Personalized Medicine

Belakangan ini, obat pribadi lebih tepatnya pengobatan personal (personalized medicine) sering kali diperbincangkan karena menjadi isu sebagai tipe obat masa depan. Secara umum dapat diartikan sebagai obat yang dirancang sesuai dengan karakteristik seseorang/pribadi, terutama disesuaikan dengan sifat genetik yang dimilikinya. Berikut adalah petikan editorial sebuah majalah yang menyoroti tentang hal ini.

 

Pada Bulan September, Myriad Genetics Inc. memulai kampanye pemasaran langsung pada konsumen untuk uji genetik gen-gen BRCA1 dan BRCA2. Karier (orang yang membawa) mutasi gen-gen ini cenderung menimbulkan kanker payudara dan ovarium (indung telur).

Tes genetik ditujukan pada wanita dengan riwayat pribadi atau keluarga dengan kanker-kanker ini sebagaiman juga pada dokter-dokter. Tes telah tersedia sejak 1997 namun tidak banyak diiklankan hingga kini. Kampanye televisi, media cetak dan radio, yang berlangsung di area-area metropolitan di Amerika Serikat bagian Timur Laut, menuntun konsumen menuju sebuah situs jaringan (web site) dan nomor telepon sebagaimana juga menyarankan mereka untuk berkonsultasi dengan dokter mereka.

Situs jaringan untuk tes memiliki informasi apa yang harus dilakukan jika hasil tes positif didapatkan. Meskipun beberapa rekomendasi, seperti meningkatkan screening, diharapkan, yang lain lebih dratis, seperti preventive mastectomy (operasi pengangkatan sebagian/seluruh jaringan payudara dengan tujuan pencegahan terhadap kondisi tertentu).

Fakta bahwa kita memiliki teknologi untuk melakukan uji seperti sangatlah luar biasa, namun masalah sesungguhnya ada di dalam fakta bahwa kita sepertinya tidak siap untuk ini. Pasien-pasien bisa jadi memiliki dambaan nyata untuk mendapatkan informasi yang disediakan oleh tes ini, namun dokter sepertinya tidak siap dengan menolong pasien-pasien membuat keputusan untuk atau menolak uji atau membuat rekomendasi-rekomendasi jika seorang pasien memiliki mutasi.

Isu kompleks yang melingkupi pengujian genetik adalah ketika konsulen (konsultan) genetik dilatih untuk menangani, namun kampanye iklan ditujukan pada dokter. Faktanya, kampanye langsung pada konsumen didahului sebuah kampanye yang ditujukan pada dokter.

Sebuah hasil tes negatif bisa jadi lebih buruk jika implikasinya tidak sepenuhnya dipahami dan dikomukasikan oleh seorang dokter. Sebuah hasil negatif dapat memberikan rasa keamanan yang palsu, ketika, nyatanya, sebuah mutasi gen yang tak teruji masih dapat ada, karena banyak faktor yang terlibat dalam kanker-kanker ini.

Kritik-kritik kampanye iklan Myriad Genetic menyebutkan bahwa itu terlalu menyederhanakan isu-isu, terfokus hanya pada potensi keuntungan tanpa menyebutkan risiko yang potensial, dan bermain-main dengan emosi akan kanker. Pendukung mengatakan bahwa iklan akan memacu lebih banyak pemahaman dan perbincangan mengenai risiko genetik untuk kanker.

Baik kritik maupun dukungan benar adanya pada lingkup tertentu karena tipe-tipe iklan seperti ini dapat membantu mendidik masyarakat, namun hanya jika mereka dilakukan dengan cara yang benar. Isu nyata dalam iklan langsung pada konsumen tentang uji genetik memerlukan regulasi yang lebih kuat. Sebagaimana iklan langsung pada konsumen lainnya, yang berupa uji generik juga tak perlu review oleh FDA (Di Indonesia ~ Badan POM) sebelum peluncuran. Sebaliknya, FDA masuk ketika masalah muncul.

Semakin banyaknya uji-uji genetik tersedia, pesan-pesan yang diterima oleh masyarakat umum sepertinya semakin membingungkan. FDA harus mengambil langkah dengan regulasi sebelum masalah-masalah muncul. Konsekuensi lalai dalam regulasi dengan proaktif akan sangat serius.

 

Dikutip dari Editorial “Biophotonics Interneational” Edisi Desember 2007

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.