Antara Mystique dan Fusion

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang akan kaget melihat tema blog yang baru saya pasang? Ya ini adalah Mystique Theme for WordPress. Beberapa waktu yang lalu saya menggunakan tema Fusion yang lebih sederhana, dan sesungguhnya lebih saya sukai (baca kembali: Menjajal Theme Fusion: Mengapa Tema Blog Itu Penting?). Dan percayalah, saya sesungguhnya lebih menyukai tema Fusion yang lebih sederhana.

Lalu apa yang menarik dari tema Mystique ini? Berikut adalah beberapa butir hal yang menjadikan pembedaan antara tema Fusion dan Mystique yang sama-sama merupakan karya Digitalnature.

  • Mystique menggunakan latar gelap sedangkan Fusion menggunakan latar dasar terang. Meski pun Mystique memiliki latar tulisan putih salju dengan tulisan berwarna abu-abu gelap, namun jika dilihat dalam tampilan tanpa gambar, jelas sekali bagi saya Fusion lebih nyaman dan unggul dalam hal ini. Namun penampilan adalah masalah selera, silakan menilai masing-masing.
  • Mystique dan Fusion sama-sama dilengkapi dengan kemampuan menampilkan 2 atau 3 kolom dalam blog. Sehingga pengaturannya menjadi lebih mudah. Untuk 2 kolom, Fusion terlihat lebih gagah. Namun untuk 3 kolom, Mystique memenangkan rasa keseimbangan yang dikehendaki.  Sayangnya 3 kolom membuat tulisan di tengah menjadi begitu sempit. Pengaturan fungsi tema lebih mudah pada Mystique, mungkin karena ia yang paling termuktakhir saat ini. Untungnya mereka berdua memiliki fungsi yang bisa menyesuaikan lebar kolom blog dengan lebar resolusi monitor. Coba saja geser kursor (hover) ke pojok kanan atas blog, akan muncul pranala yang mengubah fixed collum menjadi yang bebas.
  • Kembali pada fungsi tema, Mystique memang memenangkan segi ini. Sedangkan Fusion tampaknya masih tertinggal jauh. Pengaturan header pun lebih sederhana pada Mystique, di mana saya mencoba pada Fusion selalu gagal. Demikian juga dengan pengaturan warna blog, Mystique jauh di depan. Tunggu dulu apa ini penting? Ah…, tentu saja tidak, namun header ini adalah yang dulu digunakan saat masih hosting di blogger.com, saya hanya merasa memiliki kerinduan untuk mengembalikannya.
  • Keterangan blog pada Mystique terbatas, tidak seperti Fusion kita bisa memberi moto blog dengan kalimat yang agak panjang maka pada Mystique kalimat itu mesti dipangkas, jika tidak dia akan memangkas estetika blog kita.
  • Mystique membawa serta bentuk huruf Segoe UI yang ada pada Windows Vista/7 sebagai default font (huruf asli), sehingga (seharusnya) lebih ramah untuk dibaca, namun saya tidak tahu bagaimana efeknya terhadap pengguna Linux dan sistem operasi lainnya.
  • Jika tentang widegts, masing-masing memiliki koleksi widget sendiri yang unik, sayangnya jika yang satu punya yang lain belum tentu ada. Seperti Fusion: search, maka tidak dikenal adanya Mystique: search pada pilihan widgets. Walau ada yang sama, namun masing-masing sangat unik. Untuk masalah yang satu ini, saya berikan poin pada Mystique karena kemudahannya dalam mengelola widget (namun jika CSS-nya, maka saya lebih memilih Fusion).
  • Kedua tema ini memiliki kemampuan memangkas berbagai fitur sedemikian hingga halaman bisa dibuka dengan lebih cepat, termasuk menghilangkan latar gambar dengan seketika. Tapi saya tidak mengaktifkan fitur ini.
  • Pada Mystique, sistem SEO diaktifkan secara asli (default) dari awal, sedangkan pada Fusion kita harus melakukan mencentang pilihan itu terlebih dahulu. Sehingga mereka yang sedari awal menggunakan plugin SEO akan lebih aman menggunakan Fusion, jika belum menggunakan plugin SEO akan lebih baik menggunakan Mystique. Walau dua-dua juga sama-sama memiliki fungsi SEO.

Oh ya, berhati-hatilah jika ingin menempatkan plugin dengan sistem AJAX, kemungkinan JQuery pada kedua tema ini tidak cocok dengan sistem pada plugin itu. Saya menemukan masalah pada pluginrandom pages” yang membuat sistem JQuery kedua tema ini macet, padahal fungsi ini vital untuk membalas komentar, dan membuka banyak fungsi pada tema ini.

Kedua tema ini memiliki tempelan plugin YARP (Yet Another Related Posts) yang build-in. Jadi perhatikan dulu beberapa plugin dan fungsi yang sudah tersedia pada tema ini sehingga tidak melakukan pemasangan ganda.

Nah menurut kalian, lebih bagus mana antara Mystique dan Fusion?

Iklan

6 pemikiran pada “Antara Mystique dan Fusion

    1. Saya biasanya mengecek tema blog dan membandingkan warna dasar dengan warna huruf menggunakan penayangan tanpa gambar di peramban (sesuai saran Bli Dani). Kalau sudah cukup bisa saya bedakan meski tidak terlalu kontras, saya sudah bisa bilang OK.

      Saya lebih suka membaca di kontras yang lembut (soft) dibandingkan pada kontras yang tinggi.
      .-= Cahya´s last blog ..Ketagihan Obat Anti Nyeri? (Penyalahgunaan Narkotika) =-.

      Suka

    1. Iskandaria,

      Kalau yang ini bukan tema Mystique lagi, yang sekarang saya gunakan adalah tema Bueno dari WooThemes.

      Memang warnanya hurufnya abu-abu.Jika dibaca dari jauh agak kurang nyaman. Mungkin harus balik ke Fusion suatu saat nanti 🙂

      Suka

    1. Jika saya sendiri terus terang suka tema gelap, apalagi yang seperti Cellar Heat dan Simply Ornate, keduanya tema yang unik. Namun entah kenapa saya tidak mendapatkan kecocokan dengan tema tersebut, dan memang tidak beruntung dengan tema gelap 😦

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.