Gejala Menakutkan Yang Tak Dapat Anda Abaikan

Saya berjalan-jalan ke blog WebMD dan menemukan seorang dokter yang menulis tentang beberapa gejala mengerikan yang mungkin ditemukan pada anak-anak. Tulisannya yang berjudul “Scary Symptoms You Can’t Ignore” bermula dari temuannya pada seorang anak yang dia curigai menderita leukemia. Namun tentu saja ini juga karena perhatian orang tua yang peka yang bisa menemukan gejala-gejala yang mencurigakan pada si anak.

Menurutnya kebanyakan orang tua khawatir akan diagnosis-diagnosis yang mengerikan seperti meningitis, apendisitis, leukemia. Dan mereka umumnya khawatir jika mereka melewatkan begitu saja salah satu masalah serius itu atau masalah-masalah serius lainnya, sehingga mereka tidak mencari pertolongan medis. Namun dokter ini memberikan sedikit rahasia pada kita: Anda tidak akan melewatkan apa pun!

Bagaimana ia bisa yakin? Karena setiap orang tua mengenal dengan baik anaknya lebih dari siapa pun. Orang tua menghabiskan waktu terjaga bersama si anak (bahkan terkadang pada saat-saat setengah terjaga). Anda akan tahu jika ada sesuatu yang tidak benar sedang terjadi. Sementara mungkin Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi, mungkin di sana di dalam benak anda ada suara yang mengatakan, panggil dokter segera atau segera di bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Jadi (sebagai tambahan) gejala-gejala apa saja yang perlu perhatian kita untuk segera mendapatkan pertolongan medis? Berikut beberapa dari penyakit-penyakit mengerikan tersebut dan apa yang harus Anda cari tahu:

Meningitis:

  • Demam dan nyeri kepala yang parah (gelisah dan sulit diajak bicara akan apa yang dia rasakan);
  • Cahaya mengganggu mata (mata menutup atau berkedip pada anak yang lebih kecil);
  • Kekakuan pada leher/kuduk (rasa nyeri atau tidak ingin melihat ke atas ke arah langit-langit atau melihat ke bawah pada jari-jari kaki);
  • Demam dan kebingungan atau kelelahan yang ekstrem;
  • Demam dan ruam-ruam tertentu yang disebut petekiae (titik-titik kecil yang rata dengan permukaan kulit dan berwarna kemerahan/keunguan yang menyebar di seluruh tubuh).

Dr B’s rule: If your child can look up at the ceiling, down at his toes, and isn’t bothered by the lights being on, he probably doesn’t have meningitis.

Apendisitis:

  • Nyeri yang tidak jelas di daerah perut yang menjadi bertambah parah (dan biasanya menjadi terlokalisir/menetap di bagian perut kanan bawah);
  • Nyeri perut yang bertambah parah dengan pergerakan (Dapatkan si anak lompat tanpa rasa tidak nyaman atau tanpa nyeri?)
  • Nafsu makan menurun/hilang, merasa mual dengan disertai nyeri perut;
  • Perut menegang dan nyeri jika disentuh atau ditekan;
  • Diare pada AWALNYA, kemudian muntah dan demam.

Dr B’s rule: If your child can jump up and down while he has abdominal pain, it probably isn’t appendicitis.

Leukemia:

  • Kelelahan yang ekstrem, dan kekurangan energi;
  • Pucat yang ekstrem;
  • Memar yang berlebihan atau ruam petekiae (bintik-bintik kemerahan/keunguan yang rata dengan permukaan kulit dan menyebar di seluruh tubuh);
  • Tampak pincang atau mengeluhkan nyeri pada tulang;
  • Demam yang tidak terjelaskan dan menetap;
  • Terjadi perdarahan yang tidak wajar dan bisa berlebihan.

Artikel asli oleh Ari Brown, MD.

Iklan

14 pemikiran pada “Gejala Menakutkan Yang Tak Dapat Anda Abaikan

  1. babi ngepet

    wakh bagus buanget tulisannya nih, dan juga informasi yang bagus buanget
    .-= babi ngepet´s last blog ..Best Tips to Satisfy Your Ideal Woman =-.

    Suka

  2. santidiwyarthi

    Trims infonya, pak Dokter…

    Bermanfaat banget.

    Bener… kukenal anak-anakku dan suamiku dg sangat baik, walau bukan jaminan, kenal mereka 100 %. Paling gak, jika terjadi sesuatu, aku bakal siap…

    Suka

  3. aldy

    Mas Cahya,
    Saya mungkin satu dari sekian banyak orang tua yang tidak selalu berdampingan dengan anak. Saya hanya dekat dengan mereka sampai dengan usia 6 tahun. Setelah itu terpisah jauh karena lokasi kerja saya ditengah hutan. Mereka tinggal dikota ( untuk pendidikannya ), semuanya terus terang saya percayakan sama istri. Dan saya bersyukur sampai sejauh ini semuanya berjalan baik-baik saja.

    Suka

      1. aldy

        Ach mas Cahya tahu saja. Hal yang sampai saat ini masih terjadi hubungan saya dengan putri bungsu saya, jika dia demam atau pilek, saya biasanya merasakan hal yang sama.

        Suka

  4. dani

    Aturan pertama, selalu, jangan panik! 🙂
    Biar dikata sudah paham, keluarga dokter spesialis pun bisa panik merujuk gejala-gejala serupa di atas. Paling aman, untuk masyarakat awam: konsultasikan dengan dokter keluarga anda.
    .-= dani´s last blog ..Usable eHealth Interfaces =-.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.