Katakan Tidak Pada Kantong Plastik

Belakangan ini kulihat kampanye melawan plastik sepertinya mulai merebak. Di salah satu toko peralatan tulis/kantor mereka memampang tulisan kecil di dekat meja kasir, isinya kurang lebih “Tahukah Anda bahwa plastik memerlukan waktu lebih dari 200 tahun untuk dapat dihancurkan oleh bumi, dan steroform sama sekali tidak dapat dihancurkan oleh bumi. Jika Anda tidak memerlukan kantong plastik, katakanlah ‘tidak’ pada petugas kassa kami. Selamatkan bumi dari pencemaran plastik”. Tulisan itu begitu sederhana namun mengena, sebenarnya sih biar lebih heboh, bisa dibuat tulisan yang lebih besar, namun bagi mereka yang peduli kurasa ini sudah sangat cukup. Salah satu tempat penyewaan komik langgananku juga merubah sistem mereka, biasanya menggunakan kantong plastik (kresek) untuk tempat membawa komik sewaan bagi pelanggannya, namun kini telah diganti dengan kantong yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, dan kantong ini harus dikembalikan bersamaan dengan pengembalian komik yang disewakan.

Walau demikian, rata-rata masyarakat kita sudah tahu bahwa plastik merupakan bahan yang sangat sulit terurai oleh bumi. Namun bisa kita lihat dimana-mana (kecuali pedesaan yang lumayan jauh dari peradaban perkotaan), sampah-sampah plastik berserakan dimana-mana. Alasannya sederhana: plastik banyak memiliki fungsi, murah dan mudah didapatkan dibandingkan bahan penggantinya yang ramah lingkungan, kebanyakan plastik sekali pakai kemudian dibuang tanpa didaur ulang, dan tentunya kebanyakan orang malas mengolah sampah plastik. Lihatlah disekeliling kita, pastilah banyak sekali barang-barang dengan bahan dasar plastik.

Namun mereka yang peduli umumnya akan bersedia menyisihkan lebih banyak sumber daya untuk menggunakan bahan pengganti plastik yang ramah lingkungan, mengolah sampah plastik dengan baik, dan berperan serta dalam upaya pendaur ulangan plastik.

Plastik merupakan salah satu kreasi kecerdasan manusia yang telah begitu banyak membantu kehidupan kita, namun sebagaimana hasil kecerdasaan lainnya, selalu memiliki sisi hitam dan putih, kitalah yang selayaknya bijaksana dalam memanfaatkannya. Minimalisasi penggunaan plastik, olah sampah plastik dengan tepat dan berdayakan sistem daur ulang plastik. Mungkin suatu saat kita masih bisa memanfaatkan plastik, namun dengan sebuah planet yang jauh lebih indah dan sehat tanpa limbah berserakan dimana-mana.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.