Impor Blog ke Catatan Facebook

Banyak orang yang dulu meninggalkan blognya dan sibuk berkutat di facebook, mereka mulai menulis di catatan facebook sebagai ganti menulis.

Namun sebenarnya ada cara bagi kita agar tetap dapat menulis di blog sekaligus memublikasikannya secara otomatis sehingga muncul di catatan facebook.

Pertama-tama tentu Anda memiliki alamat blog kan? Seperti alamat blog ini di http://haridivanandha.blogspot.com, atau menggunakan server wordpress seperti di https://lhagima.wordpress.com atau pun menggunakan domain pribadi seperti http://legawa.com/blog.

Maka langkah selanjutnya adalah masuk ke Catatan Facebook, bisa secara langsung di PC-mu dengan klik link ini. Atau login ke akun facebook secara manual di www.facebook.com.

Umumnya kamu akan masuk ke halaman beranda atau “home”, ini tergantung dari seting bahasa asli pada komputer/browser-mu. Lihatkan ke bar yang ada paling bawah, maka akan tampak ikon catatan seperti berikut:

Facebook Note's link

Nah, tersebut akan klik-lah link yang ditandai tersebut. Maka kamu akan masuk ke dalam halaman catatanmu (mungkin malah yang akan tampak adalah kumpulan catatan milik teman-temanmu di facebook). Lalu tengoklah ke kanan atas, ada kolom status catatanmu di sana, seperti ini:

Facebook Note Original State

Pada kolom pengaturan catatan, terdapat pesan bahwa kamu tidak sedang mengimpor dari blog manapun (Tulisan ini akan tampak jika kamu memang tidak mengimpor blog apa pun). Klik-lah pranala impor blog (saya beri tanda rumput di sampingnya).

 Facebook Note's Import Blog

Kemudian akan tersedia kolom memasukkan alamat blog-mu, nah masukkan alamat blog-mu di sana atau alamat umpan balik blogmu (sama saja). Pastikan kamu menandai bahwa itu kamu memilik hak publikasi atas isi blog tersebut. Kemudian lanjutkan

Facebook Note's Preview Page

Jika kamu telah pernah menggunakan fitur ini (seperti saya saat menulis blog), maka tidak ada konten yang akan tampak pada halaman preview. Namun jika Anda belum pernah, maka akan ada tampilan yang diperlihatkan. Nah, lanjutkan saja, maka semua proses sudah selesai.

Setiap kali kamu menulis di blog, maka akan langsung muncul di facebook (namun tergantung server facebook itu sendiri).

Selamat mencoba, jika ada pertanyaan silakan melalui kolom komentar di bawah

Tag Technorati: {grup-tag}Blogger,Wordpress,Publikasi,Facebook. Facebook Note
Iklan

5 pemikiran pada “Impor Blog ke Catatan Facebook

  1. suzannita

    wah sepertinya boleh dicoba nih… secara SFC (:Suzan Fans Club) / penggemar saya di facebook banyak wkwkwkwkwk…. makasih ya bro… 😀

    Suka

    1. Suzan,Memang impor di catatan facebook adalah yang paling mudah, bisa juga ditambahkan dengan aplikasi Blog Networks di Facebook :)Bedanya jika menggunakan notes/catatan, komentarnya hanya sebatas ruang facebook, sedangkan aplikasi seperti Blog Networks atau Simplaris BlogCast bisa mengarahkan ke blog asli.He he…, tergantung sih suka yang mana.Kalau sudah besar nanti lumayan dah Fans Club-nya bisa ditodong kalau pas ada penggalangan dana sosial 😀

      Suka

  2. suzannita

    wah sepertinya boleh dicoba nih… secara SFC (:Suzan Fans Club) / penggemar saya di facebook banyak wkwkwkwkwk…. makasih ya bro… 😀

    Suka

  3. Suzan,Memang impor di catatan facebook adalah yang paling mudah, bisa juga ditambahkan dengan aplikasi Blog Networks di Facebook :)Bedanya jika menggunakan notes/catatan, komentarnya hanya sebatas ruang facebook, sedangkan aplikasi seperti Blog Networks atau Simplaris BlogCast bisa mengarahkan ke blog asli.He he…, tergantung sih suka yang mana.Kalau sudah besar nanti lumayan dah Fans Club-nya bisa ditodong kalau pas ada penggalangan dana sosial 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.