Faktanya Kitalah Kekerasan

Kita semua melihat pentingnya akhir dari kekerasan. Dan bagaimanakah saya, sebagai suatu individual, agar bebas dari kekerasan – tidak sebatas permukaan saja, namun secara totalitas, sepenuhnya, di dalam diri? Jika idealisme tanpa kekerasan tidak akan membebaskan batin dari kekerasan, lalu akankah analisis mengenai penyebab kekerasan membantu meluruhkan kekerasan?

Bagaimana pun juga, inilah masalah-masalah utama kita kan? Seluruh dunia terperangkap dalam kekerasan, dalam berbagai peperangan; struktur mendasar dari keberadaan masyarakat kita sendiri esensinya adalah kekerasan. Dan jika Anda dan saya sebagai individu-individu agar bebas dari kekerasan – total, bebas di dalam diri, tidak semata-mata di permukaan atau sebatas kata-kata – lalu bagaimanakah seseorang menciptakannya tanpa menjadi berpusat pada diri (sang aku)?

Anda memahami masalah ini, bukankah demikian? Jika saya berperhatian untuk bebaskan batin dari kekerasan dan saya mempraktekkan disiplin dengan tujuan mengontrol kekerasan dan mengubahnya ke bentuk tanpa kekerasan, tentunya itu menimbulkan pemikiran dan aktivitas yang berpusat pada sang aku, karena batin saya terfokuskan sepanjang waktu untuk menyingkirkan satu hal dan memperoleh hal yang lainnya. Dan kini saya melihat pentingnya batin menjadi bebas sepenuhnya dari kekerasan. Jadi apa yang saya lakukan? Pastinya, ini bukanlah sebuah pertanyaan akan bagaimana seseorang tidak menjadi kekerasan. Fakta bahwa kita adalah kekerasan, dan bertanya, “Bagaimana saya tidak menjadi kekerasan?” hanya menciptakan idealisme, yang tampaknya bagi saya adalah ke sia-siaan semata. Namun jika seseorang mampu melihat pada kekerasan dan memahaminya, lalu mungkin di sana ada sebuah kemungkinan akan peluruhannya secara total.

Book of Life 6.28

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.