Langganan Surat Elektronik Blog WordPress

Kini narablog yang menggunakan domain wordpress.com dapat memperluas teknik langganan dengan menggunakan surat elektronik, atau yang istilah kerennya disebut email subscriptions. Langganan surat elektrronik dulunya belum bisa disediakan oleh wordpress, sehingga pengguna harus mencari alternatif lain seperti jasa pembakar umpan sindikasi atau feedburner, contohnya bisa dilihat di bilah samping (sidebar) blog ini.

Dulu bagi pembaca setiap setiap suatu blog wordpress yang masih menggunakan umpan RSS asli berlangganannya menggunakan media pembaca umpan RSS seperti Google Reader atau suatu program yang menyediakannya seperti Ms Outlook atau pun Thunderbird (seperti yang saya gunakan). Padahal beberapa orang mungkin lebih suka tulisannya dikirim via surat elektronik daripada harus melihat daftar panjang umpan sindikasi yang belum tentu berisi pembaharuan artikel.

Sistem yang kini diterapkan wordpress sangat sederhana, bahkan tidak jauh beda dengan feedburner. Untuk berlangganan, seorang pembaca bisa menekan tombol Subcribe Me! (untuk pengunjung yang masuk (log in) dengan aku wordpress.com) atau dengan memasukkan alamat email mereka (biasanya bagi mereka yang tidak punya akun wordpresss.com).

Semua permintaan langganan harus dikonfirmasi lagi oleh pemilik alamat surat elektronik, dan mereka bisa berhenti langganan kapan saja. Jadi ada kontrol penuh untuk sistem langganan blog wordpress ini.

Format HTML akan digunakan pada surat elektronik, ketika itu dimungkinkan tentunya, sehingga tulisan favorit anda dapat tampil cantik dan menarik baik dengan tambahan gambar dari galeri atau pun tulisan yang diperindah. Namun bagi pelanggan yang tidak memiliki akses HTML pada email mereka, maka teks polos bisa juga digunakan.

Anda bisa memilih apakah tulisan akan dikirim setiap kali ada tulisan baru diterbitkan, atau akan menjadi kiriman harian seperti koran, atau bahkan dikirim seminggu sekali – cocok untuk membaca di akhir pekan.

Tanya jawab lebih banyak, silakan cek blog wordpress.

Iklan

8 Comments

  1. saya dah males ngikutin feed reader. 🙂 paling subscribe di topik tertentu aja via surel.

    oia, konten blog ini melorot kalo ngga maximized window. tes di fx dan google chrome. 🙂
    .-= dani´s last blog ..Web Blog Navigation Menu =-.

    Suka

    Balas

    1. Bli Dani,

      Jika surat elektronik saya hanya berlangganan blog yang memang menyediakan, seperti blognya Bli Dani 🙂
      Lebih nyaman diatur dengan Thunderbird, saya punya folder khusus yang jadi penyaringan untuk artikel berbagai blog. Tapi kebanyakan blog pakai umpan sindikasi asli, jadi kalau mau tidak mau harus pakai RSS Reader.

      Iya, memang melorot. Saya juga bingung. Padahal theme antisocial ini masuk golongan theme professional/premium lho. Ternyata yang berbayar tidak selamanya bagus, he he (untung dapetnya gratis).
      .-= Cahya´s last blog ..Ponsel di Pinggang dapat Melemahkan Tulang? =-.

      Suka

      Balas

    1. Ga pa pa, dulu saya juga pakai mesin blogger/blogspot sebelum pindah ke wordpress. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing 🙂

      Salam kenal juga Bli Made.

      Suka

      Balas

  2. Saya ndak tau apa-apa. Hehe! Saya cuma taunya feeddemon. Itupun diajari Pak Wira lewat blognya. Hehe!
    .-= pushandaka´s last blog ..Ide Gila Untuk Lalu Lintas Denpasar =-.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.