Interna medicine at Banyumas Public Hospital

Berangkat dengan empat jam perjalan menggunakan travel dari Yogya menuju Banyumas, inilah pengalaman pertama … (dan melelahkan). Namun inilah bagian dari kepanitraan klinik di Bagian Ilmu Penyakit Dalam. Kami berangkat berempat untuk menjalani pendidikan di RSUD Banyumas selama 2 minggu, termasuk sebuah pola yang singkat, namun sepertinya akan banyak yang harus dikerjakan (karena memang selalu demikian J)

Perjalanan panjang kami hanya sempat menyisakan sebuah tempat persinggahan sekitar 45 menit sebelum sampai tujuan, tapi kuputuskan tidak membeli apapun, karena telah diingatkan bahwa sedikit agak mahal, mending beli makan kalau sudah sampai di tujuan.

Tiba pukul 19.30 waktu setempat, dan dalam kondisi hujan yang gerimis kami turun di depan asrama putra yang merupakan bagian dari kompleks rumah sakit, walau letaknya di luar, namun jangan bertanya di sebelah mana, karena sampai saat kutulis inipun aku masih belum tahu di mana arah mata angin yang benar J

Ternyata kami dapatkan asrama sudah hampir penuh, maklum banyak sekali dokter muda yang ditempatkan di sini. Beberapa bagian lain seperti Bedah, Anak, THT, Saraf, walau sementara ini tampaknya belum ada yang dari Kebidanan dan Kandungan. Kami pun membuat base-camp baru, dengan menjadikan ruang belajar yang sudah lama tak dipakai sebagai lahan peristirahatan, yah… perlu sedikit sentuhan dan tata ruang.

Sebagai rumah sakit pendidikan, harus kuakui bahwa mereka memang menerapkan sistem pendidikan yang baik, walau demikian ada bagian dari diriku yang mengatakan aku tak akan betah di sini. Aku merasa lebih baik ketika sedang bertugas di RSUD Saras Husada misalnya, walau di sana tidak dilengkapi dengan Jaringan Wifi seperti yang kugunakan saat ini. Namun semua sistem pendidikan seperti itu, kita tak dapat memilih secara pasti tempat kita akan ditempatkan, we learn to adapt well in all kind of places and situations.

Tugas dokter muda secara rutin di sini (all conected with study) seperti follow-up pasien yang menjadi tanggung jawabnya setiap pagi, sebelum apel pagi jam 07.00 dimulai. Setelah apel pagi akan ada visite dari dokter spesialis, kemudian dokter muda akan menempati pos masing-masing (bangsal atau poliklinik), tentu saja bahwa dokter muda diwajibkan untuk memahami semua kasus/klien yang berada dalam lingkup kerjanya, this is little bit hard, he… he… , I just still wondering why so much kids would be dream to become a doctor? Setelah itu sekitar jam 11.30 hingga istirahat pukul 13.00 akan diadakan temu ilmiah untuk mengulas kembali apa-apa yang telah didapatkan dokter muda selama bertugas, terdiri dari refleksi kasus dan mini-lecture oleh dokter muda yang mendapatkan giliran (setiap orang mendapatkan tugas 2 refleksi dan 1 lecture). Setelah istirahat berakhir akan dimulai tugas jaga di station terkait (Bangsal atau IGD) hingga jam 21.00. Lalu… selesaikan semua pekerjaan rumah yang bisa diselaikan.

Di sini sulit sekali mencari akomodasi, bahkan aku pun tak tahu kalau di sekitar sini tidak ada ATM sama sekali, sehingga tidak mepersiapkan cukup uang untuk masa dua minggu ini, mungkin nanti aku harus ke Purwekorto jika sempat untuk menambah uang saku. Hiks … terkadang … entah-lah … its fun but its hurt at the same point.

 

There is a place in this cyber web if you would like to know more about RSUD Banyumas, just visit their homepage at: http://rsubanyumas.go.id/ – See ya ^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.