Berat Badan yang Ideal atau yang Menggembirakan?

Saat saya menulis kembali tentang 5 cara sederhana hidup sehat, mungkin salah satu yang lumayan sulit bagi banyak orang modern adalah menjaga berat badan tetap sehat. Mungkin Anda telah berupaya keras – tanpa sukses – untuk menurunkan berat Anda seperti ketika masa SMA atau ketika hari pernikahan anda. Namun sungguhkan Anda perlu menurunkan berat badan hingga sedemikian rendah? Sesungguhnya, para ahli mengatakan, Anda dapat memiliki berat badan di atas berat badan ideal dan tetap sehat (belum termasuk Anda gembira karenanya).

Saya akan menyadurkan sebuah artikel dari WEBMD, yah sedikitnya ada yang bisa dibagi tentang hal ini. Artikel ini sebenarnya mengenai, seberapa banyakkah kita sebaiknya menurunkan berat badan?

Jika Anda kelebihan berat badan, menghilangkan 10% dari berat badan Anda akan memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah, kolesterol darah, dan gula darah, dan menurunkan risiko untuk berbagai penyakit jantung. Tidak hanya itu, para ahli mengatakan, namun juga penurunan berat badan seperti ini paling mudah dicapai dan paling mudah dipertahankan, membuat Anda lebih berhasil dalam perjuangan jangka panjang.

“Titik Dasar” Berat Badan Anda

Sebagaimana temperatur tubuh anda diprogram untuk tetap berada di kisaran 98,6 derajat Fahrenheit (sekitar 37 derajat Celcius), berat badan Anda alaminya teratur pada kisaran 10% – 20%. Kisaran berat badan ini dikenal sebagai “Titik Dasar” (en: “Set Point”). Seperangkat hormon, zat kimia, dan rasa lapar yang kompleks membantu tubuh anda secara alami mempertahankan berat badan anda pada kisaran ini.

Ini tak hanya tentang genetik. Kebiasaan makan dan olah raga anda dapat juga membantu menentukan titik dasar anda. Makan berlebihan mempengaruhi sistem pengaturan di dalam tubuh anda, dan hasilnya, titik dasar meningkat – yang mana lebih mudah melakukan itu daripada menurunkannya. Tubuh menyesuaikan dengan berat badan yang lebih besar dan “mengatur ulang” titik dasar anda guna mempertahankan berat badan yang baru.

Mungkin sulit namun tidak mustahil untuk mengatur rentang yang lebih rendah. Dengan makan makanan yang sehat dan berolah raga teratur dapat menurunkan titik dasar anda.

Solusi 10% guna Menurunkan Berat Badan

Sebuah buku terbaru berjudul “Break Through Your Set Point: How to Finally Lose the Weight You Want and Keep It Off”. Dalam buku itu disarankan untuk mempertahankan 10% penurunan berat badan dalam 6 bulan hingga 1 tahun guna membantu tubuh anda menyesuaikan dengan berat badan yang lebih rendah dan sedemikian hingga mengatur ulang titik dasarnya.

Ketika Anda kehilangan berat badan dalam jumlah yang banyak sekaligus, Anda menciptakan pergulatan di dalam tubuh anda dan hormon-hormon seperti paku yang menusuk-nusuk membuat Anda lebih lapar sebagaimana tubuh anda berusaha mempertahankan rentang nyamannya.

Sehingga, para ahli menyarankan Anda untuk mencoba menurunkan 10% berat badan anda secara tradisional – dengan perlahan mengubah pola makan dan oleh raga anda – lalu pertahankan berat badan ini selama beberapa bulan sebelum Anda mencoba menguranginya lebih banyak lagi. Tidak hanya tubuh anda memperoleh sinyal untuk menurunkan “titik dasarnya”, namun Anda memberikan kesempatan pada diri anda untuk terbiasa dengan pilihan makanan baru, porsi yang lebih kecil, dan olah raga teratur.

