Yang Mengejutkan dan Menarik dari Bersin

Jadi siapa yang tidak pernah bersin hingga saat ini? Mungkin Anda perlu memeriksakan diri ke petugas kesehatan 🙂 – karena bersin adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh. Namun ternyata bersin tidak selalu sesederhana yang kita pikirkan, ada hal-hal yang menarik yang bisa ditilik sejenak dari si bersin ini. Semisal pernahkah Anda bertanya seberapa cepat bersin menyebar? Apakah sengatan matahari dan seks bisa menyebabkan Anda bersin-bersin? Ya, ada banyak fakta-fakta aneh tentang bersin yang saya temukan ketika saya berjalan-jalan ke situs favorit saya yang berslogan “Better Information. Better Health”. Di situ ada sebuah artikel berjudul, “11 Suprising Sneezing Facts”.

Fakta Seputar Bersin

  1. Bersin dimulai dari persarafan Anda. Secara mendasar “rangka bangun” sistem saraf setiap orang sama, namun sinyal-sinyal yang berjalan/melintas dapat mengambil jalur-jalur yang sedikit berbeda ke dan dari otak, hal ini menghasilkan skenario bersin yang berbeda-beda pada orang-orang. Jika ada sesuatu di hidung Anda yang ingin dikeluarkan tubuh, sistem saraf akan memberi tahu otak anda untuk segera bersin.
  2. Bersin membantu tubuh anda tetap aman. Bersin merupakan sistem pertahanan tubuh, melindungi tubuh dengan membersihkan hidung dari bakteri dan virus. Ketika ada sesuatu yang “asing” memasuki hidung anda, Anda akan menjumpai picu yang mengaktifkan “pusat bersin” di otak anda – berlokasi di batang otak bagian bawah – sinyal dikirimkan dengan super cepat untuk menutup dengan rapat tenggorokkan, mata dan mulut. Kemudian otot-otot dada Anda berkontraksi dengan luar biasa, tetap sesaat setelahnya dengan cepat otot tenggorokkan anda berelaksasi. Hasilnya – udara, bersama air ludah dan lendir-lendir dilontarkan keluar dari mulut dan hidung. Yup, Anda sudah bersin – tidak percaya, cobalah sendiri 🙂
  3. Bersin yang amat cepat. Tahukah Anda bahwa bersin bisa melaju hingga 100 MPH (161 km/jam)? Bahkan melontarkan lebih dari 100.000 kuman ke udara.
  4. Mencabuti alis anda bisa memicu bersin. Mencabut bisa memicu suatu saraf di wajah Anda yang menyuplai jalur nasal/hidung, hasilnya Anda akan bersin.
  5. Anda tidak bersin saat tertidur. Ketika Anda tidur dapat dikatakan “saraf bersin” juga ikut tertidur, yang artinya secara umum Anda tidak akan bersin selama tertidur.
  6. Kerja keras bisa menyebabkan bersin. Olah raga atau kegiatan berat bisa membuat Anda bersin. Anda mengalami hiperventilasi (apa itu hiperventilasi?) ketika Anda bekerja berlebih dan berkeringat dalam jumlah yang banyak, hasilnya, hidung dan mulut anda mulai kekeringan. Kemudian hidung anda bisa bereaksi dengan mulai memproduksi lendir sehingga Anda bisa merasa ingin bersin.
  7. Rangkaian bersin terpanjang. Rekor rangkaian bersin terpanjang pernah tercatat selama 978 hari yang dipegang oleh Donna Griffiths dari Worcestershire, Inggris.
  8. Sengatan matahari membuat Anda bersin. Matahari yang terik membuat satu dari tiga orang bersin-bersin, orang yang bersin karena cahaya matahari disebut “fotik/photic” – berasal dari kata Yunani yang berarti sinar. Bahkan sifat ini merupakan salah satu ciri yang diwariskan – yah, satu hal lagi yang bisa disalahkan pada orang tua anda jika Anda mengalaminya (I hope you not do that).
  9. Seks bisa menjadi pemicu bersin. Apakah aktivitas seksual anda memicu bersin? Atau lebih sering bersin dari sewajarnya? Peneliti percaya bahwa stimulasi pada sistem saraf parasimpatis memicu sinyal pada beberapa orang untuk tidak hanya menikmati aktivitas seks namun juga bersin ketika itu usai.
  10. Hewan yang bersin. Iguana adalah hewan yang lebih sering bersin dibandingkan hewan lainnya. Proses pencernaan mereka menghasilkan beberapa jenis garam secara normal, dan ini disingkirkan melalui bersin. Jika Anda memelihara Iguana, mungkin Anda akan memerlukan tisu dalam jumlah besar.
  11. Bagaimana menghentikan bersin? Tidak ada yang tahu pastinya, dan tidak ada pembuktian medis yang cukup kuat untuk masing-masing metode. Namun cobalah untuk memencet/menutup ujung hidung Anda dan bernapaslah yang dalam melalui mulut.

