Update Your Windows’ Programs

Apakah kamu menggunakan sebuah komputer yang memiliki koneksi ke internet, tak peduli apakah sebuah desktop yang tetap di meja kerja dan terhubung ke dunia maya 24 jam sehari, atau hanya sekadar notebook yang terkadang sempat menggunakan koneksi dial-up atau memanfaatkan konektivitas Wifi yang mulai menjamur di berbagai tempat saat ini. Inilah sebuah kesempatan untuk melakukan pembaharuan pada program-program yang terpasang pada komputermu, terutama program-program yang tidak memiliki fasilitas auto-update sebagaimana yang terpasang pada Windows, program Antivirus atau pun Anti-spyware, beberapa program yang mungkin akan membuatmu cukup bosan untuk setiap kali terhubung ke internet dan secara berkala membuka “help” dan melihat apakah ada update terbaru bagi program tersebut.

Ada sebuah solusi yang cukup ringan untuk masalah ini, marilah kita lihat ulang yang mungkin kita sudah lupakan dari dunia internet. Ada sebuah situs yang bernama FileHippo yang memuat berbagai mirror yang menghubungkan ke situs-situs penyedia berbagai program yang populer. Nah dari situs itu kamu bisa mengunduh sebuah update checker yang bisa dipasang di Windows XP maupun Vista. Program versi beta ini berukuran cukup kecil sekitar 150kb saja. Setelah dipasang (dalam hal ini konektivitas ke internet sedang diaktifkan) program ini akan secara otomatis mencari pembaharuan dari semua peranti lunak yang terpasang pada komputer, hal ini tergantung pada kualitas jaringan dan kondisi peranti lunak komputer, kemudian setelah mengecek secara background maka sebuah jendela pop-up kecil akan muncul di deskbar dan memperlihatkan berapa program yang memiliki ketersediaan update di internet, klik balon (pop-up) tersebut untuk membuka browser-mu dan menuju halaman situs FileHippo, di sana akan diperlihatkan update yang tersedia serta link untuk mengunduh berkas pembaharuan yang dimaksudkan.

Nah…, bagi yang suka program-program di komputernya selalu merupakan update-an terbaru, dan cukup malas untuk mengecek secara manual dan berkala satu per satu dari program-program tersebut, kusarankan menggunakan program yang satu ini, karena benar-benar membantu. Selain itu cara penyetelannya yang cukup sederhana pasti bisa dimengerti dengan mudah oleh yang memang suka mencoba-coba program baru. Namun jika tidak ingin meng-install programnya sendiri, cukup kunjungi situsnya dan lihat siapa tahu kamu cukup familiar dengan program-program yang perlu di-update.

Namun tetaplah bijaksana, menambah sebuah program seberapa pun kecilnya, akan tetap menambah konsumsi Resources pada komputer kita, jadi pertimbangkanlah dengan baik sebelum memasang sesuatu program, sungguhkah kita perlukan? Terkadang aku bisa cengir-cengir sedniri melihat temanku yang memiliki setidaknya lima buah program multimedia player, dua antivirus, ratusan themes, kompresi file tipe zip & rar yang beberapa jenis, katanya kalau perlu pakai firewall tujuh lapis, biar aman…, yah…, aku sih tidak bisa protes, dia punya konfigurasi perangkat keras yang lumayan top, he .. he.., just be wise.

Iklan

2 pemikiran pada “Update Your Windows’ Programs

  1. Melvin

    artikel ini sepertinya cukup lawas
    ada juga cnet techtracker. klo masalah database software, cnet lebih lengkap dari filehippo. tapi, klo masalah kestabilan softwarenya, filehippo update checker saran dari saya. klo techtracker, selain membutuhkan akun cnet, techtracker juga masih banyak masalah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.