Murah Meriah dengan Microsoft Windows

Tidak bisa dipungkiri selain Mac OS X, maka Microsoft Windows adalah satu sistem operasi yang sangat mahal bagi para pengguna komputer di tanah air. Versi termurah Microsoft Windows seperti Vista bisa mencapai harga US$ 50. Itu bukan sebuah harga yang murah untuk sebuah starter pack. Selain itu membekali diri dengan perangkat piranti lunak legal lainnya juga tidak dipungkiri bisa menguras kantong kita.

Banyak yang menyarankan beralih ke sistem operasi alternatif yang ramah pendanaan seperti GNU Linux atau Open BSD. Namun apakah memiliki Microsoft Windows selalu berarti mahal? Begini saja, jika kita membeli sebuah komputer/notebook seharga 5-7 juta rupiah, maka dengan menambah antara 0,5-2 juta rupiah lagi kita bisa menanamkan sistem operasi Microsoft Windows pada komputer kita secara legal. Memang tidak murah, kita setidaknya mesti menganggarkan dana sekitar 7-9 juta rupiah untuk sebuah komputer bermesin Microsoft Office yang legal, namun jika Anda lebih bijak, saya yakin Anda bisa lebih berhemat lagi.

Tapi saya terkadang tertawa pada teman-teman saya, namun saya tidak bisa memprotes mereka. Toh mereka benar, jika mengeluarkan dana 2 juta rupiah untuk sebuah program yang setidaknya cukup dipakai 5 tahun, maka itu setara dengan 400 ribu setahun, sekitar 40 ribu sebulan, dan bisa jadi tidak lebih mahal. Saya hanya bisa balik bertanya, memang sebulan menghabiskan uang pulsa berapa untuk handphone-nya yang keren itu?

Lalu karena mahal, banyak orang memilih program bajakan yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Mudah? Tunggu dulu, seorang teman menunjukkan pada saya bahwa ada berserakan di mana-mana program bajakan yang bisa diperoleh hanya dengan beberapa ribu rupiah. Namun belakangan ia kebingungan karena programnya menjadi tidak stabil, dan saat berusaha mengaplikasikan sebuah <i>crack</i> ternyata berkas tersebut terinfeksi virus.

Sebenarnya mengapa banyak orang yang mendukung anti pembajakan, walau pun ia juga mendukung piranti lunak dan sistem operasi terbuka?

Business Software Alliance melaporkan bahwa di tahun 2004, sekitar 35 persen perangkat lunak yang digunakan di dunia tidak berlisensi, dibajak, atau dipalsukan. Di samping itu, banyak pengguna perangkat lunak bajakan atau palsu yang tidak menyadari bahwa perangkat lunak mereka tidak asli. Pembajakan perangkat lunak berdampak negatif bagi konsumen secara luas, yang menghabiskan banyak dana setiap tahunnya untuk membeli perangkat lunak, sekaligus berdampak negatif bagi perekonomian lokal dan regional, maupun perekonomian global. Sebuah laporan dari firma riset pemasaran IDC belum lama ini menemukan bahwa, jika tingkat pembajakan perangkat lunak global diturunkan 10 persen saja dalam 4 tahun mendatang, hal ini akan dapat memberikan kontribusi total 2,4 juta pekerjaan baru dan pertumbuhan ekonomi sebesar $400 milyar pada pertumbuhan ekonomi global. Untuk informasi lebih lanjut mengenai dampak pembajakan perangkat lunak pada masyarakat dan negara, lihat laporan firma riset pemasaran IDC Studi Dampak Ekonomi 2005 mengenai efek dari pembajakan perangkat lunak.

Microsoft mendukung upaya yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi lokal, nasional, dan global dan untuk memberi pelanggan perangkat lunak yang dapat membantu mereka merealisasikan potensi mereka sepenuhnya.

Microsoft berusaha untuk melindungi para pelanggan dan mendukung ekosistem perangkat lunak yang sehat melalui Inisiatif Perangkat Lunak Asli Microsoft.

Setidaknya demikianlah kita bisa menemukan pendapat dari Microsoft.

Bagi Anda yang telah terpasang Microsoft Windows pada komputer Anda secara legal, saya memiliki beberapa tips mendapatkan piranti lunak yang bisa membantu meringankan kantong Anda dari membeli piranti lunak komersial yang mahal. Program-program berikut bisa didapatkan secara gratis tanpa biaya untuk lisensinya.

Office

Microsoft Office memang bagus dan sangat membantu pengguna, namun semua orang tahu jika Microsoft Office  lebih mahal dari Microsoft Windows pada masanya. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan OOo (Open Office Org). Namun jika Anda ingin memanfaatkan bagian lain, seperti Microsoft Office Share Point Server, bisa menggunakan program dari jenis piranti lunak terbuka yaitu MindTouch Core 9.

Untuk pembaca berkas tertentu seperti PDF, sudah tersedia banyak yang gratis. Adobe Reader atau Foxit Reader Free ada di antaranya.

Multimedia

Jika menggunakan Microsoft Windows legal, saya kira dukungan multimedia sudah cukup baik. Menambahkan perangkat multimedia lain bisa jadi justru memperberat kinerja Windows. Namun ada beberapa aspek yang bisa ditambahkan, seperti misalnya codec, saya sarankan menggunakan K-Lite-Movie Codec atau Vista Codec Pack.  Jika ingin pemutar media yang lebih ringan bisa menggunakan Windows Media Player Classic atau VLC Media Player.

