Kejutan Con Te Partirò

Malam ini saya sengaja meluangkan waktu menyalakan televisi sesaat. Karena beberapa hari yang lalu tidak sengaja saya menonton sebuah iklan yang begitu menarik perhatian saya. Dan tidak sia-sia sebenarnya saya menunggu, walau saya sesungguhnya tidak begitu menyukai acara yang saya tonton – well, saya juga tidak begitu menyukai acara-acara televisi kebanyakan yang ada saat ini jika boleh saya berkata demikian.

Acara yang saya tonton adalah “Indonesia Mencari Bakat” yang disponsori oleh Indomie (CMIIW) dan diputar di stasiun televisi swasta TransTV malam ini. Saya pun bisa menyaksikan apa yang saya tunggu. Kontestan terakhir, seorang remaja putri berusia 12 tahun yang dipanggil Putri menyanyikan sebuah lagu seriosa.

Ya, Con te partirò adalah sebuah seriosa terkenal yang ditulis oleh Francesco Sartori (musik) dan Lucio Quarantotto (lirik), dipopulerkan oleh Andrea Bocelli dan Soprano Sarah Brightman.

Dan harus saya akui, saat menyaksikan performa gadis muda itu. Hati kecil saya berkata, ada sebuah harapan baru untuk seriosa di negeri ini, sebuah seni yang nyaris mati di Indonesia. Ada sebuah bintang baru akan bersinar di negeri ini jika diberikan kesempatan dan ruang. Dan membuat saya langsung menuliskan ini di blog.

Mungkin tidak banyak orang di negeri ini yang menyukai seriosa. Mungkin gadis kecil ini belum menyanyi sebaik Sarah Brightman atau pun mendekati Charlotte Church, tapi saya tahu – entah bagaimana saya tahu, mungkin inilah salah satu keajaiban yang dapat saya lihat muncul dengan indah di antara hiruk pikuk negeri ini.

Bagi yang belum kenal dengan Con te partirò, mungkin kalian pernah mendengar lagu adaptasinya dalam judul “Time To Say Goodbye”. Saya tidak memiliki rekaman remaja kecil yang menyanyi dengan indah ini, tapi saya bisa berikan lirik dan video lagu saat dibawakan oleh Bocelli dan Sarah Brightman.

Quando sono solo
Sogno all’orizzonte
E mancan le parole
Si lo so che non c’?luce
In una stanza
Quando manca il sole
Se non ci sei tu con me, con me.
Su le finestre
Mostra a tutti il mio cuore
Che hai acceso
Chiudi dentro me
La luce che
Hai incontrato per strada

 
Time to say goodbye
Paesi che non ho mai
Veduto e vissuto con te
Adesso si li vivro.
Con te partiro
Su navi per mari
Che io lo so
No no non esistono piu
It’s time to say goodbye.

Quando sei lontana
Sogno all’orizzonte
E mancan le parole
E io si lo so
Che sei con me con me
Tu mia luna tu sei qui con me
Mio sole tu sei qui con me
Con me con me con me

Time to say goodbye
Paesi che non ho mai
Veduto e vissuto con te
Adesso si li vivro.
Con te partiro
Su navi per mari
Che io lo so
No no non esistono piu
Con te io li rivivro.
Con te partiro
Su navi per mari
Che io lo so
No no non esistono piu
Con te io li rivivro.
Con te partiro
Io con te.

Coba kemudian kita lihat penampilan Putri yang saya ambil video-nya dari Youtube

Wish you enjoy it!

Iklan

37 pemikiran pada “Kejutan Con Te Partirò

    1. kuroneko,

      Saya mungkin tidak mengikuti hingga ke tahap-tahap selanjutnya, tapi kalau penjuriannya fair dan wise, saya rasa tidak akan masalah bagi pemilik nada seindah itu 🙂

      Suka

  1. dwi rahmawati

    thanks ya infonya..saya juga memang menunggu2 acara itu hanya untuk liat kebolehan cewe hebat itu..dan ternyata kesabaranku menunggu nya terbayar dengan suaranya yang kueren..thanks juga buat linknya…

    Suka

    1. dwi rahmawati,

      Saya juga merasa seperti menunggu sebuah konser oskestra besar, walau hanya sajian beberapa menit di layar kaca – tapi rasanya benar-benar layak untuk dinantikan dan disaksikan.
      You’re welcome.

      Suka

  2. tama

    keren banget dah..gw udah nunggu dari sore…walaupun sempat ketiduran, sukurnya bisa nonton juga.hehe…
    *ada g yah, juri yang g pake empati??tanpa harus ada rasa “kasian” kepada peserta??

    Suka

    1. trisnok,

      Saya harap juga demikian, pun dia tidak menang di sini nantinya – dengan potensinya akan ada banyak sekali jalan untuk menjadi bintang yang bersinar terang 🙂

      Suka

  3. andrio

    q pengen bgt ngebentuk group seriosa… krn hobi gw emg nyanyi seriosa.
    tapi kbanyakan tmn gk hobby sm seriosa..

    bwt tmn2 yg pengen ngebentuk group seriosa gt, ks tau k q y…

    Suka

    1. andrio,

      Bakat dan hobi seriosa sangat sulit ditemukan belakangan ini, jika pun ada pasti tersebar di seluruh negeri. Tapi mungkin dunia maya bisa menghubungkan dan memendekkan ruang di antara mereka. Kenapa tidak mencoba membuat group/milis atau sejenisnya – atau mungkin sudah ada dan bergabung di dalamnya.

