Plagiat Blog Yang Tidak Sehat?

Saat ini dunia blog dikenal sebagai salah media publikasi yang bisa diakses hampir semua orang dengan bebas. Isinya bermacam-macam, dan terkadang berjalan-jalan mengunjungi beberapa blog membuat saya merasa antusias.

Saya banyak sekali menjumpai sahabat baru dalam blogsphere atau dunia blog. Mereka menulis berbagai hal sesuai dengan profesi atau hobi, atau sekadar mengungkapkan curahan hati. Namun dari semenjak dulu, ada hal yang banyak mengusik mereka yang berkecimpung di dunia blog. Yaitu “pembajakan” tulisan mereka.

Mengapa “pembajakan”, kan tidak dilindungi dengan undang-undang? Yah…, kalau begitu sebut saja plagiat. Yaitu mengopi isi blog seseorang sama persis ke dalam blognya dengan tanpa seizin si penulis asli, itulah yang dilakukan oleh seorang plagiat.

Saya biasanya tidak ambil pusing dengan urusan plagiat, namun membiarkannya begitu saja tentu akan membukakan pintu bagi aktivitas semacam itu. Di mana kreativitas anak negeri ini akan bisa berkembang, he he, semuanya mau dengan gratis, padahal tulisan asli pun disediakan dengan gratis. Biasanya saya hanya menegur mereka yang memiliki tulisan sama dengan tulisan orang lain yang kenal, atau tulisan saya sendiri.

Semisal bahwa bulan lalu saya membuat tulisan tentang “Apa sih antivirus terbaik?” sebagai sarana menumpahkan beberapa unek-unek saya. Nah beberapa waktu kemudian di dunia maya, saya menemukan sebuah blog yang isinya adalah tulisan saya, bahkan multimedianya pun saya persih.

Coba lihat contoh gambar tulisan asli saya di blog catatan kaki cahya: http://haridivanandha.blogspot.com/2009/09/apa-sih-antivirus-terbaik.html, seperti gambar di bawah:

Artikel asli

Lalu bandingkan dengan yang ditulis di blog MASIV STAR di hXXp://masivstar.blogspot.com/2009/09/apa-sih-antivirus-terbaik.html sesuai gambar di bawah (gantilah hXXp dengan http untuk menemukan alamat blog tersebut):

Plagiat Blog MasivStar 2

Bagaimana, apa kalian menemukan kesamaan? Silakan kunjungi blog-nya untuk menilai.

Saya tidak pernah keberatan untuk berbagai, bahkan silakan taruh tulisan saya di blog anda, asal ingat, ada aturan mainnya. Di kolom sebelah saya telah tulis:

Catatan Kaki Cahya by Cahya Legawa is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at
haridivanandha.blogspot.com.

Tag Technorati: {grup-tag}blogger,plagiat

Quote of the day:
Wagner’s music is better than it sounds. – Edgar Wilson Ny

Iklan

5 pemikiran pada “Plagiat Blog Yang Tidak Sehat?

  1. dani

    daripada sekadar kata "saya" yang berulang mengacu ke sumber yang sama, lebih usable rasanya memajang tulisan sebelumnya yang terkait (kalo ada).Recent blog:=- Web Accessibility Guidelines by MS University

    Suka

  2. Aldy_m_aripin

    Mas Cahya, cara sederhana untuk menampilkan ulang/tayang ulang artikel yang dianggap bermanfaat, apakah cukup dengan membuat tautan ? atau lebih selain dengan tautan pada artikel juga dibuat catatan kecil/kaki bahwa artikel ini saduran/terjemahan/jiplakan dar blog bla…bla….Saya pernah juga menemukan artikel saya dijipak seperti itu, padahal saya mengambil dari blog lain yang tentu saja saya sertakan tautannya.

    Suka

    1. Mas Aldy,Jika menurut saya lho, ya sama saja seperti Mas Aldy, tinggal tayangkan ulang dan tambahkan post script sumbernya.Tapi pengutipan itu sendiri sebenarnya – sepemahaman saya – mengikuti lisensi yang ditetapkan oleh si pemegang hak cipta. Kalau lisensinya Copyrighted Restricted, ya berarti sama sekali tidak boleh ditayang ulang, kalau dengan Creative Commons – ya dilihat kembali atribusinya, jika lisensinya Copyleft (lawan copyright) ya monggo saja disebarluaskan tanpa perlu izin atau apa pun juga.Sebenarnya jika ingin mengutip kembali, pasti kita punya alasan khusus mengapa, kadang dengan opini tambahan kita sendiri. Ada baiknya menyisipkan semua yang personal dan menampilkan apa yang kita “tayang ulang” sebagai kutipan baik utuh atau pun parsial dengan pranala balik.Hal ini juga bisa menghindari pinalti duplicate content dari mesin pencari seperti Google.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.