Penghitungan Antopometri Pediatri

Antropometer WHO

Belakangan ini aku sibuk dengan pediatri, membuat beberapa presentasi.

Dalam setiap pemeriksaan pediatri selalu ada bagian penghitungan status gizi yang erat kaitannya dengan tumbuh kembang anak. Karena banyak penyakit yang memiliki faktor risiko gizi yang kurang baik, dan banyak penyakit yang menghasilkan kondisi gizi anak menjadi kurang baik.

Penghitungan dasar seperti panjang/tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, lingkar dada, lingkar perut, lingkar lengan anak, ketebalan lapisan lemak, ada tidaknya edema, merupakan kaidah dasar untuk perhitungan antopometri pada pediatri. Untuk kemudian dibandingkan pada rentangan nilai statistik rerata sehingga ditemukan nilai-nilai banding yang diharapkan.

Manual penghitungan untuk BMI (Body Mass Index) atau Indeks Masa Tubuh, kemudian Z-Scores dan penghitungan persentil dan standar deviasi masing-masing metode terkadang menyenangkan, namun tidak ramah jika harus mengerjakan untuk banyak klien, atau jika kita sedang dalam proses penelitian. Karena memasukkan banyak data, dan melakukan penghitungan dengan rumus-rumus tertentu akan menyita waktu yang tidak sedikit.

Apa dapat kita lakukan sebagai opsi yang lainnya?

Saya menemukan sebuah piranti lunak yang disediakan oleh WHO (World Health Organization), sebuah software yang disebut WHO Anthro, dalam jendela keterangannya tertulis:

WHO Anthro is a software developed for the global application of the WHO Child Growth Standards in monitoring growth and motor development in individuals and populations (0-60 months)

Jadi software ini bisa digunakan pada penghitungan antropometri pada individu maupun populasi, sehingga saya rasa juga sesuai diterapkan di posyandu suatu lingkungan. Terdapat program di dalamnya, yaitu: Anthropometric calculator, individual assesment dan nutritional survey.

Software dalam versi 3.0.1 ini berjalan baik di sistem yang saya gunakan (Windows Vista Buisness Service Pack 1). Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silakan melihat informasi lebih lengkap di situs resminya di: http://www.who.int/childgrowth/en/, sebelum mengunduh mohon membaca dulu izin perjanjian di sini, dan mengunduh software bisa dilakukan dari halaman software WHO Anthro (atau langsung di sini), dan jangan lupa untuk melengkapi sistem Windows anda dengan Net Framework agar bisa menjalankan software ini.

Apa Anda pengguna OS X atau Linux, versinya juga tersedia dengan mengunjungi halaman: http://www.who.int/childgrowth/software/en/

Semoga bermanfaat.

Tag Technorati: {grup-tag}WHO Anthro,antopometri,software,piranti lunak,pediatri,tumbuh kembang,pemantauan,open license,individual,populasi,Windows,Linux,OS X
Iklan

3 pemikiran pada “Penghitungan Antopometri Pediatri

  1. dani

    kalo ngga salah, dulu ada perangkat lunak untuk PDA, namanya stat apa gitu, bisa sekalian muncul grafik tumbuh kembangnya, entah make standar WHO yang mana.

    Suka

  2. Cahya

    Hmm…, masalahnya kalau ditaruh di PDA akan digunakan untuk apa? Mungkin saya belum kepikiran mengenai manfaat teknologi yang canggih 😀 Kalau di komputer jelas bisa bantu bikin tugas laporan bagi mahasiswa, atau penelitian bagi peneliti, atau pemantauan populasi bagi pusat kesehatan. Sayangnya kalau udah denger ada yang di PDA (mau ga mau) jadi tertarik buat mencicipi 🙂

    Suka

  3. dani

    cakmoki aja dah keliling desa pake PDA 🙂 tapi yang di kota mungkin lebih seneng make BB buat join milis ama mikroblog 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.