘antivirus’ ^_^
1. Sistem operasi: kita harus tahu sistem operasi apa yang kita gunakan, karena antivirus menyesuaikan dengan sistem operasi, apakah itu Windows (98, ME, 2000, XP, atau Vista), ataukah GNU Linux (Ubuntu, Fedora Core, Mandriva, dsb) atau Mac Os atau yang lainnya. Nah di sini kita akan membahas yang digunakan di Windows. Saat nanti Anda memilih antivirus, pilihlah yang sesuai dengan sistem operasi anda.
2. Spesifikasi komputer: walau kurang penting, namun banyak antivirus memerlukan resource yang cukup banyak, sehingga ketika dijalankan bisa membuat komputer dengan spesifikasi pas-pasan bak kerja rodi. Nah … maka dari itu, pilih-lah Antivirus yang tidak akan membebani komputer anda.
3. Memilih antivirus: biasanya orang mencari yang cheap (murah bila bisa gratis), ramah guna (gampang dipakai), dan ampuh (bisa buat gebukin semua virus @@). Namun terkadang lupa, bahwa mereka juga memerlukan yang fix (sesuai dengan komputer dan sistem operasi).
Nah … mungkin kita akan dibingungkan dengan berbagai program antivirus yang beredar di pasaran saat ini, banyak dan hampir semuanya terkenal (ha… ha… kalo ga terkenal buat apa nampang, ya ga?). Ada banyak nama yang dapat Anda temui, seperti McAfee, Norton, NOD32, Kaspersky, BitDefender, Alladin, Antivir, PCMAV, AVG, dan lain sebagainya, dan tentunya tidak lupa, yang saya gunakan sendiri untuk melindungi komputer adalah Avast Antivirus.
Beberapa antivirus menyediakan fitur tambaham seperti Antispyware, firewall, dan lain sebagainya, namun program seperti ini dilepas ke pasaran dengan harga yang tidak murah. Jika Anda tidak membelinya, mungkin Anda sedang menggunakan ‘bajakan’nya, dan tampaknya dari apa yang saya temukan, masih banyak PC atau notebook, yang terpasangi program antivirus non-genuine (bajakan). Saya tidak akan mengomentari ini, kita semua sudah tahu piracy agains the laws (tulisannya bener ga sih?). Namun si bajakan ini akan mengalami kendala sering pada saat ia menangani komputer yang terhubung internet, karena si pemilik program akan tahu (biasanya) kalau komputer anda menggunakan programnya secara melanggar hukum, atau ketika Anda mencoba memperbaharui (update), masalah-masalah akan muncul. Maka dari itu, saya menyarankan Anda agar menggunakan program antivirus genuine (asli), demi keamanan dan kenyamanan.
Jika merasa membeli antivirus lebih mahal dari pada yang sanggup kita anggarkan. Terdapat beberapa program antivirus yang disediakan secara cuma-cuma, alias lisensi gratis. Misalnya saja AVG Home Edition, PCMAV dan saya yang saat ini menggunakan Avast!Antivirus Home Edition. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk ini, misalnya Avast!Antivirus akan meminta Anda mendaftar sebagai pengguna versi Home guna mendapatkan lisensi Home Edition, tentu saja, tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu mengisi formulir di halaman registrasi, dan lisensi akan dikirimkan via eMail, lisensi ini valid untuk periode 1 tahun, dan dapat diperpanjang secara cuma-cuma juga untuk selanjutnya setiap periode 1 tahun.
Namun jika Anda bukan Home User, misalnya badan usaha dengan banyak komputer saling berhubungan, Anda layak menggunakan antivirus dengan server edition.
  • Pastikan antivirus yang kita pilih sesuai dengan sistem operasi dan spesifikasi komputer kita.
  • Pilih antivirus tersebut denganrelease (keluaran) terbaru dari versinya yang sejenis, dengan database yang ter-update.
  • Pilihlah dengan harga yang sesuai (cost effectiveness).
  • Sesuaikan dengan aktivitas komputer Anda di Internet atau transfer data, jika Anda sering bertukar data denga media eksternal (Flashdisk, CD, dsb) atau 24 jam nyambung ke internet, mungkin akan akan perlu antivirus yang memiliki perangkat automatic update.
