Cek Ejaan Bahasa Indonesia pada Microsoft Office

Baiklah ini adalah tulisan pendek mengenai bagaimana cara kita mengecek ejaan jika sedang mengetik dengan program microsoft office (misalnya word), pada program yang kita beli dan install di komputer, secara default hanya terisi oleh berapa kemampuan mengenal bahasa, misalnya bahasa Inggris (English). Jadi jika kita menulis dengan bahasa Indonesia, biasanya akan tampak garis-garis merah di bawah tulisan (yang menandakan bahwa ejaan kita salah).

Kita dapat menambahkan apa yang disebut LIP (LanguageInterfacePack.exe) dimana akan mempermudah kita menata ejaan dalam bahasa Indonesia. Koreksi pun akan dilakukan sesuai ejaan bahasa Indonesia, hal ini selain menghilangkan garis-garis merah yang menyebalkan (walau bisa dihilangkan dengan menonaktifkan spelling check) namun juga membantu kita melihat jika ada kesalahan penulisan.
Untuk mendapatkan LIP ini bisa diunduh dari situs Microsoft. Untuk Microsoft System Office 2007 dapat diunduh di sini, serta untuk LIP bagi Office 2003 dan Windows XP juga bisa ditinjau dari link tersebut. Tips ini lumayan memudahkan bagi pelajar/mahasiswa yang sedang menulis karya tulis ilmiah / KTI maupun petugas yang memiliki tugas ‘sering’ mengetik.
Selamat mencoba, jika ada kesulitan bisa langsung tanya OM GOOGLE … ^_^
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.