Selamat Jalan Sastrawan Burung Merak

Aku masih saat membaca sebuah artikel berikut:

Willibrordus Surendra Broto Rendra (lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935 – wafat di Jakarta, 6 Agustus 2009 pada umur 73 tahun) adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai “Burung Merak”. Ia mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta pada tahun 1967 dan juga Bengkel Teater Rendra di Depok. Semenjak masa kuliah beliau sudah aktif menulis cerpen dan esai di berbagai majalah.”

Ya, itu adalah sebuah artikel di Wikipedia tentang WS Rendra si Sastrawan Burung Merak.

Pagi ini aku cukup terkaget oleh berita kepergiaannya, cukup mengagetkan setelah beberapa hari yang lalu juga dikagetkan oleh berita lelayu dari sahabat karibnya, Mbah Surip.

Walau aku tidak banyak mengenalnya, namun tulisan-tulisannya cukup banyak dan acap kali kujumpai ketika masih bergulat dengan bidang sastra selama duduk di bangku sekolah dulu. Aku masih ingat sangat kental saat memerankan seorang tokoh pendamping Maria dalam teatrikal Maria Zaitun karya Rendra, walau aku sama sekali tidak berbakat dalam dunia peran, namun udara dingin pegunungan di Baturiti saat tidak membuatku merasa tambah bergetar. Bersama dengan kawan-kawan dari Bengkel Sastra daerah, dan beberapa senior sastrawan seperti Tan Lio Ie, kami sungguh bisa menikmati suasana.

Sastra menjadi pekat dan kental di tangan mereka yang menggelutinya, namun ringan dan penuh gairah kehidupan bagi mereka yang mencitanya. Setidaknya demikianlah yang kukenal bersama tulisan Rendra dan sastrawan lainnya.

Warisannya kepada mereka yang mencintai sastra akan selalu menjadi permata yang tak pudar. Selamat jalan Rendra.

Tag Technorati: {grup-tag}Sastra,Sastrawan,W.S. Rendra.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.