Mitos Seputar Bersin

Mengesampingkan fakta-fakta aneh bersin, ada beberapa keyakinan tentang bersin yang hanya tidak benar.

Sebagai contoh, itu tidak benar bahwa jantung Anda berhenti ketika Anda bersin. Ketika kontrak dada karena bersin, aliran darah Anda sesaat sesak juga. Akibatnya, irama jantung Anda mungkin berubah, tapi jelas tidak berhenti.

Dan bola mata Anda tidak bisa muncul dari kepala Anda ketika Anda bersin. Kebanyakan orang secara alami menutup mata mereka ketika mereka bersin, tetapi jika mereka mampu membuat mereka tetap terbuka, mata mereka tetap tertanam kuat di kepala mereka di mana mereka berada. Sementara tekanan darah orang di belakang mata mungkin akan menambah sedikit ketika dia bersin, itu tidak cukup kuat untuk mengusir bola mata dari kepala.

Ada banyak cerita rakyat lain tentang bersin, termasuk gagasan bahwa jika anda bersin, perusahaan akan datang, dan jika kucing Anda bersin, itu akan hujan.

Adapun banyak orang mengatakan memperoleh berkat setelah seseorang bersin, mungkin karena asal kata Yunani untuk bersin adalah “pneuma,” yang berarti “jiwa atau roh.” Sebuah berkah pasca-bersin berasal dari kepercayaan kuno bahwa bersin adalah pengalaman mati suri, dan bahwa berkat akan mencegah jiwa atau bersin anda melarikan diri dari tubuh Anda dan akan menghalangi setan masuk dalam.

Nah, apakah ada lagi mitos dan fakta bersin di seputaran anda?

Iklan

36 Comments

  1. Gilak,,,
    gimana ya rasanya bersin sampai segitu banyak,,,
    sedangkan 10 kalee aja berturut-turut, rasanya udah sakit banget, sampai keluar air dari hidung (setelah itu langsung sakit),,,
    nggak kebayang dech…
    .-= san´s last blog ..Lagu untuk hari Valentine =-.

    Suka

    Balas

  2. -ada karakter orang berdasar cara bersin
    -bersin itu nular, sama kayak nguap ngantuk, satu nguap yang lain nguap deh.
    Itu mitos apa fakta ya mas? *ditanya malah nanya 😀
    .-= wigati´s last blog ..Diburu Rindu =-.

    Suka

    Balas

    1. Wigati,

      Apakah cara bersin seseorang bisa menentukan karakter? Pastinya saya tidak tahu. Tapi sekadar, menulis, mungkin ada yang pernah menulisnya di “The Way You Sneeze Defines Your Character.”

      Kalau bersin nular, yang itu rasanya mitos, tapi kalau latah nular, itu kayanya mungkin hanya di Indonesia 😀
      .-= Cahya´s last blog ..Seputar Pemeriksaan HBV =-.

      Suka

      Balas

  3. yang paling menarik bagi saya adalah point no. 9, sayangnya saya belum pernah melakukannya.. hahaha 😀
    .-= adiarta´s last blog ..Tips Memberi Cinderamata Buat Orang Tersayang =-.

    Suka

    Balas

    1. Julie,

      Salam kenal ya 🙂

      Mungkin kalau reseptor jika boleh saya ralat sedikit, rasanya tidak ada yang reseptor khas alergi, yang ada reseptor fisika (tekanan, suhu, dll), kimia (rasa, lapar, gula darah, dll), atau resopter spesifik seperti reseptor nyeri.

      Tapi jika rangsangan pada reseptor menimbulkan/memicu mekanisme berlebih, maka muncullah reaksi alergi. Mungkin begitu ya maksudnya Julie 😉

      Suka

      Balas

  4. Wah jadi nambah Ilmu baru lg nih, btw kalo orang yg lg kena flu, gimana?? Bersinnya pasti gak sehat dong yaa.

    Sallam Kenal’
    Rafi 😎

    Suka

    Balas

    1. Rafi,

      Salam kenal juga 🙂

      Ya, kalau flu pastinya seperti yang kita sering lihat sehari-hari kalau musim hujan. Bagusnya kalau hanya flu biasa, akan segera pulih jika kondisi tubuh membaik.

