Ulasan Microsoft Security Essential – MSE

Tentu saja banyak pihak yang sudah menunggu-nunggu keluarnya piranti keamanan terbaru dari Microsoft (MS) ini, walau banyak juga yang sangsi akannya.

Kenapa banyak yang antusias? Karena kali ini MS merilis perangkat keamanan ini secara cuma-cuma (gratis), berbeda dengan pendahulu mereka Windows One Care yang merupakan program berbayar. Kini Microsoft Security Essential memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus (yang dikembangkan dari antivirus dengan kode Morro sebelumnya) dan mendeteksi spyware (lanjutan dari Windows Defender).

Kenapa orang skeptis bahwa produk ini akan menambah jajaran antivirus murah dan berkualitas? Ada banyak alasan. Pertama, sejak dahulu MS tidak pernah menghasilkan piranti lunak keamanan yang cukup baik untuk mempertahankan komputer dari serangan virus, terbukti dari One Care yang amat minim diminati dibandingkan berbayar lain tempo itu seperti Symantec – Norton, McAffee, atau Kaspersky. Dan penilaian oleh tim uji perbandingan antivirus bulan Agustus lalu memperlihatkan MSE tidak terlalu meyakinkan sebagai sarana mengamankan komputer (Lihat tulisan saya terdahulu tentang Apa sih antivirus terbaik?).

Mungkin terkadang cara promosinya dengan memandang sebelah mata pada produsen besar AV lainnya yang menyediakan produk mereka secara cuma-cuma (seperti Avast, Avira dan AVG) membuat orang lebih tidak yakin jika MS hanya melebih-lebihkan produk mereka. Hal ini tersirat dalam salah satu tulisan di blog avast ini.

Walau tidak dipungkiri bahwa memiliki peningkatan dari versi sebelumnya, seperti pada tingkat deteksi (tunggu dulu, bukankah semua antivirus juga demikian?), namun dari segi GUI dan kelengkapan pranala dan fungsi, aku tidak akan memberikan nilai tambah positif. Mungkin karena ada beberapa vendor yang menawarkan kualitas yang jauh lebih baik.

Bisa saja MS memberikan pernyataan bahwa MSE hanya memberikan perlindungan mendasar, namun untuk apa konsumen memilih perlindungan mendasar jika ia bisa mendapatkan yang lebih mutakhir dari vendor lain dengan sama cuma-cumanya? Dan mengapa baru kali ini MS melepaskan produk MSE secara cuma-cuma, sedangkan pendahulunya mesti berbayar (maksudku di saat beberapa vendor besar yang bergerak di sistem keamanan telah berpendapat bahwa keamanan bagi pengguna personal mestinya diberikan secara gratis).

Sayangnya jika mengakses dari situs resmi MS, maka produk ini tidak dapat diunduh karena tidak tersedia untuk Indonesia (lha, maksudnya apa toh?). Namun bisa diunduh dari berbagai tempat lainnya. Jika kamu berminat mencobanya, silakan klik gambar di bawah untuk mengunduhnya:

Tidak semua hal tentang MS buruk, siapa tahu ke depannya MSE justru berkembang dengan baik. Namun secara pribadi kurasa sekarang bukan saatnya bagiku untuk memasang MSE sebagai sistem keamanan di komputerku. Karena aku telah mencobanya dan tidak begitu menyukainya. Ah…, daripada menghabiskan sumber daya, lebih baik tidak digunakan sama sekali.

Tag Technorati: {grup-tag}antivirus,microsoft security essentials,ulasan

 

Quote of the day:
In a real dark night of the soul it is always three o’clock in the morning, day after day. – F. Scott Fitzgerald

Iklan

2 tanggapan untuk “Ulasan Microsoft Security Essential – MSE

  1. MSE sangat terasa berat di netbook kakak saya yang menggunakan win7 starter :P. kinerjanya sangan lambat saan ngeheal virus. mungkin itulah sebab kakak saya beralih ke avast 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.