Wisuda Sarjana

Seharusnya posting ini masuk ke dalam blog sebulan yang lalu, namun baru kali sempat kutuliskan. Beberapa waktu sangat sempit sehingga harus bergerak dengan sedikit cepat.

Ini adalah kenanganku saat wisuda Agustus yang lalu, mengikuti wisuda sarjana periode IV di Universitas Gadjah Mada untuk tahun 2008. Peserta wisudanya sendiri cukup banyak, lebih dari 3000 jika ditambah dengan program diploma. Aku sibuk sendiri mengurus berbagai macam izin mulai dari urusan universitas, fakultas, hingga sub bagian di mana aku menjalankan tugas kepaniteraan. Yah…, setidaknya dengan semua rasa lelah itu, aku dapat hadir dengan baik dalam acara bersama itu.

Anggota keluarga yang hadir hanya Ayah seorang, sebenarnya aku sendiri sih yang melarang yang lain untuk ikut. Terkdang aku berpikir mungkin bukanlah sesuatu yang mendesak dan penting di mana semua anggota keluarga harus hadir, apalagi anggaran yang harus disiapkan untuk itu tidaklah sedikit. Ha.. ha.., terkadang aku memang merasa sedikit keras kepala untuk masalah ini. Namun bagi aku yang tak memiliki banyak waktu luang, tentunya pada saat itu, tidak tega kalau membiarkan satu keluarga terdampar di kota Jogja yang sesak ini (karena sedang wisuda). Setidaknya ini salah satu bagian perjalanan, bagiku secara pribadi, bukan sesuatu yang wajib menjadi kemeriahan yang luar biasa. Karena walau pun ruang ini memisahkan, segala suka cita akan mengalir ke semua penjuru dan ke setiap bagian dari yang kita sebut keluarga. Yah…, mereka cukup pengertian untu hal ini.

Terkadang aku merasa, dan dalam ketermenunganku, sudah panjang jalan yang dilalui namun ke depan masih juga cukup panjang. Berjalanlah, karena waktu pembekalan telah usai, bukankah itu yang menarik dalam hidup ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s