Migrasi ke MOBI

Akhirnya tersedia juga paket internet MOBI dari mobile-8 di Jogja. Hari ini aku mengunjungi pusat Mobile-8 di daerah Janti, sebenarnya ingin menanyakan promo hp cdma gratis bagi pelanggan yang telah berlangganan pasca bayar selama setidaknya setahun, hmm…, namun ternyata untuk promo ini diperlukan kartu kredit yang tidak kumiliki, he he…, batal deh, padahal kalau tidak ada hp gimana mau nelpon coba?

Kemudian justru pertanyaan pertama yang kuajukan adalah paket mobi (mobile broadband internet) yang sudah lama kuinginkan. Sementara dulu kuganjal dengan menggunakan paket Broom dari IM2. Ternyata paket mobi (plus modemnya) tersedia.

Mobi adalah layanan internet dari pihak mobile-8 yang menggunakan sistem volume based, paket terdiri dari kartu dan sebuah modem Pantech PX-500 (CDMA 1x EVDO Rev. A) dengan kecepatan transfer data hingga 3.1 Mbps. Keterangan lebih lengkap silakan kunjungi situs mobile-8 atau mobi. Karena biasanya aku kesulitan masuk ke situs mereka dengan browser Firefox, kusarankan menggunakan Chrome atau Opera.

Sedikit reviewku sebagai berikut:

1. Kecepatan: Karena saat ini di Jogja belum tersedia jaringan EVDO, maka kecepatannya akan setara dengan GPRS/EDGE atau sama dengan paket IM2 Broom kira-kira. Keuunggulannya, terletak pada stabilitas jaringan, tampaknya jaringan mobile-8 cukup stabil.

2. Instalasi: proses instalasi saya serahkan pada costumer service dari pihak mobile-8 saat pembelian dengan membawa serta notebook ACER TravelMate 6293 yang kugunakan. Prosedurnya cukup mengikuti buku petunjuk yang disertakan. Berbeda dengan instalasi modem lain, instalasi di Vista memerlukan waktu agar sinkronisasi pengenalan pada kandar baru bisa berjalan dengan baik (hingga beberapa menit lamanya untuk mendeteksi modem baru). Lain-lain tidak ada masalah, karena disertakan driver khusus bagi Vista.

3. Penjalanan program: kesan penjalanan program cukup lama, pertama memasukkan modem ke slot PCI Express, kemudian menjalankan program Access Management yang terkesan “berat”. Namun tidak lama setelah itu, ketika sambungan sudah bisa dilakukan, tidak ada masalah dengan proses penyambungan, dan koneksi internet dapat dijalankan dengan baik dan stabil.

4. Yang saya suka: modem PCI Express tidak mengambil slot USB yang sudah minimal, kecepatan yang stabil, harga beli yang terjangkau, vista compatible.

5. Yang kurang saya suka: memulai programnya agak “berat”,  palm rest di bagian kiri menjadi cepat panas – karena di sana lokasi slot PCI Express, hmm…, harganya perbulannya…, mari kita lihat nanti, aku belum pindah ke pasca bayar…

Yah…, tinggal beberapa waktu lagi diperlukan untuk meninjau, apakah IM2 Broom layak migrasi ke mobi.

Tag Technorati: {grup-tag}Akses internet,mobi,mobile-8,modem cdma,pantech px-500,vista,review
Iklan

7 Comments

  1. ow gitu ya… hehehe…tadi juga sempet tanya2 sama yg jualan perdana mobi di kaskus, barangnya di jakarta, harganya malah 95ribu padahal di mobile-8 resmi cuma 75ribu.btw thanks ya infonyaRecent undefined:=-

    Suka

    Balas

  2. Arie,Saya rasa secara resmi mobi di Jogja memang belum launching, karena jaringan EVDO yang diperlukan belum ada di Jogja (walau menurut isu sempat ada). Jadi keterangan tersebut tidak bisa disalahkan.Yang saya dapatkan di counter mobile-8 adalah paket mobi dengan modem pantech px-500 yang merupakan paket kiriman dari Jakarta (jadi nomor saya masih nomor Jakarta), mungkin beberapa waktu yang lalu disediakan karena banyak yang berminat dengan mobi di Yogyakarta.Namun beberapa waktu terakhir nampaknya pengguna fren bertambah di Yogyakarta, di mana jaringan CDMA 1x yang digunakan di Yogyakarta masih satu dengan jaringan yang digunakan fren, hepi, dan mobi, sehingga pelanggan mobi akan merasakan dapak yang "kurang enak" dengan hal ini (silakan baca review saya di http://haridivanandha.blogspot.com/2009/06/review-mobi-on-cdma-1x-network.html).Walau hanya perkiraan saya, mungkin pihak mobile-8 mengambil kebijaksanaan penundaan peluncuran paket mobi di Yogyakarta, karena keterbatasan jaringan ini.Jika Arie memang berminat menggunakan mobi, mungkin harus menunggu sampai tersedia atau membeli dari area yang sudah meluncurkannya seperti di Jakarta.

    Suka

    Balas

  3. mau tanya kalo hari ini udah ada belum ya perdana mobi di mobile-8 janti. minggu lalu saya kesana tp kata mbaknya blm ada. malah katanya blm launching juga.

    Suka

    Balas

  4. Ya…, saya kembali memang masalah situasi dan kondisi. Tidak ada yang memang kondisi yang sempurna buat kegiatan dunia maya jika modal terbatas, namun bukan berarti tidak ada kondisi yang nyaman bukan ? 😀

    Suka

    Balas

  5. IMO, kembali ke trafik BTS kayaknya..cepet tp dibagi berjamaah ya sama aja sesek di napas.. :Dutk hal ini saya pilih jd lagard aja, dl jd early adopter pas im2 keluar krn emang lg butuh banget..sekarang cukup unlimited-terbatas asal stabil aja lah 🙂

    Suka

    Balas

  6. Kayanya dipisah tuh, fren untuk yang CDMA nasional, hepi yang fixed wireless, trus mobi yang paket data, ga ngerti juga sama kebijakkannya mobile-8, saya sendiri pengguna fren pasca bayar kadang sampai bingung dengan promonya, mah dipake saja, karena perhitungan saya teleponnya masih lebih murah ketimbang provider lain (alasan mahasiswa yang pelit :-$ ) Saya pilih mobi, karena saya lihat IM2 juga entah kenapa (apa sering kirim ping ya), penggunaan transfer data-nya jadi membengkak untuk membuka halaman yang sama, sedangkan mobi paket data dihabiskan lebih sedikit. Jadi walau limited, saya melihat penggunaan paket data yang effesien (apakah ini posistif palsu?) Mungkin Bli Dani bisa tahu sebabnya?

    Suka

    Balas

  7. jah ada lagi..jadi jalur cdma utk data dan suara/call dijadiin satu ngga ya..masi parno dgn promosi provider..mesti ada udang di balik promo 😀

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.