Rilis Avast Antivirus 5 – Download Sekarang Juga!

Hari ini saya menerima pengumuman resmi dari avast! bahwa setelah pengujian berbagai versi betanya, kini versi penuh sudah tersedia untuk diunduh. Mungkin ini adalah saat-saat yang ditunggu oleh banyak penggunanya, setelah beberapa waktu yang lalu produk beta terakhir diujikan lebih di lebih dari sejuta komputer di seluruh dunia.

Untuk rilis awal ini baru tersedia versi berbahasa Inggris dan Prancis, beberapa bahasa utama lainnya akan segera menyusul. Sedangkan untuk yang berbahasa Indonesia? Ha ha. maaf, nanti coba saya tanyakan kembali ke bagian pengelolaannya, karena beberapa pihak sudah bersedia menjadi program translator setahu saya.

Rilis ini menyediakan tiga kategori produk utama, sebagaimana yang saya sempat sebutkan sebelumnya. Free Antivirus, Professional Antivirus, dan Internet Security Suite. Dan kesemuanya adalah produk hebat. Jangan khawatir untuk pengguna Home Edition yang gratis dari avast, karena kini setelah berganti dengan nama menjadi Avast Free Antivirus 5, tetap memberikan perlindungan terbaik dengan kategori Adv+ yang tidak dijumpai pada antivirus gratis lainnya.

Download Avast 5 Free

Avast! Free Antivirus: Ini adalah pengganti Avast Home Edition (perusahaan mengganti namanya untuk lebih menekankan bahwa produk ini sepenuhnya gratis untuk kepentingan non komersial). Difokuskan pada pengguna yang menggunakan komputer sehari-hari termasuk menggunakan internet untuk berselancar dan berkirim pesan atau surat elektronik. Dibanding produk berbayar lainnya, produk gratis ini sudah dapat disejajarkan dengan produk berbayar lainnya. VB menyatakan ini seperti keajaiban. Saya pribadi mengatakan ini adalah antivirus gratis terbaik di awal tahun ini. (Unduh di: http://www.avast.com/free-antivirus-download).

Avast! Internet Security: Ini adalah produk baru dari avast!, difokuskan pada mereka yang memanfaatkan internet untuk melakukan transaksi daring, seperti online banking. Jika para pengguna ini memerlukan beberapa lapisan perlindungan ekstra, selain membawa mesin free antivirus ke dalamnya, juga terdapat firewall hening 2-jalur, sebuah sandbox (mesin virtualisasi) dan anti-spam. Sandbox menyediakan sebuah media untuk mengeksekusi peramban anda ke dalam sebuah lingkungan yang dilindungi dan segala proses yang berjalan di dalamnya tidak akan merusak komputer anda. Anti-spam akan mencegah kita menerima email tidak penting yang bahkan beberapa menjurus pada penipuan. Tentu ini tidak gratis, namun 1 lisensinya bisa digunakan hingga pada 3 komputer di rumah kita. Walau tidak membelinya, Anda bisa mencobanya untuk waktu (jika saya tidak salah) selama 60 hari secara gratis, silakan unduh di: http://www.avast.com/internet-security.

Avast! Pro Antivirus: Fitur yang tidak ada di sini dari Internet Security adalah Firewall dan Anti-Spam. Produk ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengelola keamanan mereka baik untuk kepentingan pribadi atau pun bisnis. Ini memberikan pengguna kesempatan untuk tetap menggunakan produk firewall dan anti-spam lain baik yang berbayar atau pun yang tidak yang telah mereka pakai selama ini. Produk ini bisa diunduh di: http://www.avast.com/pro-antivirus.

Informasi lebih lengkap bisa ditemukan di blog avast.

Bagi pengguna avast 4.8 Home Edition atau Professional Edition, peringatan adanya update baru ke versi 5 mungkin akan tersedia dalam beberapa hari ke depan. Namun tetap Anda bisa mengunduhnya langsung dari pranala-pranala yang disediakan di atas.

