Blogilo di Gnome OpenSuSE 11.2

Setelah mencoba beberapa saat Linux OpenSuSE 11.2, saya mulai agak lancar menggunakannya – walau sepenuhnya dalam tahap “always newbie“. Sekarang saya berusaha mencari apakah ada pengganti untuk WLW (Windows Live Writer) di OpenSuSE (atau Linux secara umum). Mungkin secara umum tidak ada blog client yang sebaiknya WLW bisa bekerja di Linux, karena sejak diluncurkan WLW sudah memiliki banyak penggemar – bahkan tidak sedikit narablog yang bergantung “mood”-nya nge-blog dengan WLW ketika menggunakan Windows, menjadi tidak aktif ketika migrasi ke Linux. Karena saya sendiri tidak begitu “mood” ketika harus menggunakan dasbor huda wordpress secara daring.

Saya berusaha mencari blog client yang cukup ramah di Linux. Ada beberapa pilihan memang yang bisa digunakan di Linux, seperti yang tertulis dalam “Blogging Tools untuk Dekstop Linux” oleh Can Masagi. Tentu saja saya tidak bisa mencoba semuanya, saya memutuskan – setelah berselancar lebih lama, dan mengumpulkan informasi – untuk mencoba Blogilo (atau katanya dulu disebut Bilbo).

Saya mencoba mengunduh paket yang sesuai untuk OpenSuSE – yaitu RPM, tapi tidak ada. Kemudian saya menemukan bilbo.ymp (berkas one-click-install khas milik OpenSuSE). Tapi tetap tidak bisa. Mungkin karena aslinya Bilbo dibangun untuk Dekstop KDE, sedangkan saya menggunakan Desktop Gnome. Kemudian saya mengunduh berkas instalasinya (paketnya) di archlinux.org. Paketnya berbentuk tarbal (tar.gz). Tidak lupa juga menginstal dependecies yang diperlukan yaitu KDE4-workspace dan kdepimslibs (CMIIW).

Setelah itu sambil makan siang di Q-Cafe (masuk di gang kecil sebelah Selatannya Dezzel – Jakal/Perempatan Kentungan), sebuah angkringan ber-wifi. Beruntung Bli Dani Iswara membantu mendiktekan langkah demi langkah instalasi paket tar.qz di Desktop Linux saya.

Pertama, pindahkan berkas paket (dalam hal ini yang saya dapatkan bernama “102196-bilbo-1.0-src.tar.gz”) ke dalam berkas temporasi (/tmp). Kemudian diekstraksi dengan command line tar xvzf sehingga saya mendapatkan sebuah folder bernama bilbo.

Kedua, menginstal bilbo (ternyata cara ini ada di berkas README):

How To Build The Project

-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=

cd bilbo

mkdir build

cd build

cmake -DCMAKE_INSTALL_PREFIX=`kde4-config –prefix` ..

make

sudo make install OR su -c ‘make install’

Dan selesailah proses instalasinya. Program Bilbo kini bisa ditemukan di Aplications -> Internet -> Bilbo Blogger. Dan saya mencoba mempublikasikannya ke blog. Jika berhasil, sekalian memeriksa apakah plugin Copyright Proof bisa berfungsi dengan baik.

Iklan

6 pemikiran pada “Blogilo di Gnome OpenSuSE 11.2

  1. dani

    Dibandingin dengan Windows Live Writer (WLW) gemana? trus ping dengan digiproof gemana?
    .-= dani´s last blog ..Ubuntu in Opera Download Page =-.

    Suka

    1. Kalau dibandingkan WLW yang dijadikan gold standard, mungkin masih kalah jauh. Karena WLW masih banyak punya plugin menarik dari berbagai developer.

      Blogilo juga belum bisa menambahkan kategori baru (belum support), dan juga tidak ada ping notification.

      Kalau memang tidak bisa, masalah dengan plugin Digiprove (Copyright Proof) bisa diatasi dengan publikasi ke draft terlebih dahulu.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.