Mencari Font yang Sesuai…

Belakangan ini aku sibuk mencari jenis font yang sesuai untuk menulis di blog…, aku berpikir Its should be true type but surely clear type, oleh karena latar belakang blog-ku yang berwarna putih. Beberapa waktu yang lalu, sekitar dua atau tiga terbitanku menggunakan font Adobe Caslon Pro, walau pada awalnya terlihat baik ketika kugunakan menulis di Thunderbird namun segera menciut saat melakukan editing read more” di penala blogger. Aku tidak mengerti, aku mencoba Calibri yang sering digunakan banyak orang menulis juga menjadi menciut begitu saja, ukuran font yang semula berkisar 12 seolah turun menjadi 10 atau 9 setelah edit dilakukan. Mungkin tampilan ini tidak bisa dilihat jika tulisan ini dibaca melalui blog-ku di multiply oleh karena sistem ekspor langsung content dari blogger ke multiply, namun sangat kentara ketika membacanya di blogger.

Menilik dan berusaha menilai kembali, kurasa Adobe Caslon Pro bukanlah pilihan tepat untuk weblog-ku yang menggunakan domain blogspot.com ini (hah…, aku bertanya-tanya, siapa juga yang iseng memasukkan tipe font ini ke dalam kompi-ku). Aku mencari tipe font yang variable width-nya enough, punya space yang cukup antar font dan antar spasi (lah bukannya ini space?), dan aku paling malas kalau harus mengedit costum HMTL…, nah…, sekarang malah jadi pusing sendiri. Jika tidak ada aku ingin ada script yang bisa autocutting sehingga bagian “read more” langsung ada tanpa perlu merambah penala dashboard milik blogger (capek dong udah nulis panjang-panjang di Thunderbird mesti login ke blogger lagi buat nambahin yang namanya kode “span” dengan class ke fullpost). Sepertinya dulu aku pernah menemukan satu trik, namun karena beberapa hal, I’ve lost the track. Kurasa karena belum menemukan bagian yang sesuai ini, aku harus berusaha mencari font yang sesuai.

Penggunaan Calibri (body/badan) pada Microsoft Outlook memang memberikan pandangan yang lumayan sedap di blogspot.com; sayangnya itu membuat script “read more” tidak bisa kujalankan, walau ditambahkan kode “span” tidak akan mengubah sebuah terbitan dari panjang halaman yang akan menghabiskan begitu banyak ruang. Sedangkan tanpa sengaja saya menemukan bahwa terbitan yang menggunakan Mozilla Thunderbird begitu compatible dengan script ini, walau setelah penerbitan aku harus masuk ke “edit post” di blogger.com. Aku tidak tahu bagaimana hal ini bisa terjadi, menggunakan Outlook aku memperoleh kompatibilitas font yang sesuai namun tidak dapat memfungsikan script “read more“, sedangkan Thunderbird belum bisa kutemukan kompatibilitas font yang baik, namun bisa memfungsikan script yang kumaksud dengan baik. Wah ini seperti buah simalakama, namun aku sudah terlanjur suka dengan Thunderbird, jadi malas beralih lagi Outlook.

Saat ini aku sedang mencoba menggunakan Segoe UI (baca: siguai) yang merupakan font resmi di Windows Vista (katanya). Jika ini tidak begitu memuaskan, dan membuat mata yang memandang berkaca-kaca, wah…, mesti ganti nih, kira-kira font apa yang akan kucoba berikutnya…, mungkinkah Kristen ITC?

