Gagal Cetak (Printing) Tahan Air

Beberapa waktu yang lalu, aku dihadapkan pada sebuah mini konseling dari seorang teman yang merasa dirugikan oleh pihak penyedia jasa isi ulang tinta printer. Ia membeli sebuah printer Canon Pixma IP1880 (seri 1800) beberapa bulan yang lalu, dan ber-inisiatif menggunakan metode isi ulang infus (continius ink system) pada printer tersebut, tentu saja ini karena pengalaman membuktikan bahwa metode ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan mengisi dengan sistem ‘suntik’, tetes, atau yang paling membuat pusing adalah jika harus membeli catridge atau tonner baru yang harganya tidak akan terjangkau oleh mahasiswa secara umum.

Ia memiliki sejumlah koleksi buku elektronik yang ingin ia cetak di rumah, karena itu ia memutuskan untuk memasang CIK (continius ink system … – kuharap tulisannya benar) pada printer barunya. Tentu saja itu harus mengorbankan kualitas tinta chromalite (kualitas warna pada kertas foto yang akan tetap cemerlang selama 100 tahun – sesuai iklannya) yang dibawa oleh Pixma IP1880 ini. Mungkin karena kurangnya pehaman, ia hendak mengganti dengan tinta yang berkualitas Durabrite sebagaimana dimiliki oleh printer-printer Epson terbaru, dalam hal ini adalah hasil cetakan pada kertas HVS akan tahan pada siraman air (waterproof), walau demikian yang kemungkinan hancur oleh air adalah kertasnya (he… he… terkadang sama aja bohong). Ia memilih biro jasa Acasiana yang sudah terkenal di area tinggal kami sebagai salah satu tempat refill tinta printer dengan kualitas yang sangat baik. Ia sempat memastikan pada para pekerja Acasiana, apakah tinta yang dibelinya (terinstall) pada printernya tahan air, dan menurutnya para petugas Acasiana sudah menyatakan padanya bahwa tinta itu tahan air.

Aku sendiri tak tahu menahu masalah ini sampai ia mengatakan padaku bahwa ia baru mendapati bahwa hasil cetakannya sendiri luntur ketika terkena air (saat ia bersin … ha.. ha..), tentu saja ia kemudian melakukan konfirmasi ulang pada pihak Acasiana, dan terpaksa mendapat jawaban yang memberatkan hati, bahwa tinta itu tidak waterproof di media HVS. Setelah ralat informasi yang memberatkan hati ini, ia merasa tertipu oleh pihak Acasiana yang sebelumnya menyatakan bahwa tinta produk mereka pada Pixma IP1000 adalah tinta yang waterproof pada media HVS maupun photopaper. Ia sudah membayar lima kali lebih mahal dibandingkan dengan membeli tinta standar lainnya untuk CIK (semisal tinta merk Speed yang kugunakan pada printer sejenis yang sama), ia mengeluarkan dana setara untuk membeli sebuah tinta se-kualitas durabrite dari Epson, tapi dengan hasil yang tidak seindah harapannya.

Aku hanya bisa mengatakan, bahwa sepengetahuan-ku, Pixma IP1880 (1800-series) tidak memiliki kemampuan mencetak waterproof di media HVS, bahkan tidak ada tinta yang sanggup untuk itu. Jika ingin cetakan waterproof untuk koleksi buku, maka Epson Durabrite adalah pilihan yang baik. Sepertinya kini ia akan selesai berlangganan di Acasiana, sejak merasa tertipu itu, ah… padahal ini hanyalah kesalahpahaman, mungkin pegawai atau petugas Acasiana belum berpengalaman sehingga keliru memberikan informasi dan konfirmasi.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.