Maaf Bukanlah Kasih Yang Sesungguhnya

Apakah yang dimaksudkan menjadi penuh Kasih? Mohon temukanlah bagi diri anda sendiri, apakah sebuah batin yang sakit, yang dapat tersakiti, mampu memaafkan? Dapatkah sebuah batin yang dapat tersakiti, pernah memaafkan? Dan dapatkah batin yang seperti itu yang bisa tersakiti, yang mengolah kebajikan, yang sadar akan kedermawanan, dapatkah batin seperti itu menjadi penuh Kasih? Kasih, sebagaimana halnya cinta, adalah sesuatu yang bukan bagian dari batin. Batin tidak sadar akan dirinya menjadi penuh Kasih, sebagaimana dengan mencintai. Namun ketika Anda memaafkan secara sadar, batin sedang menguatkan pusatnya sendiri pada rasa sakitnya sendiri. Jadi batin yang secara sadar memaafkan tidak pernah dapat memaafkan; ia tidak mengenal kata maaf; ia memaafkan agar tidak tersakiti lebih jauh lagi.

Jadi amatlah penting untuk menemukan mengapa batin sesungguhnya mengingat, menyimpan. Karena batin secara tidak henti-hentinya mencari guna melimpah ruahkan dirinya, menjadikan dirinya besar, guna menjadi sesuatu. Ketika batin bersedia tidak menjadi apapun, menjadi bukan apa-apa, sepenuhnya bukan apa-apa, lalu dalam keadaan itu ada Kasih. Dalam keadaan itu tiada maaf tiada juga rasa sakit; namun guna memahami itu, orang harus memahami berkembangnya kesadaran “aku”….

Jadi, selama ada pengolahan yang sadar akan berbagai pengaruh tertentu, kebijaksanaan tertentu, di sana tidak dapat hadir cinta, di sana tidak dapat hadir kasih, karena cinta dan kasih bukanlah hasil dari upaya yang sadar.

Buku Kehidupan VII.20

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.