Membuat Website Personal – Sebuah Pengalaman

Capture_MyWeb

Ini adalah sebuah kisah yang cukup melelahkan namun menarik untuk diceritakan kembali. Bagaimana tidak, kurasa ini adalah salah satu pengalaman dalam dua puluh empat jam non-stop, mulai dari pertimbangan dan sebagai macam jenisnya.

Selama ini saya belum pernah membangun website sendiri, satu-satunya dulu adalah yang terletak di geocities (this link may be broken now), namun Yahoo Inc., telah menutup geocities dengan beberapa pertimbangan per Juli tahun ini. Pengumuman resminya sudah diberikan pada masing-masing pemegang akun geocities. Ah…, padahal berkas-ku lumayan banyak di sana, cuma malas juga sih mengunduhnya kembali. Artinya saya sama sekali tidak memiliki website saat ini.

Sebenarnya sih hanya untuk keperluan formalitas, sekalian untuk belajar. Saya sendiri tidak yakin bisa membuatnya dengan baik, karena tidak memiliki pengalaman sama sekali. Namun setidaknya saya tahu beberapa langkah yang diperlukan.

Pertama setidaknya saya berpikir harus mencoba secara offline dahulu, ada beberapa cara seperti menggunakan perangkat CMS semisal Joomla atau WordPress, beberapa software tambahan seperti IIS7, MySQL, PHP, dan phpMyAdmin. Silakan baca tulisan saya sebelumnya mengenai Instalasi Apache, SQL, PHP & Joomla di Vista. Sedangkan untuk desain dasar saya kali ini menggunakan template bebas yang bisa di dapat dari Free CSS Templates tentunya dengan modifikasi dan sentuhan personal selanjutnya. Perangkat lain pun diperlukan, menggunakan Notepad++ menjadi tak terhindarkan sama sekali, karena saya termasuk orang yang buta script editing. Serta beberapa software untuk mengedit foto atau gambar yang akan ditempatkan di website, Gimp atau Ink mungkin akan sangat berguna, namun beberapa freeware ada yang sangat ringan.

Desain awal selesai dengan pengeditan manual manual, saya sendiri tidak sempat menggunakan CMS editor.

Kemudian saatnya mendapatkan sebuah domain dan tempat hosting. Aku mengirimkan email pada beberapa penyedia jasa dalam bidang ini. Kemudian saya memilih mereka yang memberikan respon paling cepat dan paling detail dari email yang saya kirimkan. Saya memilih membeli domain dan hosting melalui RumahWeb, salah satu penyedia jasa di Yogyakarta. Alasannya klasik ya? Seperti orang yang sedang berburu lamaran kerja saja.

Saya sempat tersesat di beberapa wilayah desa wisata di Utara, melalui Jln. Tentara Pelajar (bahkan saya tidak ingat kalau jalan ini merupakan kelanjutan Jln. Monjali – Monumen Jogja Kembali, ke arah Utara). Ternyata mencapai kantor RumahWeb agak pelik juga, kuharap lain kali mereka akan menempatkan peta di situsnya.

Setelah semua keperluan transaksi usia, selanjutnya adalah menunggu hingga space siap digunakan.

Pertama kali saya mencoba menggunakan cPanel, kemudian melakukan instalasi wordpress melalui cPanel menggunakan Fantastico De Luxe. Semuanya berjalan lancar pada tahap awal. Karena saya juga memiliki sebuah blog di wordpress (baca: lhagima). Kemudian masukkan theme yang sudah saya edit sebelumnya ke dalamnya. Tiba-tiba muncul tulisan “theme is broken”… eh!, yang bener saja. Terpaksan deh kemudian, sembari duduk di DOJO, saya terpaksa menduplikasi beberapa halaman index.html awal untuk dijadikan halaman-halaman berikut, menambahkan isi halaman lain secara manual, setelahnya melakukan upload menggunakan FTP Client (FileZilla). Baca panduannya di sini.

Setelah itu selesai-lah pembuatan legawa.com yang melelahkan, namun inilah yang bisa saya kerjakan. Mereka mengatakan mimpi memiliki sebuah sayap-sayap yang indah, dan langkah serta upaya kitalah yang akan membantunya terbang ke langit yang ia impikan. He he…

Walau masih banyak yang belum saya tambahkan, seperti rencana saya memasukkan dan menyatukan account wordpress di sana, mungkin karena masih ada jatah satu subdomain lagi. Buku tamu yang belum ada, dan masih banyak lagi. Yah, kurasa itu tidak bisa dirampungkan dengan segera. Menunggu beberapa waktu lebih lama mungkin akan memberikan kesempatan selanjutnya. Yang baru selesai pun setelah diperiksa dengan Markup Validation (W3C) masih banyak terjadi galat (buta script sih), mungkin nanti harus minta bimbingan ke Bli Dani lagi.

Ingin melihat bagaimana website saya, silakan kunjungi Legawa.Com ^_^

Tag Technorati: {grup-tag}Personal Website,Web Design,Hosting,Domain.
Iklan

2 pemikiran pada “Membuat Website Personal – Sebuah Pengalaman

  1. Goclomania

    awam ni…..
    jadi kalo diurut
    1. instal xampp + wordpress ( buat bikin webnya)
    2. untuk hosting : cari domain & tempat hosting. instalasi wordpress melalui
        cPanel menggunakan Fantastico De Luxe.
    3. Terus jelasin dong kalo mau setting seperti :

         a.  Setting
    akun

     
       b.  Setiing DNS

     
       c.  Managemnet databasenya

         d.  FTP

    Suka

    1. Putri, kalau sekarang dukungannya sudah luas dan baik. Kalau mau memasang WordPress di domain pribadi sekarang tinggal menggunakan CPanel dan Fantastico Deluxe, manual juga bisa :).

      Tidak perlu lagi setelan DNS dan manajemen basis data jika sudah menggunakan cara itu. FTP ya jarang diperlukan.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.