Aspek Riwayat dalam Anamnesis IPM

Dalam menentukan banyak hal, mahasiswa kedokteran mungkin telah mengerti letak penting suatu anamnesis dalam kegiatan pembelajarannya sehari-hari. Berikut adalah aspek-aspek penting riwayat penderita yang menjadi dasar dalam pengembangan pemeriksaan terkait dengan keluhan atau penyakit mata.

Riwayat Keluarga:

Banyak penyakit mata bersifat herediter atau terjadi dalam tingkat insidensi tinggi dalam anggota keluarga yang sama. Contohnya meliputi kerusakan refraksi (miopi, hipermetropi), strabismus, katarak, glaukoma, retinal detachment, dan distrofi retinal.

Riwayat Medis:

Perubahan yang terjadi pada sistem okular dapat terjadi dan berhubungan dengan perubahan sistemik, kemungkinan ini harus dieksplorasi lebih dalam. Kondisi-kondisi yang mempengaruhi mata termasuk, diabetes mellitus, hipertensi, penyakit infeksi, penyakit rematik, penyakit kulit, dan pembedahan.

Penyakit mata seperti glaukoma terinduksi kortikosteroid, katarak terinduksi kortikosteroid, dan makulopati terinduksi kloroquin, dapat terjadi sebagai akibat terapi yang mempergunakan steroid, klorokuin, amiodaron, myambutol, atau klorpromazin.

Riwayat Sistem Oftalmik:

Pemeriksa harus menanyakan atau mencari tahu tentang lensa koreksi pasien, adanya strabismus atau ambliopia, kondisi-kondisi pasca trauma, dan pembedahan atau inflamasi pada mata.

Riwayat Sekarang:

Gejala apa yang membuat pasien datang ke dokter? Apakah pasien mengeluhkan gangguan lapang pandang, daya lihat, nyeri, kemerahan pada mata, ataukah penglihatan berganda? Kapan gejala ini terjadi? Adakah kaitannya dengan trauma atau kondisi lain?

Pendekatan anamnesis selayaknya didesain sedemikian rupa sehingga mampu mendukung diganosis yang baik.

Sumber: Ophthalmology – A Short Textbook | Gerrad K Lang | Thieme  – 2000.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.