Apa Yang Baru dari Avast Antivirus versi 5?

Jika Anda memperhatikan, maka ada perubahan besar pada keseluruhan sistem avast! antivirus. Jika belum mengenal versi sebelumnya, mungkin ini seperti versi yang berbeda sama sekali, saya sendiri sempat kikuk dengan GUI (antar muka grafis bagi pengguna) yang baru. Namun coba lihat logo avast! yang baru.

Secara singkat logo baru ini dikerjakan oleh Martin, salah satu staf avast di bidang grafis, yang juga mengerjakan desain web avast yang baru (lihat tulisan sebelumnya tentang “avast 5 sudah dirilis”). Ada banyak makna yang tersembunyi di balik logo tersebut, silakan klik logo itu untuk mencari tahu, ada apa dengan logo avast itu.

Kemudian yang berubah secara total adalah GUI avast 5 pastinya. Kotak radio lama sudah tidak ditemukan lagi, begitu juga sistem skin avast sudah tidak ada lagi. Kini desain hitam oranye yang modern lebih mendominasi GUI.

Avast 5 GUI

Gambar di atas adalah GUI dari avast! Pro Antivirus yang saya gunakan. Anda bisa melihat adanya tab summary (ringkasan), scan computer, real-time shields, dan maintenance di bilah sisi kiri, dan jendela keterangan di sisi kanannya. Di atas ada pranala Help Center dan Settings, jadi GUI sekarang sebenarnya jauh lebih ramah dibandingkan dengan yang lama.

Ringkasan sistem menunjukkan bagaimana perisai-perisai perlindungan avast tetap aktif, kemudian apakah definisi virus sudah termutakhir termasuk versi berapa, dan kapan program ini kadaluarsa. Juga ada mode permainan dan mode sunyi, semisal bisa diaktifkan saat kita menonton film atau bermain game, sehingga tidak muncul jendela peringatan yang bisa mengganggu.

Avast Scan Now

Jangan lupa juga antar muka pemindaian yang sudah diperbaharui (gambar di atas). Ada opsi Quick scan, full system scan, dan lain sebagianya, termasuk opsi memindai dari antar muka Windows Explorer dan Screen Saver.

Selain itu masih ada opsi boot-time scan guna menyingkirkan virus-virus yang menghinggapi memori komputer secara bersih, ini belum saya temukan ada di antivirus gratisan yang lain (tapi tidak tahu juga sekarang).

Proses pendaftarannya pun lebih mudah, jika dulu menggunakan kunci lisensi, sekarang langsung dari GUI dengan menggunakan server (terkoneksi dengan internet) atau berkas yang berekstensi .license.

avast license

Saran instalasi:

Pertama ini bukan panduan resmi, jadi Anda boleh mengikutinya dengan risiko ditanggung sendiri, namun saya melakukannya dengan cara ini. Cara ini adalah metode clean install.

  1. Unduh berkas instalasi avast 5 (free/pro/suite); Edisi free tersedia di CNet dan Filehippo; Simpan di komputer anda;
  2. Unduh berkas eksekusi uninstall untuk avast 4.8: Download Avast Uninstall Utility;
  3. Buat sistem recovery OS Anda (seperti pemulihan sistem / system restore) untuk berjaga-jaga, lakukan reboot jika diperlukan.
  4. WARNING: Jika Anda memiliki program antivirus lain: , AVG, , MBAM PRO, dan semua yang berjalan otomatis ketika masuk ke Windows – ini mungkin akan mengakibatkan crash dengan avast. Kadang uninstall biasa tidak cukup, gunakan juga uninstall utility dari masing-masing produk (seperti pada poin 2). Tidak direkomendasikan menggunakan lebih dari satu antivirus pada sebuah sistem. Jika ingin mencoba/menggunakan avast, produk lain mesti (amat sangat disarankan) dihapus dulu.
  5. Lakukan penghapusan avast 4.8 dengan berkas eksekusi dari poin no. 2 (atau jika cukup yakin secara manual dari kontrol panel) jika Anda punya program ini di komputer Anda, jika Anda punya antivirus lain – silakan pertimbangkan poin 4.
  6. Reboot.
  7. Install avast 5 (free/pro/suite) di komputer – finish. Tergantung sistem nanti bisa restart atau tidak.
  8. Register.
  9. Selesai.
  10. Cek apakah semua fungsi berjalan dengan baik.