Ketika pasien kehilangan 10% berat badannya, mungkin itu bukan ukuran yang mereka harapkan (mereka mungkin berharap turun lebih banyak lagi), namun mereka akan mulai menyadari bagaimana penurunan berat badan yang kecil ini berpengaruh secara positif terhadap kesehatan mereka. Mereka merasa lebih baik, istirahat lebih baik, memiliki energi lebih banyak atau dengan sedikit nyeri-nyeri pada persendian, dan beberapa orang dapat mengurangi pemakaian obat-obatannya.

Berapakah Nilai Timbangan Baiknya?

Kebanyakan orang terlalu melebih-lebihkan berapa banyak berat badan yang senyatanya dapat mereka kurangi, yang mengarahkan mereka pada frustrasi. Untuk menemukan berat badan yang sehat atau yang membahagiakan, coba bayangkan kembali di masa lalu, mengingat riwayat perubahan berat badan anda, dan tentukan berat badan yang mana yang Anda mampu menjaganya secara alami dan mudah.

Dan jika Anda memperoleh berat badan lebih dari beberapa kilogram semenjak hari pernikahan anda, lupakan untuk mencoba pas kembali mengenakan gaun/baju pengantin anda. Oleh karena berat badan anda bertambah, Anda mengalami penambahan sel-sel lemak baik dalam jumlah maupun ukuran, yang mungkin mencegah Anda kembali pada berat badan anda di hari pernikahan.

Lebih baik cobalah memfokuskan diri pada angka-angka di timbangan, Anda disarankan guna menerapkan pola laku bertujuan: Sarapan setiap pagi, berjalan-jalan ringan setiap hari, makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan (jika perlu dan sangat membantu, kurangi konsumsi daging dan olahannya) – ketika Anda menerapkan suatu pola laku bertujuan, mereka lebih mudah dicapai dan membuat Anda merasa lebih baik. Cobalah disiplin dan menerapkan pola laku bertujuan ini selama 3 – 6 bulan dan itu akan menjadi bagian dari kehidupan anda.

Berat badan anda akan berubah dan biasanya turun 10%, lalu akan ada suatu bidang datar di mana berat badan tidak turun lagi, yang mana menjadi saat-saat yang baik bagi Anda untuk mempertahankan berat badan yang telah turun itu.

Ketika nantinya Anda mencapai berat badan yang sehat, Anda bisa mencoba hingga 24 kalori per kilogramnya (12 kalori per pon).

Tips Sukses Menurunkan Berat Badan

Ini adalah beberapa tips agar sukses menurunkan berat badan anda:

  1. Makanlah secara teratur. Biasanya orang yang makan secara teratur mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka makan tidak secara teratur.
  2. Gunakanlah piring yang agak datar (tinggi pinggirannya tidak terlalu jauh dari dasar piring), duduklah dengan tenang, kunyah makan secara perlahan hingga halus, pokoknya nikmatilah makan anda. Orang-orang yang makan dengan cara ini makan 43% lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan dari suatu wadah atau makan sambil terburu-buru.
  3. Sisihkan waktu sekurang-kurangnya 30 menit setiap harinya untuk olah raga sedang.
  4. Seberapa banyak dan apa yang Anda makan membuat perbedaan yang besar. Nikmatilah porsi makan yang normal yang kaya akan serat (buah-buahan, sayuran dan biji-bijian), rendah protein dan lemak adalah rahasia kenyang dengan sehat.
  5. Berpikir positif: fokus pada keuntungan yang sehat dari gaya hidup sehat daripada memikirkan nilai timbangan.
Iklan

2 thoughts on “Berat Badan yang Ideal atau yang Menggembirakan?

  1. berat badan sudah ideal menurut rasio tinggi/berat badan tapi body masih beleber dan tidak nikmat sekali dipandang karena masih flabby 😆 … mau trainiing sendiri suka males (olahraga cuman lari sama skipping) … ke gym traumatis takut digodain mas-mas berotot :hiiiiiiiiii …. 😆

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s