Memperkaya Langgan Blog Via Email di Feedburner

Siapa yang tidak kenal feedburner? Rerata narablog yang sudah cukup lama malang melintang di blogsphere pasti mengenal layanan pembakar RSS Feed (pengumpan sindikasi) ini.

Banyak fasilitas baru yang kini disediakan feedburner termasuk update status via twitter jika ada sindikasi terbaru dari publikasi blog, ini bermanfaat bagi pengguna blog di blogspot/blogger.com untuk memberitahu adanya posting artikel terbaru di blog mereka – karena tidak seperti wordpress yang memiliki sistem ini terintegrasi atau pun dengan memanfaatkan pengaya tertentu.

Blog anda belum tereintegrasi dengan layanan feedburner? Silakan mengikuti petunjuk bagaimana mengintegrasikannya, Anda dapat membacanya di “Cara Daftar Blog ke Feedburner” atau “Cara Burning Feed Blog di Feedburner”.

Sekarang kita akan bahas mengenai sistem pengayaan langgan update blog via surel (email). Seperti yang saya sampaikan sebelumnya saya lebih suka mengikuti pembaharuan suatu artikel blog melalui surel. Karena saya tidak perlu mengakses ke pembaca sindikasi seperti Google Reader untuk mengetahui adanya update, karena sering kali Google Reader sulit dibuka apalagi jika ada banyak pembaharuan dan koneksi internet yang lambat.

Pertama, masuk ke dashboard/admin feedburner sesuai blog yang ingin Anda setel. Di pita atas ada banyak pilihan seperti analyze, optimize, publicize, monetize. Pilihlah publize, karena pengiriman via surel adalah bagian dari publikasi. Kemudian di bilah samping kiri, pilih email subcription.

Dashborad ? Publize ? Email Subscriptions

Manajemen Langganan

Bagian pertama adalah “subscription management”, fungsi ini harus diaktifkan, ada di bagian bawah. Kemudian ada kode yang bisa disalin-tempel pada sidebar blogspot atau widget wordpress.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Di atas adalah contoh jika Anda menggunakan kode ini di template blog anda, sebuah formulir yang bisa diisi dengan alamat surel guna berlangganan blog. Atau Anda bisa menggunakan tautan untuk menuju halaman pengisian formulir, contohnya bisa dilihat di bagian bawah blog ini atau klik taut formulir berlangganan via surel.

Pengaktifan fungsi ini akan memberikan fungsi dasar dari sistem berlangganan via surel di feedburner.

Preferensi Komunikasi

Bagian ini diaktifkan jika Anda ingin mengubah beberapa setelan komunikasi dari sistem asli/default. Ada tiga bagian yang harus diisi:

  1. Email “from” address: Ini adalah alamat surel yang akan ditunjukkan pada pelanggan saat ia menerima konfirmasi pengaktifan langganan via surel. Intinya ini berfungsi memberitahukan pada pelanggan, alamat surel dari admin blog, silakan isi dengan alamat surel anda atau alamat khusus yang Anda buat untuk admin blog. Aslinya akan berisi alamat surel akun Google anda.
  2. Confirmation Email Subject: Bagian ini berisi subjek surel yang akan dibaca saat melakukan konfirmasi aktivasi. Ketika seorang mengajukan kueri untuk berlangganan, ia akan menerima surel konfirmasi bahwa memang benar dialah yang meminta untuk berlangganan. Semisal saya akan mengisi dengan “Mohon Aktivasi Langganan [nama blog]”.
  3. Confirmation Email Body: Bagian ini berisi pesan yang akan dibaca calon pelanggan saat aktivasi. Anda bisa memberikan alasan mengapa konfirmasi diperlukan, dan lain sebagainya – semisal syarat berlangganan. Namun jangan lupa menambahkan taut konfirmasi dengan menambahkan kode: ${confirmlink} dan simpan setelan setelahnya.

Email Branding

Ini adalah bagian di mana Anda bisa menambahkan beberapa item ketika sebuah notifikasi update dikirim ke pelanggan-pelanggan anda.

