Welcome to Internal Medicine Departement

Seminggu sejak meninggalkan kedokteran jiwa kini beralih tugas ke bagian interna, satu frase ‘sangat berat’. Ya, kedokteran interna bukanlah sebuah bidang yang sederhana, ia meliputi sebuah kompleksitas yang cukup memerlukan analisis dan pengetahuan luas di bidang kedokteran klinis. Sudah menjadi hal yang umum bahwa, para dokter muda yang sedang menjalani kepanitraan di bagian ilmu penyakit dalam akan melipatgandakan berkali-kali jadwal terbangnya dan jam belajar serta berlatihnya. Ini adalah masalah memperkuat basis kedokteran dan mengembangan sayap kompetensi klinis.

Tidur di atas jam 12 malam dan bangun sebelum jam 5 pagi, atau melewati 36 jam tanpa istirahat adalah hal yang lumrah dalam kancah interna. Somehow you might find a love in studying internal medicine. Terkadang keragaman ilmu yang begitu banyak amatlah memikat, mulai dari seni anamnesis hingga kesempurnaan fisik diagnostik, sampai pada analisis kerja dan mekanisme tatalaksana. Sesuatu yang mungkin cukup menyebalkan di posisi ini adalah, ketika menyadari betapa banyaknya yang belum diketahui ataupun dipahami tentang sesuatu yang begitu sederhana. Menemukan banyak hal yang mengangkat batas-batas keminiman deduksi dan sebuah motivasi yang indah untuk tetap terus belajar … dan belajar.

Beberapa hal yang menjadi wajib dalam bidang ini, aku sendiri menghandalkan Mayo Clinic Internal Medicine Concise Textbook 2008 sebagai yang pertama, karena belum bisa menumkan Buku Ajar Diagnostik Fisik oleh Swarzt yang kupinjamkan pada seorang teman berbulan yang lalu (sementara kuganti dengan buku saku). Tidak lupa buku kecil yang menjadi teman dalam suka dan duka, The Famous Scut Monkey Handbook: Clinician’s Pocket Reference 11th Edition, aku suka manualnya si manual ini. Berapa bahan lain yang berserakan juga memenuhi literaturku, sampai-sampai sering kebingungan oleh mereka.

Ini akan menjadi sepuluh minggu yang berat dan panjang, ha ha… namun itulah ilmu penyakit dalam ^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.