      Suka

      1. Andrio

        Tkz Cahaya, yg udh nge reply comment q…

        Udah coba nyari2 tmn yg jg hobby seriosa, tapi sulit bgt nemunya… emg cahaya hobi seriosa jg?…

        temen2 yg hobi nyanyi sih ada… cuma’ lagunya ya…. pop,rock,& band2 indo gitu… yang seriosa gak ada…. hahaha….

        dimana sih… ada group pecinta seriosa?… pengen deh gabung….

        Suka

        1. Andrio,

          Kalau saya sukanya lagu Keroncong, he he…, maklum selera agak tempo dulu 🙂

          Saya sendiri kurang tahu di mana ada perkumpulan seriosa, tapi biasanya informasi seperti ini bisa didapat dari sasana musik terdekat 🙂

          Suka

  4. unnamed

    gw nonton, hebat anak kcil sgtu nyanyiin lagu itu, kbanyakan anak seusia itu nyanyi lagu2 cengeng indonesia kayak di idola cilik

    Suka

    1. unnamed,

      Saya kira kita tidak bisa memaksakan minat dan bakat seorang anak, namun mencapai seriosa yang indah dalam usia muda, itu tidak hanya langka namun juga luar biasa. Kalau yang lain belum berjodoh untuk dapat tampil semengagumkan itu, saya rasa kita tidak dapat juga mendiskreditkan mereka 🙂

      Suka

  5. iskandaria

    Saya juga nonton tadi malam Bli. Saya kagum sekali dengan gadis kecil itu. Di usia yang masih begitu belia, dia sudah punya kualitas vokal yang sangat baik. Untuk usia segitu sudha bisa dibilang luar biasa.

    Sebenarnya ada satu lagi penyanyi yang punya karakter suara seriosa di Indonesia, yaitu Gita Gutawa. Tapi dia kayaknya lebih milih jalur pop dan classic. Suaranya juga tinggi dan punya karakter kuat, dengan teknik falsetto yang dominan.

    Tapi melihat gadis kecil tadi malam (di acara Indoensia Mencari Bakat), saya kayaknya bakalan jadi penggemar seriosa deh). Selama ini saya tidak begitu suka dengan seriosa sebenarnya. Tapi setelah mendengar suaranya semalam, saya kok jadi mulai suka ya 🙂

    Semoga bakat gadis tersebut tersalurkan dan suatu saat ia jadi bintang di negeri ini (masuk dapur rekaman di industri musik tanah air). Semoga.

    Suka

  6. ilham lihu

    saya harap anak itu dapat memenangkan ajang tersebut…krena sya juga melihat hal yg sama……amazing……this is wonderfull..

    Suka

    1. karu,

      Lagu dalam bentuk apa ini? Partitur atau rekaman? Partitur biasanya bisa ditemukan di buku koleksi lagu-lagu klasik – kalau di toko buku ada di bagian buku-buku belajar musik.
      Jika rekaman, mungkin koleksi CD dan AUDIO kaset bisa di bagian/kategori musik klasik bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko musik. Karena lagu ini sangat terkenal 🙂 – sedangkan koleksi rekaman video bisa ditemukan via YouTube.

      Suka

  7. Joey

    wah, abis liat itu anak saya cari2 judul lagunya gak ketemu2 ternyata itu toh judulnya con te partiro. lagu2 yg seperti ini apa lagi judulnya yg terkenal pak?thx

    Suka

    1. Joey,

      Sebenarnya lagu-lagu opera jika suka, bisa dengan mudah mengenali judul-judul. Mungkin karena hobi sih, sama kalau yang hobi mendengarkan dangdut tapi tidak suka seriosa mungkin tidak akan tahu judul-judul lagu opera, demikian pula sebaliknya penggemar lagu seriosa yang tidak menyukai dangdut mungkin tidak hafal dengan judul-judul lagu dangdut walau sering mendengar dalam kesehariannya.

      Suka

  8. Saya termasuk orang yang tidak tahu tentang seriosa, tapi setelah melihat penampilan putri di salah satu ajang pencarian bakat saya mulai tertarik dengan seriosa, kudian beberapa hari yang lalu saya liat salah satu acara pencarian bakat di amerika dan ada seorang perempuan yang membawakan lagu yang sama yg dinyanyikan oleh putri, saya mencoba tuk mencari judul lagu yang dinyanyikan oleh putri dan saya mendapatkannya disini.
    thx bgt buat Cahaya Legawa……..

    Suka

  9. sigit

    saat itu saya sudah ngantuk banget sdh mau tidur. sayup-sayup sy denger suaranya langsung saya bangun…ambil remote ditangan istri saya trus saya besarkan…….SUMPAH baru kali ini saya denger suara seperti itu.

    Suka

    1. sigit,

      Setelah almarhum Ibu Katamsi, memang jarang Pak yang menyanyikan lagi lagu seriosa di televisi atau radio. Apalagi musik modern kini sudah semakin merambah ke mana-mana.

      Suka

  10. Dandy,

    Senang mendengar ada yang berminat dengan lagu-lagu seriosa, namun sayangnya saya tidak dapat membantu, karena saya sendiri tidak tahu di mana harus belajar atau kursus menyanyi lagu-lagu seriosa. Coba ditelusuri lebih jauh di Internet, mungkin ada satu atau dua informasi yang bermanfaat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.