Fakta dan Mitos seputar Kesehatan Mata

Selama ini mungkin kita telah banyak mendengar tentang beberapa nasihat atau pendapat seputar hal-hal yang dapat mengganggu atau merusak kesehatan mata, “Kamu akan merusak matamu jika begitu caranya…!” Namun apakah kamu benar-benar tahu apa yang baik dan tidak baik bagi kesehatan matamu?

Ujilah dirimu dengan pernyataan “benar” atau “salah” berikut dan lihatlah seberapa banyak kamu tahu tentang sepasang matamu.

“Membaca pada cahaya redup merusak matamu.” Benar atau salah?

Salah. Menggunakan matamu pada cahaya redup tidak merusaknya. Selama berabad-abad, seluruh kegiatan membaca di malam hari dan kegiatan pedesaan dilakukan dengan menggunakan cahaya lilin, lentera, lampu gas atau minyak tanah. Bagaimana pun, pencahayaan yang baik membuat membaca lebih mudah dan mencegah kelelahan pada mata.

“Memakai komputer bisa merusak matamu” Benar atau Salah?

Salah. Bekerja dengan komputer atau VDT (Video Display Terminal) tidak akan merusak matamu. Sering kali, ketika menggunakan suatu VDT untuk periode waktu yang lama, sebagaimana ketika membaca atau bekerja pada pandangan jarak dekat dengan seksama, jumlah kedipan mata akan berkurang dibandingkan normal. Penurunan frekuensi kedipan mata membuat mata menjadi kering, yang dapat mengarah pada rasa tidak nyaman di mata atau lelah mata.

Cobalah untuk secara teratur mengistirahatkan mata, dengan memejamkannya, memandang ke atas atau ke arah yang jauh. Melihat objek di kejauhan sering kali dapat membantu mengurangi rasa tegang pada mata. Jagalah jarak monitor sekitar 46 hingga 60 cm dari wajahmu dan pada sudut yang sedikit agak ke arah bawah. Pertimbangkan juga menggunakan air mata buatan (artifisial). Jika matamu menjadi kabur atau lelah dengan mudah, kamu sebaiknya melakukan pemeriksaan pada oftalmologis (dokter spesialis mata).

“Menggunakan kacamata yang salah akan merusak matamu” Benar atau Salah?

Salah. Kacamata merupakan alat yang digunakan untuk mempertajam pandangan. Meski kacamata atau lensa kontak yang tepat membantumu melihat dengan jelas, menggunakan sepasang dengan lensa yang salah, atau tidak menggunakan kacamata sama sekali, tidak akan merusak matamu secara fisik. Namun bagaimana pun juga, anak-anak kurang dari 8 tahun yang memerlukan kaca mata harus menggunakan sesuai yang diresepkan pada mereka guna mencegah berkembangnya kondisi ambliopia atau si mata malas (pandangan berganda).

“Anak-anak akan kehilangan kondisi mata juling seiring pertumbuhannya” Benar atau Salah?

Salah. Anak-anak tidak akan membaik dari kondisi mata juling. Seorang anak dengan mata juling (titik pandangnya tidak segaris) dapat berkembang ke arah daya pandang yang buruk pada salah satu mata, karena otak akan “memadamkan” atau mengabaikan citra/gambaran yang ditangkap oleh mata yang tidak segaris atau “mata yang malas”. Mata yang tidak digunakan ini (misaligned) ini tidak akan berkembang menjadi pandangan yang baik kecuali jika ia dipaksa untuk bekerja, biasanya dengan memberi penutup mata pada mata yang dominan (lebih kuat).

Anak-anak yang tampak memiliki mata juling harus diperiksakan ke seorang oftalmologis. Secara umum, semakin awal mata juling diberikan perawatan, semakin baik kemungkinan hasilnya. Terapi bisa meliputi penggunaan penutup mata, kaca mata, tetes mata, bedah atau kombinasi dari metode-metode ini.

“Duduk terlalu dekat dengan televisi dapat merusak mata anak-anak” Benar atau Salah?

Salah. Anak-anak dapat fokus pada jarak dekat tanpa ketegangan mata lebih baik dari orang dewasa. Mereka sering mengembangkan kebiasaan memegang bahan bacaan dekat dengan mata mereka atau duduk tepat di hadapan monitor televisi.

