Rendahnya Minat Masyarakat Kita Pada Kesehatan

Setelah cukup lama terjun di dunia kesehatan, aku menemukan sebuah fakta subyektif yang menurutku cukup memprihatinkan. Masyarakat kita menuntut kesehatan dan menghendaki kesehatan menjadi bagian dari hidupnya, namun sikap-nya tidaklah menunjukkan hal itu, bagi mereka yang kurang mengetahuinya, baiklah, katakan saja itu wajar, namun bagi mereka yang mengerti tentangnya namun tetap saja tak acuh, hmm… yang ini pastilah kurang ajar.

Jika kita cukup memperhatikan, Anda akan bisa melihat bahwa ada orang-orang yang menghabiskan beberapa ribu rupiah untuk rokok setiap harinya, dan enggan mengeluarkan beberapa ratus rupiah untuk obat atau pengobatan, mereka mungkin yang masuk ke golongan sosioekonomi menengah ke bawah. Dan juga orang-orang yang menghabiskan banyak sumber daya untuk hidup dengan seenaknya, makan yang penting enak, hidup yang penting nyaman, tidak mempedulikan aspek kesehatan meski mereka tahu, semisal makanan berkolesterol tinggi akan memicu berbagai penyakit … namun apa yang mereka bilang adalah asal bisa hidup enak, yang lain belakangan aja inilah yang mungkin ada pada mereka yang berduit.

Bertanyalah pada diri kita sendiri, seberapa banyak kita telah menghabiskan sumber daya untuk kesehatan secara personal, dan seberapa besar penerapan kita pada upaya guna menjaga kesehatan? Jika Anda menemukan jawaban untuk ini, mungkin Anda akan mendapatkan gambaran yang tak jauh berbeda di masyarakat, jikapun Anda peduli J

Kesehatan saat ini sangatlah mahal, bukan hanya dari segi materiil namun juga dari segi psikologis. Walau-pun Anda terlindungi dengan berbagai jaring pengaman di bidang kesehatan, jika kita tidak peduli, kita telah memulai menjadi bagian dari masyarakat yang tidak sehat. Kita bisa melakukan banyak hal di bidang kesehatan, mulailah dari hal-hal yang sederhana, manajemen stress dan pola hidup bersih dan sehat, adalah awal yang bijaksana.

Semua orang berminat pada hidup yang sehat, tapi minat pada kesehatan itu sendiri masih sangat kurang, mungkin setelah melihat betapa besar makna kesehatan ini, bukan hanya sekadar teori dan memori semata, kita akan mulai menghargainya dengan sangat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.