Subyek atau judul surel biasanya diisi dengan “nama blog” anda di mana setelahnya dapat ditambahkan kode: ${latestItemTitle} yang membuat format subyek surel menjadi: [nama blog] – [judul posting terbaru].

Logo blog juga dapat ditambahkan dengan menyediakan alamat URI/URL di mana logo itu berada. Ini akan memberikan label pada surel notifikasi.

Lain-lain Anda juga bisa melakukan perubahan pada jenis dan besar huruf yang akan digunakan, termasuk warnanya. Akan disediakan kolom pratampil guna melihat hasil pengubahan yang Anda lakukan. Jangan lupa setelah selesai setelan disimpan atau diaktifkan jika belum diaktifkan.

Pilihan Pengantaran

Bagian ini memberikan pengelola untuk memberikan opsi pengantaran, jadi kapan surel notifikasi update artikel dikirimkan kepada para pelanggan.

Pertama menentukan dulu zona waktu yang digunakan, karena kita di Indonesia, maka semisal kita ingin menggunakan zona waktu WIB maka pilihlah timezone GMT+7 (atau waktu yang umum digunakan di Bangkok, Hanoi dan Jakarta).

Kemudian menentukan jam pengantaran. Ini sebaiknya ditentukan dengan melihat kapan biasanya kita melakukan publikasi blog. Semisal saya secara melakukan penjadwalan untuk terbitnya tulisan baru secara otomatis setiap dini hari antara pukul 00.00 – 02.00 (silakan membaca kembali: “Mengelola Publikasi Blog Terjadwal”), maka saat yang baik untuk mengirim surel adalah sekitar 2-4 jam berikutnya, sehingga saya memilih jadwal pengiriman antara jam 03.00 – 05.00 pagi. Jika ada yang suka sarapan pagi dengan blog, pastinya mereka sudah menerima artikel terbaru saya di kotak surat mereka.

Sebenarnya pilihan ini tidak harus ada, wordpress.com misalnya sudah memiliki opsi terintegrasi untuk notifikasi pembaharuan via surel. Namun jika ada yang memerlukan, saya rasa seorang narablog layak untuk menyediakannya.

Berikut adalah contoh gambar untuk surel yang diterima oleh pelanggan:

Contoh Publikasi Update via Surel

Silakan klik di sini untuk melihat ukuran penuh.

Iklan

15 pemikiran pada “Memperkaya Langgan Blog Via Email di Feedburner

    1. Pak Aldy,
      ganti template mungkin bikin suasana lebih segar, tapi mesti bergulat lagi dengan banyaknya setelan yang harus dikembalikan 😦

      Saya pingin ganti template tapi bener-bener males kalau harus menyetel banyak bagian dari awal. Apalagi nambah-nambah kode luar, seperti feedburner.

      Suka

  1. lumayan ribet juga Pak..kebetulan saya baru aja coba berhubung sayahnya lapar, jadi blank malah salah kaprah okelah saya coba lagi ya 😀

    selamat berakhir pekan

    salam hangat

    Suka

    1. Jun,

      Ini karena sedang mencoba, tapi sistemnya masih tidak aksesibel penuh. Coba disable images, kalau di firefox dengan plugin web developer kalau di Opera bisa langsung, opsinya ada pojok kanan bawah.

      Terus coba publikasikan satu komentar via ID dengan kondisi disable images, pasti tidak bisa 😀

      Yah, masing-masing plugin ada kelemahannya.

      Suka

    1. San,

      Yang menggunakan bookmarks lebih sederhana, tapi tidak semua bookmarks itu semantic secara web (meminjam istilah para desainer web – entah benar, entah tidak). Lagi pula feedburner bisa mengurangi jatah bandwidth bulanan dari penarikan feed oleh aplikasi luar, karena bebannya dialihkan ke server milik google dan bukan di server blog kita. Jadi ada beberapa keuntungan, tapi ada juga kelemahannya. Masing-masing orang punya pengalaman yang berbeda 🙂

      Suka

  2. isnuansa

    Saya berlangganan blog melalui Bloglines, Bli. Tapi memang pengantarannya agak terlambat, jadi susah mengejar 'pertamax', hehehe…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.