Iklan

11 pemikiran pada “Mencari Font yang Sesuai…

  1. Cahya

    He he…, saya kalau blog saya sedang jenuh bereksperimen dengan blogger dan xml-nya, misalnya judul posting saya yang biasanya terlihat hijau muda kadang berubah menjadi biru/ungu bergaris seperti baru habis dikunjungi, kan jadi ga macth sama theme-nya 😥  Saya sekarang bereksperimen dengan wordpress, walau belum menggunakan engine-nya secara manual. Hasilnya saya baru sadar blog baru yang saya buat (https://lhagima.wordpress.com) jadi sedikit rumit … eh.., ga ada cara posting via email ya? Hah… =-X  (p.s: sebenrnya pingin nulis laghima tapi terlanjur salah eja jadi lhagima >:o )

    Suka

  2. Cahya

    Saya sempat mencomot JS-Kit setelah dipasang, komentarnya masih ter-attach utuh di blogger (karena sepertinya memang terpasang ke situ), hal ini juga diindikasikan karena setiap kali ada comment baru saya menerima notifikasi dari pihak blogger dan JS-kit. Saat ini JS-kit (yang sudah mengakuisisi HaloScan), menyediakan jasa auto-integrasi dengan dua penyedia layanan weblog: WordPress dan Blogger; ini bisa dilakukan langsung di situsnya: http://js-kit.com/comments/ Kalau menurut saya sendiri, WordPress sudah membawa box comment yang cukup powerful, jadi ga perlu dimacam-macami lagi 😎 , masalahnya di Blogger kolom itu tidak ada secara langsung (tersedia via link), bisa sih niru tampilan di WordPress seperti yang tertulis di http://www.jackbook.com/blogger-hack-blogspot-hack-blogger-templates-customizing/how-to-make-readers-leave-comment. Tapi karena rumit (malas belajarnya sih) jadi saya menggunakan yang instan saja, jadi was-was kalau tidak bagus hasilnya. *DONT_KNOW*

    Suka

  3. Cahya

    He he…, NoScript emang keren (bisa buat ngeblok apa pun…, memudah akses dan mengurangi pembuangan bandwidth yang sia-sia), cocok digunakan untuk mengakses weblog yang super berat ini. Makasih sudah diperkenalkan ke “Web Save Font“, he he, tapi koq kayanya Segoe UI lumayan apik juga ya. 😀  Hmm…, saya memang tidak pernah berpikir untuk mendesain blog ini agar bisa terbaca di mobile phone atau perangkat sejenis… (Ha ha…, ini kan sebenarnya blog yang saya gunakan untuk latihan desain web) :-[  Kalo Gravatar secara default (setahu saya) tidak terintegrasi dengan Blogger, hal ini sesuai dengan yang dinyatakan pihak Gravatar di http://en.gravatar.com/site/implement/blogger. Namun aplikasi pihak ketiga mungkin membantu.

    Suka

  4. Cahya

    Ya…, lumayan-lah Bli, ini mungkin akan memudah buat yang anonim memberikan comment di halaman ini. Namun tetap saja ada permasalahan yang muncul, karena account pengguna blogger sendiri tidak tampil di opsi pilihan, loging ke situs ketiga (OpenID atau Facebook) agak lambat.But still, Guest is the best 🙂

    Suka

  5. dani

    tuh kan, ngga bs dibikin pake url yg aksesibel..biar cuman anchor text aja yg muncul btw sistem komen js-kit ini bs dieskpor ke default blogger ya..kayaknya dulu haloscan ngga bisa diekspor ke wordpress..cmiiw tes ? < > » « ™ © 

    Suka

  6. dani

    ah ya..sori Cahya, saya yg salah.. 🙂 script-nya terblokir ekstensi NoScript di fx utk fonts, bisa dimulai dari web safe fonts – Wikipedia, trus telusuri juga daftar referensinya disana. ttg form komen ini, susunan nama, url, email agak ngga usable.entah apakah js-kit ini bs diakses via peramban mobile ngga ya (karena berbasis javascript) kl yg default blogger kan javascript-nya dah terintegrasi dgn blogger 🙂  tp silakan dicoba aja dulu.. form komen blogger yg dl jg bs disetel supaya nampilin gravatar kan (saya lama ngga maen blogspot lg..)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.