Pilihan Software Keamanan Favorit

Esensi keamanan komputer sangat penting bagi mereka yang bekerja sehari-hari di hadapan komputer. Pelajar, mahasiswa dan pegawai kantor sering kali harus menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan berbagai piranti lunak (software) di komputer. Namun sering kali karena hal-hal kecil, seperti misalnya serangan virus komputer membuat semua kerja menjadi amblas, anggap saja seperti pelajar yang baru menyelesaikan laporan akhir, mahasiswa yang sedang bekerja dengan tesis, atau pegawai yang menyimpan berbagai laporan di dalam komputernya, demikian juga dengan guru atau dosen yang bahan ajar atau ujiannya rusak oleh piranti jahat seperti virus komputer.
Sebenarnya cara cepat dan mudah untuk mengatasi hal-hal seperti ini adalah menggunakan sistem operasi yang lebih ramah dari virus-virus seperti itu. Saya dengan senang hati menyarankan menggunakan OS Linux, dan pemula dianjurkan menggunakan Linux yang ramah pengguna seperti OpenSUSE atau Ubuntu.
Namun kebanyakan orang menggunakan OS Microsoft Windows, karena seringkali itu menempel langsung pada produk komputer yang dibeli dalam bentuk lisensi OEM. Misalnya Anda membeli sebuah notebook yang sudah dilengkapi dengan Windows XP Home Edition atau Windows Vista Home Premium (setidaknya dua itu yang paling umum), tidak mungkin akan berpikir menggantinya dengan Linux, kecuali Anda memanglah seorang penggemar Linux seperti saya.
Sayangnya, akibat menjadi sistem operasi yang paling populer, Windows-pun jadi target banyak piranti jahat yang berbahaya, Anda mungkin sering mengenal istilah-istilah Trojan Horse, Rookit, Worm, Spyware dan lain sebagainya. Beberapa dari mereka sangat mengesalkan, bahkan versi buatan lokal terkadang menyebar cepat dari komputer ke komputer melalui UFD (USB Flash Disk). Mereka bisa merusak berkas-berkas penting di komputer tanpa padang bulu dan tanpa belas kasih. Satu-satu cara adalah melindungi komputer Anda dengan baik.
Windows secara awal (aslinya/default) tidak membawa piranti keamanan yang mencukupi. Karena itulah ia memerlukan piranti keamanan dari pihak ketiga. Berbagai vendor besar seperti Symantec dan McAfee bersaing menyediakan produk-produk keamanan sejak dulu. Beberapa tahun belakangan tentu banyak pesaing mereka yang bermunculan. Namun yang manakah yang akan kita pilih untuk melindungi komputer kita?
Sebenarnya semua tidak terlalu beda jauh. Setiap orang punya favorit mereka masing-masing dalam mengamankan komputernya. Apa yang penting adalah:

  1. Program (software) yang Anda gunakan bersifat legal. Jangan mencoba menggunakan program yang ilegal/bajakan jika tidak ingin menjadi senjata makan tuan.
  2. Program (software) yang Anda gunakan adalah program terkini dan komponen-komponennya pun terkini (up to date). Termasuk mendukung sistem operasi yang Anda gunakan.
  3. Jika menggunakan lebih dari satu jenis program (software), pastikan mereka tidak saling bentrok. Termasuk pilihlah yang paling hemat resource (hemat RAM dan CPU), namun tidak menghilangkan fungsi. Kalimat lainnya: bisa melindungi namun tidak bikin komputer lemot.
  4. Kebanyakan program adalah propietary yang berbayar, gunakan anggaran Anda secara bijaksana. Namun beberapa tersebar yang gratis (freeware walau bukan opensource). Tentu saja program yang disediakan cuma-cuma bagi pengguna personal akan amat bermanfaat bagi mereka yang memang tidak memiliki anggaran untuk itu.

Tentu saja saya tidak akan menyarankan yang berbayar, namun jika Anda memiliki cukup budget untuk itu silakan gunakan yang berbayar. Cobalah tengok review dari program-program berbayar terbaik yang disarankan, Anda bisa memilih security suite sebagai suatu sistem keamanan yang totalitas dan lebih murah daripada membeli secara terpisah. Namun tidak ada salahnya menengok masing-masing secara terpisah antara software antivirus, antispyware atau firewall.
Bagi saya yang tidak memiliki anggaran membeli software keamanan, maka jalan legal yang bisa ditempuh adalah memilih yang tipe personal free alias gratis. Hmm…, terkadang tidak ada salahnya dengan antivirus gratis, antispyware gratis atau firewall gratis, setidaknya saya tidak punya keluhan keamanan selama ini.
Mari kubagi sedikit sedikit konfigurasi software keamanan yang gunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows Vista Business SP2 yang saya gunakan ini.
Capture_EsensiKemananGambar di atas adalah konfigurasi yang saya gunakan pada Windows Vista saya, silakan diklik untuk melihat ukuran yang lebih besar.
ANTIVIRUS
Antivirus adalah komponen penting dalam keamanan sistem operasi Windows. Saya menggunakan antivirus favorit saya, yaitu avast!Antivirus Home Edition.

