Save The Forest – Selamatkan Hutan Kita

Belakangan ini wacana pemanasan global dan upaya-upaya penghentiannya semakin gencar. Walau sementara ini mungkin sebagian besar dari kita hanyalah sekumpulan penonton dari wacana-wacana yang sering diungkapkan tersebut. Sedangkan kita sadar betul, bahwa ini adalah ancaman bagi kita semua.
Topik yang akan kita urai kali ini adalah “Save The Forest” atau selamatkan hutan kita. Karena kita semua pasti tahu betapa pentingnya hutan bagi dunia, hutan memiliki jutaan manfaat bagi manusia dan dunia, mereka merupakan salah satu penyangga keseimbangan ekologi di planet ini. Rusaknya penyangga ini berarti kiamat bagi seluruh penghuni planet ini. Walau hutan memiliki kemampuan untuk beregenerasi jika terdapat kematian ataupun kerusakan, namun kemampuan itu adalah sebuah kemampuan alami yang memiliki batas-batas tertentu, di mana jika kerusakan yang terus-menerus terjadi, maka hutan sendiri tidak akan mampu mengembalikan keseimbangan di dalam dirinya. Indonesia sendiri telah kehilangan hampir 50% hutan hujan tropisnya, bahkan di beberapa daerah telah melebihi separuh hutan alami, dan sisanya mungkin hanya hutan produksi. Bagaimana tidak, setiap 12 detik dunia kehilangan hutan seluas satu lapangan sepak bola! Dan jika ini belangsung terus-menerus, kita sendiri mungkin akan menjadi saksi sebuah tragedi yang paling besar dalam sejarah rusaknya lingkungan oleh mahluk yang katanya paling mulia ini, setidaknya kini kita telah melihat dampak yang cukup jelas dari tragedi tersebut.
Mungkin kita bukanlah orang yang telah secara langsung merusak hutan-hutan ini, kita mungkin tidak melakukan penebangan liar (jika ya – segeralah ganti pekerjaan Anda), namun kita bisa jadi salah satu faktor pemicu kerusakan hutan ini. Kita adalah konsumen dari hasil-hasil hutan, kita-lah yang sesungguhnya menunjang eksploitasi berlebihan terhadap hutan.
Pertambahan penduduk, dan permintaan akan hasil hutan juga merupakan pukulan yang telak terhadap upaya pelestarian hutan kita. Hutan akan semakin banyak ditebang tentunya untuk memenuhi permintaan pasar dan masyarakat.
Kertas adalah satu penyebab utama kenapa hutan ditebang (selain digunakan sebagai bahan perkakas rumah tangga serta bahan bangunan). Sebuah pohon yang cukup tua, cukup matang, dan cukup layak sebagai sebagai penghasil pulp (bubur kertas), jika ia tumbuh, maka setiap harinya pertumbuhannya sendiri hanya menghasilkan beberapa helai kertas (4-5 lembar kertas A4 70gram) saja. Nah … pernahkah Anda menghitung berapa kertas yang Anda (atau instansi tempat dimana Anda bekerja setiap harinya) telah menghabiskan kertas dalam sehari. Jika kita menggunakan kertas, lebih banyak dari apa yang dapat dihasilkan sebatang pohon setiap harinya, maka kita layak disebut sebagai penyokong hancurnya hutan kita. Namun saya rasa kita telah menciptakan sistem di mana kertas-kertas dipakai begitu banyaknya dalam keseharian kita, seperti berkas-berkas di perkantoran, rekam medik di rumah sakit. Kita dapat menghemat kertas tentunya untuk mengimbangi penggunaannya. Jika memang tidak terlalu memerlukan sebaiknya kita tidak menggunakan kertas. Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam menghemat kertas. Namun semuanya tergantung dari kesadaran dan tekad kita, karena apa yang dapat kita lakukan hari ini dapat berdampak dikemudain hari. Bahkan saat menarik uang di ATM-pun, Anda dapat menolak pencetakan bukti penarikan, itu salah satu kreativitas dalam menyelamatkan hutan kita ^_^, nah sekarang tingkatkan kreativitas Anda, jangan sia-siakan intelegensi yang Anda miliki, termasuk jangan terlalu boros dalam mencetak berbagai email dan isi blog yang menarik (seperti yang satu ini), cetaklah email dan halaman web yang benar-benar Anda anggap penting untuk didokumentasikan secara tercetak…
Kita dapat memulai secara acak, dari manapun, untuk belajar berhemat.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.