Memahami Penderitaan

Mengapa kita menyelidiki “apakah kebahagian itu”? Apakah ini pendekatan yang tepat? Apakah ini cara guna yang tepat? Kita tidak bahagia. Jika kita bahagia, dunia kita akan sepenuhnya berbeda; peradaban kita, budaya kita akan sepenuhnya, secara radikal berbeda. Kita adalah umat manusia yang tidak bahagia, menyedihkan, kacau, bergulat, menderita, memagari diri kita dengan hal-hal yang tak berguna, yang sia-sia, terpuaskan dengan ambisi-ambisi, dengan uang dan posisi yang menyedihkan. Kita adalah makhluk yang tidak bahagia, meski kita memiliki pengetahuan, walau kita memiliki uang, rumah mewah, banyak anak, mobil-mobil, pengalaman. Kita tidaklah berbahagia, manusia yang menderita, dan karena kita menderita kita menginginkan kebahagiaan, dan demikianlah kita dituntun oleh mereka yang menjanjikan kebahagiaan, sosial, ekonomi atau spiritual ini.

Apakah baiknya saya bertanya jika adakah kebahagiaan ketika saya sedang menderita? Dapatkah saya memahami penderitaan? Itulah masalah saya, bukannya bagaimana agar berbahagia. Saya bahagia ketika saya tidak menderita, namun seketika saya sadar akannya, ini bukanlah kebahagiaan…. jadi, saya harus memahami apakah itu penderitaan, dapatkah saya memamahi apakah penderitaan itu ketika sebagian batin saya berlarian mengejar kebahagiaan, mencari jalan keluar dari kesengsaraan ini? Jadi tidakkah saya harus, jika saya hendak memahami penderitaan, menjadi sepenuhnya satu dengannya, tidak menolaknya, tidak menghakiminya, tidak menyalahkannya, tidak membandingkannya, namun sepenuhnya bersamanya dan memamahinya?

Kesejatian akan apakah kebahagiaan itu akan hadir jika saya tahu bagaimana mendengar. Saya harus tahu bagaimana mendengar penderitaan; jika saya dapat mendengar penderitaan saya mampu mendengar kebahagiaan karena itulah adanya saya.

Book of Life – 7.7

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.