Membagi Desktop Dengan Acer GridVista

Saya beberapa waktu yang lalu ditanyakan apakah mungkin Windows Vista memiliki fitur Aero Snap yang ada di Windows 7? Lalu saya sendiri bertanya apa itu fitur Aeor Snap, maklumlah karena saya tidak pernah menyentuh Windows 7 (tidak sanggup membeli). Lalu saya mendapatkan penjelasan bahwa fitur ini bisa membagi area kerja di dekstop menjadi beberapa ruang sesuai yang kita inginkan.

Fitur ini bisa membantu orang mengerjakan terjemahan dari satu jendela ke jendela lainnya, mungkin sembari menonton video atau TV di sudut monitornya yang kecil. Lalu saya digambarkan di kertas bagaimana fitur ini bekerja.

Awalnya cukup kaget, karena ternyata fitur ini sebenarnya ada di notebook saya yang menggunakan sistem operasi Windows Vista. Ya, fitur ini sudah ada dengan nama Acer GridVista yang dibawa langsung dalam setelan pabrikan bersama dengan notebook Acer TravelMate 6293 saya.

Gambar di atas adalah contoh AcerGrid Vista di notebook saya, berfungsi memilah area kerja menjadi beberapa bagian – di atas adalah contoh desktop yang dibagi ke dalam 3 area kerja. Pada gambar area kerja satu ditempati , sedangkan Mozilla Thunderbird sedang digeser ke area kerja 2 sementara ia menjadi transparan selama penggeseran.

Dalam Acer GridVista area kerja bisa diubah sesuai dengan keperluan kita, apakah 1, 2, 3 atau 4 area kerja. Jika mengerjakan beberapa program perkantoran sekaligus, maka sistem ini mungkin bisa membantu kita dengan baik dalam monitor tunggal.

Saya tidak tahu apakah notebook keluaran vendor lain memiliki program dengan fungsi serupa. Namun jika ingin mendapatkannya, peranti lunak satu ini juga disediakan dalam bentuk freeware (gratis), dan bisa diunduh di Softpedia.

Apa hanya Acer GridVista yang bisa melakukan fungsi semacam ini (seperti fitur Aero Snap di Windows 7), mungkin tidak, karena saya menemukan beberapa program serupa. WindowSpace dan WinSplit Revolution mungkin adalah opsi-opsi yang lainnya.

Untuk keterangan lebih banyak, silakan membaca WindowSpace dan WinSplit Revolution di AskVG. Artikel ini cukup memberikan keterangan yang terperinci.

Iklan

14 pemikiran pada “Membagi Desktop Dengan Acer GridVista

  1. wigati

    :)..saya pakai vista cuman seminggu, terasa berat, downgrade deh, dan sampai sekarang belum tau windows 7.. yang saya tau, mas cahya punya http://www.legawa.com, dan itu kerennn banget, keliatan profesional&berisi..sukses ya mas

    Suka

    1. Wigati,Kalau begitu coba Windows 7 – katanya sih lebih ringan. Kalau pengalaman saya di laptop lama, pas saya beli Vista Genuine buat menggantikan XP bajakan saya, malah komputernya jalan lebih mulus dan lebih ringan 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.