Penderitaan Sadar & Penderitaan Tak Sadar

Penderitaan ialah… sesal, ketidakpastian, dan perasaan akan kesendirian yang penuh. Ada penderitaan kematian, penderitaan akan ketidakberdayaan memenuhi diri sendiri, penderitaan akan tidak dikenal, penderitaan akan mencintai namun sebaliknya tidak dicintai. Ada begitu banyak bentuk-bentuk penderitaan, dan tampaknya bagi saya bahwa tanpa memahami penderitaan, tiada akhir bagi konflik, bagi nestapa, bagi perjalanan korupsi dan kehancuran setiap harinya…

Ada penderitaan yang sadar (disadari), dan ada juga penderitaan yang tak sadar, penderitaan yang tampaknya tidak memiliki dasar, tanpa sebab seketika. Kebanyakan kita mengenal penderitaan yang disadari, dan kita juga tahu bagaimana mengatasinya. Baik dengan kita lari darinya melalui kepercayaan religius atau kita merasionalisasinya, atau kita menggunakan sejenis obat-obatan, baik intelek maupun fisik; atau kita menenggelamkan diri kita dengan kata-kata, dengan penghiburan, dengan hiburan yang dangkal. Kita melakukan semua ini, dan hingga kini kita belum bisa lepas dari penderitaan yang disadari.

Lalu ada penderitaan yang tidak disadari yang kita warisi sepanjang berabad-abad. Manusia telah selalu mencoba mengatasi hal luar biasa ini yang disebut penderitaan, derita, nestapa; namun bahkan ketika kita bahagia tampaknya dan memiliki segala apa yang kita inginkan, jauh di dalam yang tidak disadari masih ada akar-akar penderitaan. Jadi ketika kita berbicara mengenai mengakhiri penderitaan, kita maksudkan mengakhiri semua penderitaan, baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

Guna mengakhiri penderitaan orang haruslah memiliki batin yang amat jernih, yang amat sederhana. Kesederhanaan bukanlah ide semata. Menjadi sederhana menuntut kecerdasan dan kesensitifan yang luar biasa.

Book of Life – 7.14

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.