Lahirnya Pancasila

Sudah lama sekali, dan aku hampir tak bisa mengingat lagi pelajaran pada masa sekolah dulu, mengenai lahirnya Pancasila yang menjadi dasar negara kita saat ini. Saat Bung Karno menyampaikan pertama kali dalam pidato di hadapan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), di sanalah konsep ini pertama kali hadir, dan kemudian lahir sebagai jiwa negara ini.

Mungkin, ketika ia lahir, ia memanglah sebuah buah pikiran, namun ia tak lahir sekadar untuk dipahami atau bahkan dihapalkan dan dilafalkan sebagai rutinitas kita. Walau demikian, saat ini nampaknya Pancasila memang hanya menjadi sebuah simbol & formalitas, jauh dari apa yang bisa dinyatakan sebagai menjiwai kehidupan bangsa ini.

Aku tak dapat berkata banyak dalam hal ini, kita sendirilah yang sudah mampu menilai seperti apa sesuatu yang pernah menjadi kebanggaan bangsa dan negara ini di masa yang lalu. Ketika generasi baru tak terlalu memahami dan generasi lama semakin meninggalkan, sementara yang ditengah senang mengumpulkan jiwa-jiwa dan semangat-semangat yang lainnya yang lebih praktis dan pragmatis bagi mereka, maka apa yang dikenal sebagai nilai luhur Pancasila akan terkikis secara perlahan dan pasti. Pun demikian, banyak pihak yang kini tengah berusaha membenahi hal ini, walau ditengah kesenjangan yang multidimensional dan multifaktorial, ini bukanlah sebuah tantangan, namun inilah sebuah perbuatan yang dapat mereka lakukan.

Dan jika ada yang dapat kuberikan, maka hanyalah goresan kecil ini, kuharap dapat membawa kita semua, ke sebuah tempat dimana semua ini dibangun, sesuatu yang tak batasi dinding waktu, menyelam kembali untuk menemukan. Dan biarlah Pancasila kahir kembali, untuk hidup, dan tidak mati dalam kata-kata dan ingatan yang hampa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s