Pohon Yang Rebah

Segala sesuatu yang berdiri dengan indah di dunia ini memiliki sendi dan pilar yang menyokongnya. Kehidupan berubah setiap saat, bergerak, mengalir, tertiup, dan ketika kutatap ketiada-abadian ini, kulihat sepernik kecil ke-aku-an-ku yang menyelip dan bergulat di sana. Senyum kecilku karena melihat kebodohanku sendiri. Setiap hal saling berhubungan, dan setiap hubungan tumbuh bagai sebuah pohon, mulai dari benih yang bertunas hingga ia besar dan kemudian berakhir dalam perjalanan waktu.

Malam ini bintang-bintang tak secemerlang sebagaimana yang kulihat ketika kesenduan ini belum menyelimuti langit hatiku. Langkah-langkah yang melunglai dan adante yang kian memelan, seakan ia hendak lepas dari sang waktu yang tiada. Seluruh dunia terpisah dari sebuah keberadaan yang hilang, aku tak mengerti dan tak ingin mengerti, karena tiada hal yang bagiku memiliki makna untuk dipahami. Yang tersisa hanyalah sebuah tanda dari ikatan lama yang ingin kembali mengulang cerita bisunya akan senyuman bahagia yang pernah ada.

Ketika sekat-sekat itu terluluhkan, ia kembali pada yang tiada berwujud, mengalir pada yang tiada bercorak. Ia kembali pada ketiadaan sepenuhnya.

Pohon itu telah roboh dan ialah akhir dari masa-masa penciptaannya. Lagu-lagu tak disenandungkan lagi, karena setiap cinta yang berasal dari bumi, air dan udara yang mengalir di setiap buluhnya telah kembali ke alam sebagaimana sebelum ia ada. Pohon itu telah roboh, kini lembarannya pun tertutup dalam gulungan debu waktu. Tiada yang tersisa kecuali cerita yang tak terungkapkan dan tanpa makna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.