Undangan Indoface Seperti Spam

Baru saja ada email baru yang masuk di kotak surat elektronik saya, ternyata itu adalah dari kenalan lama yang sudah saya blacklist dari di daftar pengirim yang ditolak. Karena orang ini suka kirim-kirim spam alias email sampah.

Lha, kalian mungkin bertanya-tanya, sudah diblok koq masih bisa ngirim email? Sayangnya ini email secara tidak langsung. Ia memanfaatkan situs jejaring di Indonesia yang baru, yaitu namanya Indoface. Mirip dengan Facebook yang terkenal itu.

Saya tidak tahu bagaimana prinsip Indoface bekerja, karena saya bukan anggotanya. Mungkin mirip, yaitu mengirim undangan dari alamat kontak anggotanya. Kalau email saya masih nempel sama si spammer ini, tentu ia bisa mengirimkan undangan (yang konon berhadiah itu, entahlah).

Saya tidak benci dengan jejaring sosial, hanya saja saya tidak begitu tertarik untuk mengelola banyak akun jejaring sosial. Bahkan facebook saya pun berhibernasi karena tidak pernah ditengok, entah bagaimana kabarnya.

Masalahnya, yang saya tahu setiap jejering sosial besar biasanya memiliki cara untuk mengeblok email kita agar tidak bisa diundang anggota mereka jika kita tidak menginginkannya. Namun tampaknya fitur ini tidak/belum ada pada Indoface. Inilah yang membuat saya agak kurang suka. Lha kalau besok ada seratus orang lagi yang ngirim invitasi, celakah mailbox saya.

Jika pemilik Indoface membaca tulisan saya ini, saya harap mereka menambahkan fitur ini. Bila perlu langsung ditambahkan pranalanya di bawah invitation email yang dikirimkan. Semisal dengan penjelasan: “Click here if you not wish any kind of this invitation in the futere.”

Setidaknya ini bisa menjaga privasi banyak orang yang tidak hendak bergabung di jejaring sosial, namun berpotensi mendapatkan undangan. Mungkin ini juga bisa menambah respect orang-orang yang mendapatkan undangan itu, dan justru malah tertarik untuk bergabung.

Saya rasa surat undangan yang seperti spam justru tidak menarik minat siapa pun yang memang tidak tertarik dengan jejaring sosial.

Iklan

3 pemikiran pada “Undangan Indoface Seperti Spam

  1. Hallo mas….aku fajar, kebetulan lagi browsing2 eh nemu blog ini….sebelumnya mohon maaf ya mas….undangan di indoface saat ini hanya untuk teman pengundang yang sudah ada di daftar friendlist facebook mereka atau contact book di email mereka (fasilitas invite through email contact ini rencananya akan kami shut down).

    Jadi memang kami tidak ingin pengundang mengundang orang lain yang bukan “teman” mereka….he/she must be your facebook friend….

    Tapi usulnya bagus sekali mas….akan kita coba buat seperti itu, mudah2an tidak terlalu sulit….dan bisa selesai cepat….

    but, mean while…kalau ada undangan dari indoface lagi yang kira2 mengganggu, mungkin bisa langsung dihapus tanpa perlu dibaca jadi mudah2an tidak akan mengganggu lagi ya mas….

    that’s it…..maaf jika teman mas mengundang mas untuk join di indoface…. 🙂

    Fajar P Muhammad
    (not d’ owner of IF…indonesia owns indoface)

    Suka

    1. Mas Fajar,

      Terima kasih sudah mampir kemari. Saya rasa fitur itu layak untuk dikembangkan di indoface 🙂

      Saya juga dulu mengeluh pada jejaring sosial lain – mungkin sebelum indoface – jadi ini bukan keluhan pertama saya – walau kebetulan yang pertama saya keluhkan di blog. Karena jejaring sosial lain punya solusinya untuk memblok email kita dari sistem undangan mereka.

      Semisal saya punya lebih dari satu email, satu email A dan satu lagi email B. Email A saya gunakan untuk fungsi privat, sedangkan email B untuk publik. Tentunya saya bersedia menerima undangan dari email publik (B), namun saya tidak berharap ada email undangan di kotak surat email privat (A). Jadi saya harap ada cara agar email A tidak mendapatkan invitasi – mungkin saja teman saya yang tahu email A namun tidak tahu itu email privat akan serta merta mengirim invitasi karena menggunakan buku alamat email 🙂 [mungkin ini alasan tambahan].

      Saya juga senang jika orang Indonesia bisa berkreasi dan membuat jejaring sosialnya sendiri 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.