Pemahaman Terintegrasi

Apakah yang kita maksudkan dengan penderitaan yang teramat sangat? Apakah itu sesuatu yang terpisah dari Anda?

Apakah itu sesuatu di luar diri anda, secara batiniah maupun dengan hubungan ke luar, yang Anda amati, yang Anda alami? Apakah Anda semata-mata si pengamat pengalaman? Ataukah, itu sesuatu yang berbeda? Pastinya itu adalah sebuah poin yang penting, bukankah demikian? Ketika saya berkata “saya menderita”, apa yang saya maksudkan akan itu? Apakah saya berbeda dari si penderitaan? Pastinya itukan pertanyaannya? Marilah kita cari tahu.

Ada duka (derita) – saya tidak dicintai, anak-anak saya mati, apa Anda jadinya. Ada sebuah bagian dari saya yang menuntut mengapa, menuntut penjelasan, alasan-alasan, penyebab-penyebab. Bagian yang lain dari saya berada dalam rasa sakit yang bergejolak dengan emosi yang luar biasa untuk berbagai alasan. Dan ada juga bagian lain dari saya yang menginginkan untuk bebas dari duka, yang ingin pergi melampauinya. Kita adalah semua hal ini, bukankah demikian? Jadi, jika satu bagian dari saya menolak, melawan penderitaan, bagian yang lain dari saya mencari suatu penjelasan, terperangkap dalam teori-teori, dan bagian lain dari saya melarikan diri dari fakta – kemudian bagaimana bisa saya memahaminya seutuhnya? Hanya ketika saya mampu akan pemahaman yang terintegrasi bahwa ada sebuah kemungkinan akan kebebasan dari duka. Namun ketika saya tercabik dalam arah-arah yang berbeda, maka saya tidak melihat kebenaran akannya…

Sekarang, mohon dengarkan secara seksama; dan Anda akan melihat bahwa ketika ada sebuah fakta, sebuah kebenaran, ada pemahaman akannya hanya ketika saya dapat mengalami keseluruhan hal tanpa pembagian – dan bukan ketika ada pemisahan akan “aku” yang mengamati penderitaan. Itulah kebenaran.

Book of Life – 7.11

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.