Kemenangan Dharma di Galungan

Langkah-langkah kaki kecil ini telah melewati begitu banyak putaran waktu, dan sampailah ia di mana fisiknya menjejak dasar yang membuat apa yang disangganya mampu berdiri dengan sewajarnya.
Mari kita tuliskan kembali apa-apa yang telah terlewatkan. Melewati perjalanan dari puncak perbukitan di Tenggara Yogya, mengitari waduk yang tenang,memasuki kota kecil yang ramai, dan melewati berbagai desa kecil yang tentram, tibalah di sebuah pantai di Selatan, hamburan pasir dan deburan ombak seperti biasa menghiasi pantai ini sebagaimana pantai-pantai biasa yang lainnya.
 
Aku ingat sekali dahulu, ketika masih kecil, aku selalu bermain-main di pantai setiap kali liburan sekolah, biasanya saat liburan Galungan, hari di mana umat Hindu merayakan kemenangan Dharma atas Adharma. Ingatan itu hanya melayang dalam sekejap, jauh ada yang menarik perhatian ini. Gulungan ombak yang berlari dan terhempaskan tanpa keluhan, penghuni dunia bawah pasir yang terkadang merayap keluar menyapa sinar matahari yang terik, tiupan angin yang menerbangkan semua ranting kering di pesisir dan melarikan kilapan cahaya dari permukaan air yang biru.
 
Sesaat yang lalu aku berada di situ, dan kemudian menghilang, alam kembali sunyi, sesunyi kata-kata yang tak terungkapkan. Ada kebahagiaan yang luar biasa memenuhi seluruh yang ada dan juga tiada.
 
Lihatlah perahu itu telah menyeberangkan kekosongan ke bagian pantai yang tiada, ia sudah menunaikan apa yang menjadi perjalanannya, mungkin dapat dikatakan ia telah ‘menang’, dan kini ia pun menjadi tiada sebagaimana pantai itu, karena perjalanannya telah usai” Demikianlah kata sang waktu yang terhenti.
 
Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan bagi mereka yang merayakannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.