  • Jika ragu, tanyakan pada teman atau ahli komputer, atau reseller antivirus terdekat, bahkan para penyedia antivirus biasanya akan berbaik hati menjawab setiap pertanyaan anda melalui eMail maupun telepon (misal pada avast anda bisa mengirimkan eMail ke Support Avast)
4. Memperoleh Antivirus: Ini mungkin bukan masalah bagi kebanyakan pengguna saat ini, karena program antivirus sudah banyak tersedia di pasaran. Tempat di mana kita bisa mendapatkan antivirus (dan juga update-nya):
  • Internet: bisa diunduh (download) langsung dari penyedianya (misal: www.avast.com) atau jika ingin memilih-milih, kunjungin situs-situs yang menyediakan berbagai program antivirus yang bisa diunduh baik versi penuh maupun trial (uji coba) misalnya di www.download.com. Atau bahkan bisa membeli langsung dari situs penyedianya.
  • Reseller: Toko-toko komputer umumnya beberapa ditunjuk sebagai reseller (penjual) program antivirus, kalau pingin tahu tempat penjualnya, harus menghubungi penyedianya langsung dan bertanya lokasi penjualan terdekat dari lokasi anda (hah… bingung kan?)
  • Bonus: Beberapa majalah komputer seperti CHIP dan PC MEDIA biasanya memberikan bonus berupa kepingan CD/DVD yang di dalamnya menggandeng program-program Antivirus, Anda juga bisa memperolehnya dari majalah-majalah ini, bahkan PC MEDIA menyediakan antivirus gratis PCMAV dan update-nya langsung setiap kali majalah ini diterbitkan. Bonus juga dapat berarti, saat Anda membeli sebuah komputer baru, Anda mendapatinya sudah terpasang Antivirus. Atau Anda cukup beruntung, mendapatkannya sebagai hadiah ulang tahun (meski Anda tidak memiliki komputer ;p )
4. Mendayagunakan Program Antivirus:
Umumnya permasalahan muncul, setelah antivirus diinstal, namun tetap saja ga menyelesaikan masalah yang datang di waktu kemudian. Anda terlalu malas untuk memperbaharui programnya, tidak tahu cara mengoperasikannya, sengaja mematikan antivirus anda dan/atau sengaja membiarkan virus berlenggang ria di komputer anda, well … mungkin anda sendiri-lah pencipta virus itu ^_^
  • Pastikan Anda tahu cara mengoperasikannya, termasuk setting-nya, perintah-perintahnya, jenis perlindungannya. Bagaimana Anda dapat tahu semua ini? Mudah … tanya pada seseorang … ha… ha.. itu adalah cara yang paling cepat, namun setiap program selalu dilengkapi dengan yang dinamakan menu “help” alias bantuan, masalahnya terkadang kita enggan bahkan lupa kalau menu ini ada untuk dibaca. Jika Anda tidak tahu cara mengoperasikannya, sia-sialah antivirus itu, bak memiliki senjata tanpa tahu cara menggunakannya. Learn & Learn, itulah saran saya.
  • Update-lah Antivirus anda secara rutin. Virus yang berbeda atau semakin canggih, memerlukan senjata yang selalu diperharui untuk melawannya, maka dari itu sangatlah penting untuk meng-update program antivirus anda. Jangan lupa, jika komputer anda memiliki koneksi internet, pilihlah update otomatis pada setting program antivirus anda. Pastikan yang ter-update adalah Antivirus engine dan virus database pada program antivirus anda.
  • Jangan lupa, scan system pada program antivirus harus dijalankan dengan rutin, baik secara berkala pada komputer maupun selalu pada external device yang akan anda hubungan ke komputer.
  • Hindari penggunaan double antivirus, artinya jangan menggunakan lebih dari satu jenis program antivirus pada komputer yang sama, atau itu akan (bisa jadi) menimbulkan crash pada sistem operasi anda.
  • Lengkapi komputer anda dengan sistem perlindungan lain, seperti AntiSpyware, Firewall, bahkan dengan seting internet yang disesuaikan, jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan komputer anda untuk menjelajahi internet.
  • Jika anda menemukan sebuah virus baru, atau dicurigai sebagai virus, kirimkan file (berkas) tersebut dalam bentuk terkompresi (ZIP atau RAR) ke penyedia jasa antivirus anda, jika pengguna Avast dapat mengirimkan via eMail ke sini. Dan mohon bersabar menunggu, update terbaru untuk menangani virus tersebut.
  • Tidak terlalu penting, namun ada baiknya Anda bergabung dengan forum yang membahas tentang virus dan antivirus di internet.
Saya telah menggunakan berbagai jenis sistem operasi dan berbagai macam antivirus, kini saya menggunakan sistem operasi Windows Vista, dan masih menggunakan Avast!Antivirus semenjak 3 tahun terakhir. Dan saya sangat puas dengan perlindungan yang diberikan oleh antivirus terbaik versi securing computer ini.
Namun demikian Andalah yang tetap menentukan, program antivirus mana yang sesuai bagi anda.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.