Tidak ada bukti bahwa ini merusak mata mereka, dan kebiasaan ini umumnya akan menghilang seiring mereka tumbuh dewasa. Anak-anak dengan rabun dekat (miopia) terkadang duduk dekat dengan televisi guna melihat gambar lebih jelas.

“Makan wortel bisa meningkatkan daya pandanganmu” Benar atau Salah?

Salah. Wortel kaya akan vitamin A, yang esensial bagi penglihatan, namun berbagai makanan lain juga mengandung vitamin A. Diet yang seimbang, dengan atau pun tanpa wortel, menyediakan seluruh vitamin A yang diperlukan bagi daya pandang yang baik.

“Orang dengan mata yang lemah sebaiknya menghindari membaca cetakan yang detail”. Benar atau Salah?

Salah. Dikatakan bahwa orang dengan mata yang lemah atau orang yang berkacamata akan “kehilangan” mata mereka dengan segera jika mereka membaca tulisan yang detail dan kecil atau bekerja dengan pekerjaan yang memerlukan kejelian pada detail benda.

Konsep mata sebagai sebuah otot tidaklah tepat. Mata lebih dekat menyerupai sebuah kamera. Sebuah kamera tidak akan habis segera hanya karena ia digunakan untuk memfoto detail suatu objek. Anda dapat menggunakan mata Anda tanpa perlu takut akan kehabisannya.

“Mengenakan kacamata akan membuatmu lebih bergantung padanya.” Benar atau Salah?

Salah. Kacamata digunakan untuk mengoreksi pandangan yang kabur. Oleh karena pandangan yang menjadi jelas ketika mengenakan kacamata yang sesuai membuatmu lebih nyaman, dan memperbaiki pandanganmu, kamu akan mendapati bahwa kamu ingin mengenakan kacamatamu jauh lebih sering. Meskipun itu bisa terasa seperti kamu menjadi bergantung pada kacamatamu, sebenarnya kamu hanya terbiasa untuk memandang sesuatu lebih jelas.

“Orang tua yang mendapatkan ‘Pandangan Kedua’ bisa merupakan tanda terbentuknya katarak.” Benar atau Salah?

Benar. Orang tua yang menggunakan kaca mata untuk membaca terkadang mendapati bahwa diri mereka mampu membaca baik tanpa menggunakan kaca mata dan berpikir bahwa penglihatan mereka membaik.

Nyatanya mereka lebih menjadi mampu memandang dekat (nearsighted), yang mana dapat merupakan tanda awal terbentuknya katarak.

“Katarak harus “dimatangkan” sebelum ia dihilangkan”. Benar atau Salah?

Salah. Dengan teknik operasi yang lebih tua, diperkirakan lebih aman jika mengambil/mengeluarkan katarak ketika ia “matang”. Dengan prosedur bedah modern saat ini, katarak dapat diambil kapan pun ketika ia mulai mengganggu aktivitas seseorang.

Jika kamu tidak dapat memandang dengan cukup baik pada sesuatu yang kamu suka atau kamu perlu kerjakan, kamu mungkin perlu mempertimbangkan bedah katarak. Bedah adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan katarak.

“Mata dapat ditransplantasikan” Benar atau Salah?

Salah. Saat ini ilmu pengetahuan kedokteran tidak memiliki cara untuk mentransplantasi seluruh mata. Mata kita terhubung dengan otak oleh saraf optik.

Seperti halnya sebuah kabel fiber optik, saraf optik terbentuk dari lebih 1 juta serabut saraf yang amat kecil. Saraf ini tidak dapat disambungkan kembali sekali ia sudah rusak. Oleh karenanya, mata tidak pernah dilepas dari tempatnya selama pembedahan.

Kornea, bagian depan mata yang jernih, telah berhasil ditransplantasikan selama beberapa tahun. Transplantasi kornea kadang mengalami salah pengertian sebagai suatu transplantasi mata.

Artikel asli oleh AAO

Tag Technorati: {grup-tag}Kesahatan mata,daya pandang,kacamata,kebiasaan,televisi,wortel,transplantasi kornea

, lebih banyak informasi mengenai mata silakan kunjungi http://www.geteyesmart.org/

Iklan

5 Comments

  1. Wah, bener banget tuh penjelasan di atas. Thx banget buat artikelnya. Kebetulan saya seorang yang berkacamata 😀

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.