Plurk Client – OpenSuSE 11.2

Sebagaimana diketahui banyak orang, Plurk adalah salah satu layanan microblogging yang cukup banyak digunakan dan digemari – walau mirip dengan saingannya yaitu Twitter, Plurk memiliki keunikannya sendiri. Sedemikian hingga Plurk memiliki banyak pengguna yang loyal. Hanya saja bedanya, Twitter lebih terkenal dibandingkan dengan layanan Plurk – mungkin karena kesederhanaannya – Twitter menjadi lebih mudah digunakan, apalagi Twitter memiliki banyak aplikasi klien baik di Windows maupun di Linux.

Di Linux OpenSuSE 11.2 sendiri tidak ada aplikasi yang mendukung Plurk secara langsung. Namun bukan berarti tidak bisa memanfaatkan layanan microblogging ini dengan baik. Karena ada beberapa trik yang bisa kita kerjakan. Kita bahasa dari cara yang paling mudah dulu.

Pertama dengan memanfaatkan peramban Mozilla Firefox. Lho, apa ini maksudnya kita masuk ke halaman Plurk.Com? Masuk ke halaman Plurk.Com mungkin salah satu yang paling saya hindari karena untuk lebar pita yang kecil, situs ini sangat sulit dibuka. Saya bahkan lebih sering menggunakan Plurk Mobile untuk akses yang lebih nyaman.

Tentu kita sudah tidak asing lagi bahwa peramban yang paling banyak digunakan ini memiliki kelebihan, karena terdapat fitur pengaya (plugin, extention). Yang akan kita gunakan kali ini adalah sebuah pengaya yang akan tampil di bagian bilah samping (sidebar) tampilan layanan Plurk seperti chatbox. Pengaya ini adalah Plurk Extention for Firefox (klik untuk mengunduh). Sayangnya pengaya ini masih dalam pengembangan, mungkin tidak akan sesuai dengan peramban yang terkini. Anda mungkin bisa menemukan pembaharuannya di sini.

Kedua dengan memanfaatkan API Plurk dan pembaharuan status via messenger. Jika Anda sudah menggunakan Plurk untuk beberapa lama, maka Anda pasti tahu bahwa status Plurk bisa diperbaharui (update) melalui messenger (Yahoo Messenger atau Google Talk). Jika Anda sudah mengaktifkan fitur ini sebelumnya, maka tidak ada banyak lagi yang bisa kita kerjakan. Hanya saja di Linux, messenger yang paling nyaman adalah Pidgin – Jadi status Plur diperbaharui melalui Pidgin di Linux (he he, maaf saya menggunakan Gnome – saya tidak tahu yang menggunakan KDE).

Masih kurang paham? Silakan tengok cah Bojonegoro, di sana ada tulisan berjudul: Menggunakan Pidgin untuk “nge-Plurk”, saya rasa tulisan ini sudah cukup menjelaskan dengan baik trik apa yang perlu kita lakukan.

Ketiga dengan menggunakan aplikasi Plurkit yang berbasis Adobe AIR. Terdengar menyeramkan? Kalau saya pertama kali membacanya juga agak menyeramkan, namun jangan khawatir, mari kita coba selangkah demi selangkah – sesama Newbie mesti saling membantu 😀

  1. Anda perlu memasang Adobe AIR di OpenSuSE 11.2, untuk itu kita perlu melongok kembali ke panduan di Adobe AIR – HOWTO pada OpenSuSE 11.2. Namun perhatikan bahwa itu adalah untuk sistem 64-bit, bagi yang menggunakan sistem 32-bit – mari kita tutup mata dan jalan saja, siapa tahu selamat tiba di tempat. Menurut panduan itu inilah langkah-langkah yang kita perlukan:
  2. Pastikan paket minimal untuk menginstall Adobe AIR sudah terpasang di sistem Anda, jika belum install paket berikut: zypper install libasound2-32bit libgcc44-32bit libncurses5-32bit libstdc++33-32bit libstdc++44-32bit libxml2-32bit mozilla-nss-32bit mozilla-nspr-32bit gtk2-devel gnome-keyring-32bit libxml2-devel-32bit libxml2-devel libxslt-32bit rpm-32bit rpm-devel
  3. Unduh Adobe AIR untuk Linux: http://get.adobe.com/air/ jangan lupa melihat spesifikasi sistem yang diperlukan.
  4. Buka terminal dan jalankan sebagai super user, masuk ke map/folder di mana berkas/file instalasi berada, lalu lakukan perintah berikut secara berturut-turut: chmod +x AdobeAIRInstaller.bin dan kemudian perintah ./AdobeAIRInstaller.bin kemudian akan muncul jendela instalasi, ikutilah hingga selesai – maka Adobe AIR sudah terpasang pada sistem Anda.
  5. Unduh instalasi AIR untuk Plurkit melalui situs resminya di sini.
  6. Gunakan Adobe AIR Application Installer untuk memasang Plurkit di sistem Anda – jika mendapat peringatan bahwa aplikasi belum bisa diverifikasi, lewati saja – karena ini bukan aplikasi resmi.
  7. Jalan Plurkit dan nikmati menggunakannya.

Silakan melihat tambahannya di sini untuk poin yang ketiga ini, karena saya mengambil dasar ide-nya dari blog tersebut, di sana juga terdapat tambahan dengan aplikasi Facebook AIR 🙂

Keempat, yaitu cara yang belum saya coba dan belum tahu apakah bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Jika cara yang ketiga memanfaatkan arsitektur AIR dari Adobe, maka yang satu ini memanfaatkan arsitektur Gambas yang berbasis GTK+, Gambas seharusnya sudah bisa diterapkan di berbagai distro seperti Arch Linux Overlord, Conectiva 10, Debian Woody/Sarge, Fedora Core 4/5/6, Gentoo 1.4, Linex, Mandriva di atas seri 2005, OpenSuSE mulai versi 9x, Qi Linux 1.2, RedHat 8/9, Slackware di atas 9.1, Ubuntu Dapper/Edgy/Feisty/Gutsy/Lucid Linx/(dan aku lupa apa yang terbaru, he he), serta pada Xandros 2.0.

Prinsipnya adalah memasang Gambas, dan ini tidak bisa otomatis di OpenSuSE 11.2 – harus manual (hiks, aku ga bisa manual – jadi cuma kukasih tahu basisnya saja). Unduh Gambas di sini, dan pasang di OpenSuSE. Lalu kini kita perlu aplikasi yang bernama gplurk, unduh dan pasang. Nah, seharusnya sekarang bisa ada aplikasi gplurk sebagai Plurk Client di Linux.

Ya, sedikit banyaknya seharusnya salah satu cara itu berhasil untuk kita – jika tidak – mau gimana lagi, kembali menggunakan peramban dan masuk ke situsnya secara manual 😀

  This blog post has been Digiproved © 2010 Cahya Legawa

Iklan

2 pemikiran pada “Plurk Client – OpenSuSE 11.2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.