Antispam untuk Mesin Blog WordPress

Salah satu yang mengesalkan bagi pemilik blog (walau tidak semua tentunya) adalah adanya spam yang masuk ke dalam komentar blog. Tiap narablog memiliki sendiri kategori untuk keparahan tingkat spam di blog mereka masing-masing. Ada banyak cara untuk menangani masalah ini, secara amatir (since I am an amateur) cara-cara menahan spam di sistem komentar blog wordpress.

Biasanya digunakan pengaya (plugin) pada blog wordpress. Namun pilihan plugin ini sendiri ada banyak, dan masing-masing orang bisa menggunakan sesuai dengan seleranya.

Pertama-tama, Anda dapat menggunakan sistem CAPTCHA, ini sudah pernah saya tulis sebelumnya di “CAPTCHA di blog WordPress, Perlukah?” Namun tidak semua orang menggemari CAPTCHA, jika saya sendiri masih mengaktifkan sistem CAPTCHA di blog ini, namun tidak pada bagian komentar, hanya untuk beberapa bagian yang memerlukan perlindungan secara spesifik. Selain CAPTCHA, mesin yang berguna untuk membedakan antara manusia dan komputer adalah teknik “Math Anti-Spam” – contohnya bisa dilihat di Blog Dani Iswara, jika pun masih diterapkan pada sistem komentarnya.

Kemudian bisa menggunakan plugin antispam yang lebih sederhana, seperti pasang dan lupakan (tapi jangan lupa diupdate). Ada beberapa plugin yang dapat kita pilih.

Akismet

Akismet adalah antispam asli bawaan mesin blog wordpress (lihat hompage atau wordpress plugin directory), plugin ini termasuk yang paling banyak digunakan oleh pemilik blog wordpress, dan sebagian besar penggunanya sepakat bahwa ini plugin wajib yang mesti ada di blog kita.

Menangkap spam dan menghapus beberapa secara langsung atau menahan beberapa yang dicurigai sebagai spam (menghindari false positive). Plugin ini perlu API key dari WordPress.com, sehingga pengguna perlu memiliki akun di wordpress.com.

Akismet termasuk plugin antispam yang mendukung banyak fitur plugin lain, seperti penahan spam pada buku tamu (guestbook) atau formulir kontak (contact form), sehingga Anda yang menggunakan akan merasa cukup nyaman dan mudah. Akismet juga ramah terhadap CATPCHA, jadi mereka bisa menggunakan CAPTCHA bersamaan dengan plugin ini.

Akismet checks your comments against the Akismet web service to see if they look like spam or not and lets you review the spam it catches under your blog’s “Comments” admin screen.

WP-SpamFree

WP-SpamFree Antispam mungkin plugin terpopuler kedua setelah akismet (kunjungi homepage atau halaman plugin directory wordpress). Plugin yang satu bekerja seperti firewall, menghapus secara virtual semua bots spam dan menambah ke query komentar yang menyerupai spam.

Plugin ini juga diperkaya dengan fitur whitelist dan blacklist (termasuk untuk kata-kata, alamat IP, surat elektronik), jika Anda memilih ingin memnyaring komentar berdasarkan fungsi ini, maka plugin ini adalah pilihan tepat. Plugin ini dapat bekerja walau akismet juga digunakan. Bisa juga menghapus trackback dan pingback dari blog spam.

WP-SpamFree didesain untuk menggantikan fungsi CAPTCHA, jadi tidak disarankan menggunakan CAPTCHA bersamaan dengan plugin ini, atau bisa terjadi galat pada sistem komentar wordpress.

Saya menggunakan WP-SpamFree bersamaan dengan akismet pada blog ini, jadi saya menggunakan akismet sebagai bari pelindung depan, dan jika akismet gagal (karena sering kali demikian menurut saya), maka WP-SpamFree akan menghabisi spam yang lolos dari akismet. Yah, saya suka aroma spam yang hangus di pagi hari, ha ha…, sekarang sedang menikmati hari-hari tanpa spam. Tapi tidak tahu juga sih ke depannya.

An extremely powerful WordPress anti-spam plugin that eliminates blog comment spam, including trackback and pingback spam. Finally, you can enjoy a spam-free WordPress blog! Includes spam-free contact form feature as well.

Comment spam has been a huge problem for bloggers since the inception of blogs, and it just doesn’t seem to go away. The worst kind, and most prolific, is automated spam that comes from bots. Well, finally there is an anti-spam plugin for WordPress that provides an effective solution, without CAPTCHA’s, challenge questions, or other inconvenience to site visitors. WP-SpamFree eliminates automated blog comment spam from bots, including trackback and pingback spam.