Nah, selamat mencoba.

Iklan

14 pemikiran pada “Apa Yang Baru dari Avast Antivirus versi 5?

  1. dani

    …Ada banyak makna yang tersembunyi di balik logo tersebut, silakan klik logo itu untuk mencari tahu, ada apa dengan logo avast itu…

    Logo mana yang diklik? 🙂

    Suka

  2. dani

    <pre>...ini kode di dalam pre...kode panjang ini kode panjang ini kode panjang ini kode panjang ini kode panjang ini kode panjang ini kode panjang ini kode panjang..hapus aja ya..</pre>

    Suka

    1. Ariyanti,AVG bagus, tapi menurut AV-comparatives.org. Satu-satunya AV gratis yang mampu bersaing dengan AV berbayar dengan kategori Advance(+) hanya avast setahu saya. Sedangkan AVG harus versi berbayarnya itu pun hanya dalam kategori advance sama dengan Bitdefender.http://www.av-comparatives.org/index.php?option…Tapi, bagaimana pun AVG dari Grisoft juga salah satu AV terbesar saat ini – saya juga salut 🙂

      Suka

  3. cucus

    Gan… cuman mo share aja ni.
    Ane juga Avast user dah setaon lebih setia make avast 4.8, kmaren iseng2 masuk avast site & donlot avast 5 buat compie di kantor yang baru aja di upgrade tapi ternyata….. compie ane (OS pake XP yg registered bukan bajakan)yg baru malah jadi crash!!! Setelah instal > full scan > 1300 files infected (katanya) Excel di anggap virus, run dll dianggap virus, calc.exe dibaca virus, bahkan (file master)avast 5 sendiri pun dibaca virus Ciloko!!! di uninstal pun ga mau, format ulang deh tu compie orang I.T ngomel2 ya udah balik lagi deh ke avast 4.8 yang dah kebukti tangguh. Fyi ane juga dah kasih feed back ke avast, Versi 4.8 ato Versi 5 intinya kita sama2 avast user, tul gak gan… Pisss

    Suka

    1. Cucus,

      Banyak orang yang mengalami masalah dengan avast 5, kalau mau melihat di forumnya.

      Sementara ini dan masih cukup lama lagi. Avast 4.8 tetap didukung dan dilanjutkan oleh ALWIL, karena termasuk stabil.

      Yup, semoga ke depan didapatkan solusi yang baik.

      Suka

    1. Dedi

      gan…laptop saya kan lagi di boot time scane…..nah gk ketahuan batrai nya abis..dan laptopnya mati..trus udah di charger lagi..lampu power nya nyala v monitor nya gk nyala…apakah ada masalah?

      Suka

      1. Hi Dedi,
        Kalau saya sih belum terlalu yakin ada masalah apa. Memang sejumlah software termasuk avast! pernah dilaporkan mengalami blackscreen pasca dilakukan boot function. Biasanya kalau masalah software, kemungkinan ada konflik dengan software pihak ketiga, software yang mengakses area kerja yang sama dengan avast! – misalnya software keamanan lainnya. Tapi dalam hal ini monitor tidak mati, hanya black screen saja, bukan death screen.
        Kemungkinan lain adalah masalah hardware, terjadi hardware failure ketika laptop kehabisan baterai, dan ini mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan avast! Jika ini yang terjadi, kemungkinan solusi satu-satunya adalah penggantian hardware.
        Untuk masalah software, bisa berkonsultasi di https://forum.avast.com/index.php?board=35.0, sedangkan untuk masalah hardware ada baiknya dicek di service center terdekat.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.