      Suka

      Balas

  5. Yang pasti jika ada rasa ingin bersin tetapi tidak jadi, ada rasa tidak nyaman dihidung. Jika sudah bersin ada perasaan lega.
    Ada kaitan langsung antara sinusitis dengan bersin yang berkepanjangan Mas Cahya ?
    .-= aldy´s last blog ..Jangan dibaca, karena tidak penting. =-.

    Suka

    Balas

    1. Pak Aldy,

      Karena bersin secara normal (fisiologis) memang tubuh hendak mengeluarkan sesuatu dari hidung. Jadi sebaiknya memang tidak ditahan, namun juga tidak terlalu dipaksakan, jadi yang natural saja.

      Kalau bersin yang wajar, biasanya hanya terjadi sesekali saja, dan tidak sering. Jika bersin terjadi terus menerus atau berkepanjangan, kemungkinan ada sesuatu yang tidak wajar. Dan saya rasa cukup bijakasana bagi kita untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

      Peradangan sinus (sinusitis) ada banyak penyebabnya, dan memang salah satu yang bisa memicu sinusitis adalah bersin yang salah (dipaksakan) atau yang kronis.

      Lebih banyak dijelaskan di artikel “Acute Sinusitis and Treatment Strategy“.

      Suka

      Balas

    1. Rian,

      Memang ada orang-orang yang pilek menahun, kadang dengan rhinitis yang berkepanjangan dan bertambah parah pada musim-musim tertentu.

      Kadang kita perlu mencari tahu apa yang memicunya dan bagaimana menghindarinya serta bagaimana meringankan gejala yang sudah ada.

      Apa sudah dikonsultasikan ke dokter untuk mencari tahu bagaimana solusi yang baik?

      Suka

      Balas

      1. Kayaknya ada hitungan kasar jumlah bersin yang patologis. cmiiw 🙂

        [OOT] Wah yang tombol reply itu strukturnya ternyata dah sama dengan blog lain. Saya yang salah tadi. Tapi kok tetap beda hasil. Give up juga ah.
        .-= dani´s last blog ..Indonesia Pharmacy in Web 2.0+ =-.

        Suka

        Balas

        1. Dokter Dani,

          Ada ya yang untuk bersin patologis? Biasanya jika bersin sedemikian hingga mengganggu aktivitas harian sudah bisa disebut tidak sehat?

          [OOT] Bagian komentar biar saja demikian 🙂 – Btw, yang ini tidak pending.

          Suka

        2. Biasanya sneeze-count dipakai waktu penelitian.

          [OOT] walau dah lolos si aki memet, ini coba pake surel yang beda. 🙂
          .-= dani´s last blog ..Indonesia Pharmacy in Web 2.0+ =-.

          Suka

  6. Bersin juga sering dikaitkan sebagai pemicu kekambuhan nyeri kepala serupa migren, kejang, hernia, dan stroke. Mirip dengan logika batuk yang meningkatkan tekanan intra-abdominal, intratorakal, intrabronkial, intrakranial. Merembet lah terus kemana-mana. Entah jika ada yang baru di penelitian lain. 🙂

    Untuk pasien batuk kronis biasanya ada tips posisi badan yang baik saat batuk. Kalo bersin ada ngga ya?
    .-= dani´s last blog ..Medical Googler, Cyberchondriacs, or e-Patient for Online Health Info Seeker =-.

    Suka

    Balas

    1. Iya Dok, mekanisme tekanannya dalam tubuh mirip sama batuk, jadi masalah kesehatan yang sudah ada yang bisa dimunculkan atau diperburuk dengan batuk juga akan berefek serupa dengan bersin – jadi ingat stase THT.

      Kondisi yang baik, mungkin ikut panduan tidak resmi di How to “A-choo” Safely”:

      Lean back slightly, placing a hand behind your back for support.
      When you sneeze or cough, bend your knees slightly.
      You can also (instead of above) stand up straight against a wall or door to keep your back from lurching forward when you sneeze or cough.

      Suka

      Balas

      1. Tulisan di ezine itu sepertinya mengambil konsep olahraga/fisiologis/ergonomis rileksasi tulang punggung. Mungkin tidak berhubungan dengan perubahan tekanan di organ dalam. cmiiw

        [OOT] Tombol ‘reply’-nya reloading.
        .../?replytocom=1383#respond
        Harusnya kan langsung jump ke borang komentar. Sepertinya perlu meletakkan elemen semacam <h2 id="respond"> di heading borang komentar. cmiiw 🙂
        .-= dani´s last blog ..Medical Googler, Cyberchondriacs, or e-Patient for Online Health Info Seeker =-.

        Suka

        Balas

  7. bersin, ketika setan keluar dari tubuh hahahhahaha …. 😀
    kucingku suka banget bersin kalo dingin, jadi mikir koq kayak manusia aja

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.