Silakan pilih proses instalasinya, bisa dilakukan langsung (automatic update) atau pun dengan membongkar program lama dan memasang program baru (clean install). Pengunduhan mungkin memakan waktu yang lama, karena server avast akan bekerja sangat berat. Dengan seratus juta pengguna di seluruh dunia, itu berarti akan ada transfer data sebesar lebih dari 4.000.000.000 MB data dari seluruh dunia untuk mengunduh versi baru ini. Jika Anda merasa agak kesulitan, sebaiknya memang tidak buru-buru, walau saya saat menulis ini sedang mengunduh versi Pro dengan lancar. Karena versi 4.8 sendiri masih akan didukung oleh avast hingga beberapa waktu ke depan (dan itu masih cukup lama).

Iklan

11 pemikiran pada “Rilis Avast Antivirus 5 – Download Sekarang Juga!

  1. Anshorimr,

    Wah, kalau cuma disampaikan seperti itu, saya juga tidak bisa tahu kenapa. Ada banyak hal yang membuat sebuah AV tidak bisa dipasang pada komputer, harus tahu dulu, apa spesifikasi komputernya terpenuhi, apa memiliki hak admin untuk memasang peranti lunak, apa ada program lain yang menghalangi pemasangan, lalu saat gagal dipasang – pesan galat apa yang muncul.

    Jika berkenan, coba tengok ke forum.avast.com, biasanya di sana sudah ada banyak pertanyaan mengenai masalah seputar 'mengapa avast gagal terpasang di komputer kita' :).

    Suka

  2. putu thedy

    Wah seru nich.. tapi sayang nya telat, heee heee salam BBC.
    Avast memang Good, mantap. tidak menyebabkan PC lelet.
    kalau smadav + avira sering salang detect. menyebalkan……….
    setiap file .exe pasti dicurigai. warning, warning…
    lebih baik gunakan avast aja, tanpa di kawinkan dengan AV lain.

    Suka

    1. Uchan,Belum, versi Linux belum diselesaikan, kemarin masih konsentrasi untuk versi Windows; sekarang masih uji coba untuk versi OS Mac. Lagi pula kan Linux ga perlu antivirus, kecuali dual-boot mungkin 😀

      Suka

    1. Smadav itu yang pakai logo cacing hijau kan Bli? – saya kira awalnya khusus membasmi worm karena virus tipe itu yang paling sering diproduksi negeri ini :)Saya sudah install avast yang baru, sepertinya stabil di sistem saya. Sementara ini belum ada keluhan. Kecuali tampilannya yang fresh rada bikin ngerasa gaptek 😀

      Suka

      1. pandebaik

        Untuk saat ini saya menggunakan AVIRA dan Smadav. Smadav sendiri kayaknya berlogo segitiga ijo (bukan cacing deh…). Ngomong2 kalo ditambah ma AVAST bikin trouble gak ya ? 3 AV dalam satu OS… ? Mohon pencerahannya. 🙂

        Suka

        1. Bli Pande,Lalu AV lokal yang di website-nya ada cacing hijau nyengir dengan kacamata itu apa ya?Setahu saya (semoga tidak keliru), tidak masalah jika beberapa AV sekaligus dalam satu OS, namun yang bekerja real-time di memori sistem harus cuma satu, jika tidak akan crash biasanya. Apalagi banyak AV sekarang punya heauristics detection alias kemampuan mendeteksi aplikasi yang mencurigakan.Avast baru mungkin belum dikenali oleh Avira sehingga kemungkinan dia diterminasi karena gerak-geriknya mencurigakan. Di forum avast sendiri tidak direkomendasikan perpaduan antara AVIRA dan avast.Kecuali Bli Pande mungkin menonaktifkan real-time protection milik AVIRA dan SMADAV terlebih dahulu.He he, sayangnya kemungkinan trouble itu sendiri tetap ada meski dari sistem yang paling stabil sekali pun. Mungkin Bli Pande mau try and error dulu 🙂 ?

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.