Klik gambar di atas untuk mengunduh antivirus favorit yang saya anjurkan. Kemudian dapatkan kunci lisensinya di halaman registrasi, jangan khawatir karena kunci ini gratis untuk dikirim via email serta berlaku selama satu tahun serta bisa diperpanjang dengan lisensi yang baru secara cuma-cuma lagi (registrasi diperlukan kembali hanya untuk kepentingan statistik). Jika kamu punya komputer lain juga, silakan gunakan lisensi yang sama dan itu tetap legal. Jika mengalami kesulitan masalah dengan antivirus saya selalu berkunjung ke forum avast untuk mendapatkan jawaban.

Kini saya sudah menggunakan Avast Antivirus lebih dari 5 tahun, dan saya rasa akan tetap menjadi favorit.

Beberapa antivirus gratis lain yang saya sarankan jika hendak dicoba atau digunakan adalah: Avira Free Edition, Antivirus PCMedia (PCMAV), AVG Antivirus Free, jika ingin melihat antivirus lain yang mungkin akan mencuri hati anda silakan kunjungi free antivirus software disediakan juga taut menuju online scanning jika Anda hendak mencoba melacak keberadaan virus di komputer Anda secara online.

ANTISPYWARE

Saya tidak menambahkan antispyware secara spesifik ke dalam komputer saya. Secara default Windows Vista telah terintegrasi dengan Windows Defender (Pertahanan Windows), yaitu sebuah piranti lunak yang mampu mencegah piranti jahat (malware) dan piranti mata-mata (spyware) masuk ke dalam komputer. Namun pengguna Windows XP mungkin masih perlu mengunduhnya dari situs resmi Microsoft. Sebagai tambahan dapat dilihat sediaan dari Microsoft untuk menangani malware di sini.

Selain itu, Avaast telah terintegrasi dengan antispyware sehingga sekali lagi saya tidak perlu menambahkan program pihak ketiga dari produsen lainnya.

Namun jika Anda hendak mencoba program antispyware bebas biaya, saya sarankan dua di antaranya adalah: SpyBot Search & Destroy dan Malwarebytes AntiMalware.

Produk yang Anda gunakan tidak perlu masuk ke TOP 10 Reviews for Antispyware, namun Anda sendiri harus mengujinya untuk mengetahui sebaik apa produk itu. Beberapa produk antispyware yang gratis dan bagus bisa Anda temukan di halaman Filehippo dan Free Country.

Jangan lupa, untuk membantu sistem ini berjalan dengan baik gunakanlah peramban yang sudah terpercaya untuk menjelajahi dunia maya saat diperlukan, seperti Firefox atau Opera. Setiap peramban memiliki keunggulan masing-masing dan hampir tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya, dan saya dengan senang hati merekomendasikan menggunakan Mozilla Firefox.

FIREWALL

Siapa yang tidak kenal si tembok api yang berfungsi mencegah serangan dari piranti lunak dan penjebolan sistem keamanan ini. Untungnya Windows saat ini sudah membawa Firewall sendiri untuk keamanannya.

Tidak puas dengan Firewall Windows? Mungkin program pihak ketiga dapat membantu Anda. Di antara yang berlisensi gratis Comodo Firewall adalah salah satu yang terbaik yang ada, disertai dengan Antivirusnya mungkin ini akan menjadi pilihan bagi banyak orang. Saya dulu menggunakannya, namun karena kemudian antivirusnya memiliki masalah kompatibiltas dengan Avast Antivirus yang saya gunakan, saya memilih tidak menggunakannya, apalagi Comodo Firewall cenderung memiliki registry yang melekat pada Windows walau setelah program itu dihapus (uninstall). Namun Anda tetap bisa menggunakan bersama Avast! Antivirus dengan tidak memilih komponen antivirus saat menginstal Comodo Firewall.

Saya sendiri menggunakan produk Outpost Firewall Free sebuah produk dari Agnitum, perusahaan yang telah lama bergerak secara spesialisasi di bidang pemrograman tembok api.

Untuk koleksi lain yang bisa Anda tengok mengenai tembok api, coba temukan di FileHippo atau Free Country.

Nah, program manakah yang akan Anda gunakan untuk melindungi komputer Anda? Semua pilihan itu kembali pada diri anda. Saya memiliki favorit saya masing-masing, karena jika kita memiliki sesuatu yang menjadi favorit, kita akan menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik, adakah Anda memiliki program favorit anda?

Tag Technorati: {grup-tag}Security Software,Software Keamanan,Antivirus,Antispyware,Antimalware,Firewall,Tips memilih software.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.