Beberapa antispam hanya berdiri sendiri, bahkan akan konflik jika dipasang bersamaan dengan antispam lainnya. Plugin-plugin tersebut antara lain: Defensio AntiSpam, NoSpamNX, spam-stopper, Antispam-bee, Bad Behaviour.

Dan masih ada banyak lagi plugin serupa untuk blog wordpress, intinya ketika memilih plugin antispam adalah:

  1. Ada pembaharuan dari penyedia atau pembuat plugin;
  2. Memiliki support center yang baik, dan diskusi yang baik antara pengguna dan pembuat;
  3. Memiliki kepercayaan yang tinggi, banyak digunakan (populer) dan dinilai baik (high rated);
  4. Dapat berfungsi tanpa galat di blog kita.

Nah, setidaknya dari sekian banyak plugin, pastilah kita menggunakan satu atau dua di antaranya.

22 tanggapan untuk “Antispam untuk Mesin Blog WordPress

  1. wah, saya punya kendala dgn salah satu blog yg saya kelola. Pas dimasukan wp api key, tetap saja galat. Jadi apa boleh buat, saya sedang mencari anti spam yg tanpa api key.

    Suka

    1. Rasanya kalau punya kemampuan seperti Mas Ganda, tidak perlu banyak plugin deh, atau tidak perlu plugin sama sekali?

      Bisa mengkode sendiri mesin wordpress-nya, kalau saya mesti bergantung sama plugin 😀

      Suka

  2. Wah, rekomendasinya pas banget buat blog baru WP saya mas. Saya mau coba plugin yg mas sarankan di atas. Thx ya buat informasinya.
    .-= iskandaria´s last blog ..4 Trik Menghindari Copas Mentah yang Bisa Anda Praktekkan =-.

    Suka

  3. kalo begini artinya juga spam … hihihihihi gak enak terindikasi jadi spam :p
    undefined bad juju just happened, click the red arrow here –>show more

    Suka

    1. Suzan,

      Kalau yang seperti ini sih bukan spam, coba tengok wikipedia, jika tidak salah pengertian spam:

      penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web.

      Btw, kena bad juju dari commentluv ya?, mungkin perlu daftar jadi member untuk menghilangkan bad juju warning-nya di Comluv 🙂

      Suka

      1. Blogspot saya juga kena bad juju setelah dimigrasi ke WP. Padahal saya cuma mau ujicoba migrasi dan masih pengen mempertahankan blogspot. Ternyata feed-nya jadi error 😐
        .-= iskandaria´s last blog ..4 Trik Menghindari Copas Mentah yang Bisa Anda Praktekkan =-.

        Suka

        1. Iskandaria,

          Apa Iskandaria member comluv.com, nanti coba dicek di bagian member, atau pas peringatan bad juju klik panah merah di samping pesan error, nanti ada pesan mengapa timbul bad juju.

          Biasanya sih karena tiga kali feed error maka server comluv.com akan memasukkan sindikasi itu ke dalam sindikasi bermasalah. Jadi ditolak oleh comluv.com untuk ditampilkan.

          Saya pernah mengalami feed error terus akhirnya minta sama Andy Bailey – pemilik comluv.com untuk membersihkan chace atau apa pun yang bermasalah.
          .-= Cahya´s last blog ..Yang Mengejutkan dan Menarik dari Bersin =-.

          Suka

        2. Hmm, saya sudah jadi member comluv kok mas. Sarannya nanti saya cobain ya. Thx berat. Siapa tau manjur buat perbaikan feed yang error tersebut 🙂

          Suka

        3. Oh ya, kemungkinan juga ada masalah di server blog, dulu saya pakai server ID IIX yang berlokasi di Indonesia, dan sering terjadi galat ketika memakai plugin/aplikasi yang meinta API dari server luar.

          Akhirnya saya pindah server untuk mengatasi masalah ini. Coba ditanyakan juga pada pihak hosting-nya. Saya dulu pernah menuliskan hal ini di: Memindahkan Server Blog.

          Suka

  4. Komentar spam memang bikin repot apalagi yg bebrbahasa asing dan berbau promosi. blog sy WP jadi otomatis sdh memasang plugins AKsismet yg terbukti efektif menangkal spam comment…
    Terimakasih telah berkenan Berbagi Kata Bersama

    Suka

    1. Mungkin repotnya karena saya tidak mau menghabiskan waktu membedakan antara spam dan komentar asli. Makanya saya menggunakan 2 lapis antispam, seperti saya menggunakan firewall 2 lapis 2 arah di OS Windows yang saya gunakan.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.