Berbagai Aplikasi Twitter Client untuk Linux OpenSuSE

Sebelumnya kita sudah membahas tentang aplikasi Plurk Client di Linux OpenSuSE. Sekarang mari kita lihat saingannya, layanan microblogging Twitter. Siapa yang tidak kenal Twiter, dari pengguna personal hingga perusahaan bonafit memanfaatkan Twitter untuk berbagai kepentingan. Sehingga tidak salah jika aplikasi Twitter Client lebih banyak dibandingkan dengan saingannya yang lain. Dan Anda bisa jadi kebingungan memilih aplikasi yang tepat.

Beberapa aplikasi klien yang menarik pernah saya sebutkan di tulisan sebelumnya – Amazed with OpenSuSE 11.2. Jika ada yang paling saya minati, mungkin itu adalah choqoK – aplikasi klien Twitter berbasis dekstop KDE (meski saya menggunakan desktop Gnome). Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan klien ini di OpenSuSE?

Beberapa klien sudah dibawa dengan sendirinya di OpenSuSE, jika ingin melihat yang lain coba tambahkan programnya melalui YaST: Pilih Komputer >> Install Software >> Ketik Kata Kunci: Tweet atau Twitter, nanti akan diperlihatkan berbagai aplikasi yang tersedia untuk kita. Jika kurang berminat dengan layanan yang sudah disediakan, jangan khawatir, masih banyak lagi aplikasi lain yang bisa kita install. Silakan merujuk kembali ke laman Aplikasi Klien Twitter untuk Linux yang merupakan Wiki Penggemar Twitter.

Beberapa aplikasi mungkin memerlukan Adobe AIR (lihat kembali cara menginstal Adobe AIR di OpenSuSE pada artikel mengenai Plurk Client di atas), kemudian cobalah beberapa aplikasi terkenal seperti TweetDeck, Seesmic, atau TweetPocket dan lihat bagaimana GUI menawan yang diberikan oleh aplikasi berbasis AIR ini.

Jadi, apa klien Twitter favorit Anda?

Iklan

4 pemikiran pada “Berbagai Aplikasi Twitter Client untuk Linux OpenSuSE

  1. hielmy

    saya dulu suka pakai tweetdeck dan seesmic (twhirl) tapi lama2 kok aplikasi dari AIR ini berat jg, saya pake ubuntu, tp untuk aplikasi Adobe AIR tampaknya ga masalah OS apapun, toh sama saja. sekarang saya lebih suka langsung dari web, simpel, praktis, fiturnya sudah makin diperbaiki.

    salam kenal

    @hielmy

    Suka

    1. Salam kenal Mas Hielmy,

      Memang aplikasi berbasis Adobe AIR lumayan berat dibandingkan dengan yang berbasis Linux asli (e.g GTK+ etc). Saya melihat seperti TweetDeck bisa menghabiskan 2-3% kinerja CPU.

      Namun dibandingkan dengan menggunakan peramban, saya rasa resource-nya masih lebih kecil, Firefox misalnya di OpenSuSE bisa menghabiskan 3-5% kinerja CPU. Saya tidak tahu kalau di Ubuntu.

      Jadi kalau sekadar sedang tidak lagi browsing mungkin sebenarnya aplikasi berbasis AIR lebih ringan bagi komputer, atau yang berbasis lain seperti choqoK atau Twitux lebih ringan lagi.

      Sedangkan kalau lagi sedang browsing saya setuju jika di peramban memang lebih nyaman. Atau mungkin menggunakan pengaya seperti Yoono dan Echofon di Firefox jadi lebih mengasyikkan bagi mereka yang sering bermain di Twitter 🙂

      He he, pada akhirnya kembali ke masing-masing pengguna layanan 😉

      Suka

  2. dani

    Masi tetep pake yang murah meriah, echofon. Hampir ngga mungkin kalo lagi ngenet cuman make twitter aja. Twitter sampingan, browsing-nya yang utama. 🙂
    .-= dani´s last blog ..Rolling Release Distro Linux =-.

    Suka

    1. Aih-aih, Bli lupa ya, sekarang kan ada komputer meja (Desktop), komputer jinjing laptop, dan komputer genggam (mobile phone, smartphone, iphone, ultra mini netbook).

      Semisal jalan-jalan ke pantai, paling ambil iphone, terus ngetweet pakai salah satu yang berbasis AIR itu, dan bilang wah…, pantainya rame… 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.