Membuat Blog di TypePad

Selain blogspot (blogger) dan juga wordpress, masih banyak penyedia jasa blog lainnya. Salah satunya adalah typepad. Karena tidak begitu banyak mengenal mesin blog yang satu ini, saya mencoba bereksperimen dengan membuat satu blog di situ.

Ada dua pilihan dalam membuat blog di typepad, pertama memilih versi pro atau kedua memilih versi micro. Kedua versi mendukung publikasi teks, gambar dan video baik dari web, surel maupun telepon seluler, perbedaannya adalah ruang penyimpanan (storage) pada pro tidak dibatasi sedangkan pada micro terbatas 3 GB, tema blog pada pro mencapai 100 sedangkan pada micro hanya diizinkan 3 saja. Fitur pada pro yang tidak terdapat pada micro adalah kontrol total pada desain blog dan dukungan per orang.

Pertama saya masuk ke halaman beranda typepad di www.typepad.com, di sana ada pilihan apakah akan memilih (mencoba) pro atau micro. Saya tidak tertarik pada yang pro, jadi saya ikut yang micro saja kali ini. Saya memilih opsi “create microblogging now”.

Saya kemudian dibawa ke halaman pendaftaran (halaman masuk bagi yang sudah menjadi anggota), pendaftaran bisa menggunakan alternatif akun jejaring sosial seperti facebook, twitter, google, myspace, yahoo!, AOL/AIM, blogger, live journal, dan sebagainya – namun kali ini saya memilih membuat akun baru saja.

Antarmuka Pendaftaran Blog TypePad

Saya memasukkan nama saya, alamat surel dan sebuah kata kunci. Setelah itu halaman selanjutnya adalah halaman personalisasi. Di mana saya bisa memilih desain blog (termasuk menggunakan gambar saya sendiri), mereka akan menyesuaikan desain secara otomatis. Kemudian saya juga mengisi nama tampilan, dan subdomain yang akan menjadi alamat URL blog saya. Kemudian baru saya masuk ke halaman dashboard.

Karena koneksi internet yang lemot, saya tidak bisa melanjutkan lagi ke tahap selanjutnya. Tapi rasanya tidak akan susah. Apa ada yang memiliki blog di typepad? Bolehlah berbagi kesan-kesannya.

Iklan

13 Comments

  1. Buat anak kok coba-coba 😀

    JIahh… kemarin pernah ke sono, tapi saya bukannya gak mau coba nanti takutnya gak keurus mas 😀

    Suka

    Balas

  2. hmm. .
    sudah pernah mencoba tumblr? 🙂
    saya rasa mirip dengan wp, tp terkesan lbih ‘manis’ untk d lhat. . 😀

    pilihan temanya pun beragam, bahkan ada direktori tema untuk penggiat aktivitas tertentu seperti pemusik, seniman, dan lainnya.

    Suka

    Balas

    1. p0et,

      Saya punya akun tumblr kok, memang lebih manis – tapi bedanya tumblr tidak punya pengkategorian pos, tapi ini yang justru memberikannya nilai kebebasan dalam berkreasi/menulis/mengaplikasikan sesuatu.

      Awalnya tumblr tidak dilengkapi dengan sistem komentar, tapi untungnya bisa ditambahkan. Saya mencoba dengan IntenseDebate (contoh di sini) dan DISQUS (contoh di sini) – tampaknya ternyata lebih cantik pakai DISQUS he he (maaf), mungkin karena memang punya kerja sama dengan Tumblr ya…

      Mesin Tumblr juga terkesan lebih ramah akses dibandingkan dengan TypePad 😀

      Suka

      Balas

  3. Pernah juga mampir disana, tapi belum sempat bikin blogx krn saat itu masih aktif di wp dn blggr. Bila melihat preview sepintas, ada baikx mencoba microblogging sbg pengalaman baru. Terimakasih infox tlh menambah khasanah dlm ngeblog.

    Suka

    Balas

    1. TuSuda,

      Saya hanya sekadar mencoba Dok, mungkin penasaran saja, tapi saya rasa akun-nya tidak akan saya gunakan juga kecuali memberi komentar di blog serupa. Lagi pula mesin TypePad juga terkesan agak berat, tapi tidak tahu untuk edisi profesional-nya yang berbayar.

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.