Memilih eMail

Jika kita menggunakan berbagai fasilitas internet guna menunjang apa yang kita kerjakan sehari-hari, secara tak terelakkan kita memerlukan apa yang disebut eMail/Pos-el kepanjangan dari electronic mail atau pos elektroknik. Ada beberapa email yang dapat kita pilih, beberapa di antaranya yang cukup populer adalah Yahoo! Mail, Google Mail, Fast Mail, Windows Live Mail dan Bluebottle. Peran email sangat penting sebagai sarana untuk berkirim-kirim kabar, dan tentunya juga mengirim berkas-berkas via internet (walau beberapa aplikasi lainnya juga dapat membantu).
Ada banyak alasan mengapa orang memilih sebuah akun di salah satu pengguna email, kebanyakan karena penyedia memiliki layanan email gratis, Yahoo! Mail telah terkenal sejak dulu, sebagai salah satu penyedia jasa email yang pertama, dan dengan tampilannya yang menarik, Yahoo! Mail cukup banyak diminati. Semantara Google Mail atau Gmail, memberikan layanan email yang cukup menggiurkan, mengapa orang memilih Gmail, mungkin karena alasan yang khusus seperti yang ada di sini. Gmail tidak memiliki banyak iklan seperti yang ada di Yahoo! Mail (versi free mail).
Namun kemananan dan kenyamanan terkadang merupakan salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Keamanan di sini berarti melindungi email Anda dari berbagai kemungkinan kejahatan yang terjadi, sedangkan kenyamanan berarti ia mudah diakses, dan memiliki beberapa cara untuk dapat mengaksesnya. Perbandingan masing-masing email dapat dilihat di sini.
Pemilihan akun email, tidak berarti Anda harus memilih satu saja, tidak ada salahnya jika memiliki lebih dari satu akun email, terkadang akun-akun itu dapat saling melengkapi. Misalnya Anda ikut Yahoo! Groups sehingga Anda harus memiliki akun Yahoo!, namun koneksi di tempat Anda membuat Anda cenderung menggunakan aplikasi yang mendukung POP3/SMTP (menggunakan aplikasi Thunderbird, Outlook, Windows Mail, atau Apple Mail) dan Anda tidak memiliki akun Yahoo! Mail yang berbayar (hanya free email saja) untuk mendapatkan dukungan POP3/SMTP/IMAP, maka Anda dapat menggunakan fasilitas Gmail atau Bluebottle untuk ini, tentu saja itu berarti Anda memiliki lebih dari satu akun. Selama Anda bisa terus aktif, rasanya bukan masalah, karena beberapa layanan free email akan non-aktif jika Anda tidak menggunakannya selama beberapa waktu (antara 1 sampai 4 bulan)
Namun jika Anda berlangganan ISP tertentu, Anda akan mendapatkan akun email dari ISP tersebut, biasanya Anda akan mengelolanya dengan Outlook ataupun Thunderbird karena menggunakan basis dukungan POP3/SMTP. Bahkan beberapa browser seperti Opera menyediakan apa yang dikenal sebagai Opera Mail yang terintegrasi dengan browser tersebut.

===
Update per 19 Juni 2008
Layanan Freemail dari Bluebottle dihentikan per 20 Juni 2008, jadi tidak bisa dapat email gratis lagi. Untuk melihat keterangan lebih lanjut ada di http://mail.bluebottle.com; namun Gmail masih bisa digunakan sebagai salah satu free account yang menunjang POP3.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.