Profil Gravatar yang Baru

Ada mungkin yang bertanya, mengapa saat komentar blog yang ada fotonya, malah fotonya tidak muncul. Harus bagaimana? Ya, jawabannya adalah menggunakan gravatar. Tapi kalau Anda narablog sudah pasti tahu akan hal ini bukan? Tapi apakah Anda tahu kini gravatar mendukung otorisasi dari banyak jaringan lain seperti Yahoo, Blogger, Youtube, Tumblr, Facebook, Twitter, Vimeo, hingga ke blog berdomain pribadi anda – semisalnya pada blog saya ini.

Fitur yang ditawarkan gravatar merupakan salah satu yang bisa dijadikan bahan pembuatan KTP dunia maya. Meski tentu tidak semua situs atau layanan internet menerima gravatar, namun setidaknya situs-situs utama sudah banyak yang bisa bersanding dengan layanan yang satu ini.

Kini gravatar bekerja sama dengan wordpress (padahal sama-sama di automattic), sebagaimana dijelaskan dalam “Gravatar Powered Profiles” di blognya wordpress. Coba lihat tampilan profil akun gravatar berikut sebagai contohnya.

Ya, walau mungkin bukan yang terbaik. Tapi fitur ini banyak disukai oleh orang-orang. Silakan bagi berminat untuk sekadar mencobanya. Untuk melakukan perubahan bisa melalui profil wordpress – silakan klik di sini untuk mengedit. Dari sana Anda akan dapat mengedit keseluruhan profil anda. Beberapa pranala akan menuju gravatar.com, karena mesinnya-lah yang berperan dalam semua ini. Atau Anda bisa langsung mengedit di gravatar.com, intinya sih sama saja.

Selamat mencoba.

17 respons untuk ‘Profil Gravatar yang Baru

  1. Masih belum mencoba Mas Cahya, biarkan dulu yang lainya.
    Kalau ukurannya menjadi jumbo apa berbanding lurus dengan pemiliknya ? :-))

    Suka

    1. Pak Aldy,

      Tidak wajib kok untuk memutakhirkan profil Gravatar, yang penting sudah diambil saja – biar tidak disalahgunakan di masa depan (cieh…, pemikiran calon orang terkenal, maunya).
      Kalau masalah jumbo, mungkin mau menyaingi teknologi yang kini semakin mungil – masa foto ikutan mungil juga. Siapa tahu besok Gravatar juga valid untuk melamar kerja, membuat KTP daring, dan lain sebagainya, foto ukuran jumbo kan perlu juga Pak 😀

      Suka

  2. saia mah yang penting bisa nampang dikit 😀

    eh, tampilin screenshot sekalian narsis dikit 😛

    Suka

    1. Bli Dani,

      Wah, itu mungkin sudah kebijakannya automattic, pengguna biasanya tinggal terima saja. Mungkin sebenarnya lokasi itu bisa digunakan untuk multiavatar?
      Hmm…, vCard itu apa ya 😆 [Mungkin nanti ada teknologi untuk menggabungkan keduanya di dunia maya].

      Suka

  3. kalau aku sih biarin aja karena buat KTP dunia maya agar dikenal orang **narsis mode on** 😆 mau aku ganti kgak punya foto yang oke.

    Suka

    1. sugeng,

      Itu seperti database wajah kita, tapi ga tahu juga ya Pak, karena banyak yang pakai ikon/logo pribadi daripada foto sendiri 😕

      Suka

  4. Hmm… seperti vcard saja ya..
    Hanya saja gambar fotonya gede banget 🙂

    Wah, ada ide neh buat bikin layout halaman kek gitu. Thanks infonya mas 🙂

    Suka

Komentar ditutup.