Keamanan

Bidang keamanan adalah bidang yang sangat vital pada Microsoft Windows, karena seringnya diserang dengan berbagai ancaman pirnati jahat (malware). Berikut beberapa hal yang dapat membantu kita meningkatkan keamanan Windows.

  1. Akttifkan Windows Updates.
  2. Pada Vista dan 7, aktifkan UAC (User Account Control)
  3. Lengkapi dengan antivirus. Avast Home Edition 4.8 atau Avast Free Antivirus 5.0 sangat saya sarankan. Atau jika Anda lebih suka bisa menggunakan .
  4. Antispyware/Antimalware. Jika dirasa perlu, bisa ditambahkan (baca kembali: perlukah antispyware & malware?)
  5. Firewall. Banyak yang menyarankan menggunakan firewall tambahan, direkomendasikan yang gratis adalah PC Tools Firewall dan Outpost Firewall 2009 Free. Namun saya tidak merekomendasi Comodo Internet Security.

Internet

Kebanyakan program-program internet memang disediakan secara gratis walau beberapa ada yang berbayar.

  • Peramban: Menggunakan atau Opera lebih banyak disukai orang daripada menggunakan Internet Explorer keluaran Windows atau pun Safari keluaran Apple Inc. Peramban Google Chrome dari Google juga layak untuk dicoba.
  • Surat Elektronik: Kita bisa menggunakan surat elektronik melalui web atau pun secara luring melalui Mozilla Thunderbird.
  • Messanger & Chat: Semua messanger rerata diberikan secara gratis. Kecuali untuk program seperti mIRC yang komersial berbayar.

Arsip & Kompresi

Untuk kompresi dan arsip berkas-berkas di dalam komputer banyak orang yang menggunakan bajakan dari WinZip atau WinRAR yang merupakan program komersial berbayar. Sebagai alternatifnya adalah program TugZip (favorit saya) dan 7zip sangat direkomendasikan.

Pencadangan

Nero Burning Studio merupakan salah satu program komersial yang paling sering bajakannya digunakan  setahu saya. Jika Anda hanya butuh program pencadangan yang sederhana. Nero yang versi gratis atau program lain seperti InfraRecorder atau Free Ashampoo Burning Studio merupakan pilihan yang baik.

Perawatan

Optimalisasi sistem Windows, seperti melalui peralatan pembersih sistem dan pembaikan registry yang rusak bisa menggunakan CCleaner. Sedangkan untuk merapikan susunan berkas dan map di Windows bisa menggunakan Defraggler.

Grafis

Pemberkasan grafis mungkin tidak diperlukan oleh semua orang. Namun mendesain foto secara sederhana mungkin tidak akan bisa jika hanya sekadar memanfaatkan Microsoft Paint yang ada di Windows.

Microsoft Paint bisa digantikan dengan menggunakan OpenOffice Draw. Sedangkan pengerjaan modifikasi foto secara sederhana bisa dikerjakan dengan Photo! Editor.

Jika Anda terbiasa menggunakan Adobe Photoshop CSx sebagai alternatifnya menggunakan GIMP adalah pilihan yang baik. Sedangkan bagi Anda yang terbiasa mendesain grafis dengan Corel Draw maka alternatifnya adalah Inkscape.

Saya rasa itu adalah program-program alternatif yang dapat Anda gunakan tanpa menambah pengeluaran kantong kita untuk membeli lisensi. Walau disediakan dengan gratis bukan berarti piranti lunak tersebut kalah dengan program yang berbayar.

Iklan

11 pemikiran pada “Murah Meriah dengan Microsoft Windows

    1. Bli Wira,

      Saya tidak begitu ahli dengan Linux, saya termasuk orang yang sulit beradaptasi dengan sistem baru (mungkin bisa disebut old fashioned). Makanya kadang ada banyak cara yang legal sebenarnya dengan menggunakan Windows.

      Suka

    1. Saya juga belum semua program genuine, namun saya sedang mengusahakannya. Karena beberapa program sulit dicari gantinya. Seperti saat ini saya masih mencari pengganti Dreamweaver. Saya tidak tahu apakah akan mengganti dengan Amaya atau KompoZer.

      Tapi Linux memang menarik untuk dipelajari, sayang waktunya kadang tidak bisa diatur. Apa perlu kursus ya… 😦

      Suka

        1. Bli Dani,

          Sekarang udah berhenti jadi pendesain web, ternyata memang tidak berbakat. Nvu-nya masih saya simpan – sedangkan Dreamwaver sudah pensiun 😀

          Suka

  1. Nathan

    untuk aplikasi office.. saya lebih memilih Kingsoft Office ketimbang membeli Ms. Office bajakan dan aplikasi pengolah grafis dipercayakan kepada GIMP dan Inkscape daripada harus keluar uang berlebih 🙂

    Suka

    1. Sebenarnya yang gratis itu cukup kok untuk keperluan perkantoran sederhana. Hanya perusahaan dalam skala besar yang sering kali memerlukan fitur dalam peranti lunak berbayar, atau untuk keperluan profesi tertentu.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.