Wallpaper Juggler untuk Windows

Mungkin jika kita pernah melihat sistem operasi seperti Mac OS X atau Linux (Kubuntu, OpenSUSE, dan lain sebagainya) memiliki fitur mempercantik desktop dengan mengganti kertas dinding-nya (wallpaper) secara otomatis dalam periode tertentu. Dan fitur ini biasanya terpasang secara asli (default) pada sistem operasi tersebut.

Saya tidak tahu jika pada Windows 7, namun pada Windows XP dan Vista fitur ini tidak ada langsung pada setelan desktop. Sehingga jika kita menginginkan fitur ini harus menambahkannya dari program pihak ketiga. Salah satu program yang saya tahu bisa diunduh dan dipasang secara gratis untuk fitur ini adalah Wallpaper Juggler dari CodePlex.

Program ini bisa diaplikasikan pada Windows 7, Vista dan XP, bisa digunakan untuk mengunduh kertas dinding dari InterfaceLIFT.com dan WallpaperStock.com serta mengubah mereka di dekstop secara berkala.

Jangan lupa sebelumnya, bahwa program ini memerlukan .Net Framework v3.5 agar bisa berjalan dengan baik.

Ada pun fitur-fitur yang ditawarkan adalah:

  1. Berjalan di latar belakang dan dapat dikontrol dari system try;
  2. Dapat diatur agar:
  1. Dimulai bersamaan dengan Windows;
  2. Mencari kertas dinding di banyak map (folder) sekaligus (menyertakan atau menyingkirkan submap tertentu). Baik digunakan pada kertas dinding dengan resolusi yang pas.
  3. Menggilir kertas dinding secara berkala dalam waktu antara 1 menit hingga 500 jam. Format yang dipahami adalah “000 Hrs atau 000 Min”
  4. Melakukan konfirmasi sebelum penggantian ke kertas dinding berikutnya.
  5. Menyesuaikan posisi kertas dinding untuk yang berukuran kurang sesuai dengan monitor.
  • Dapat mengubah kertas dinding secara manual dengan melakukan klik menu “Juggle Now” atau klik ganda pada ikon.
  • Dapat melihat kapan penggantian kertas dinding berikutnya.
  • Masih banyak lagi fitur yang lainnya dan dapat dibaca selengkapnya di artikel blog ini. Program ini tidak terlalu berat, pada laptop saya yang menggunakan Windows Vista mengonsumsi memori komputer sebesar kurang lebih 10 MB.

    Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silakan unduh di CodePlex – Wallpaper Juggler.

    Gambar diambil dari pranala sebelumnya.

    Satu hal lagi yang patut diperhatikan, program ini tidak dipasang sebagaimana instalasi program Windows pada umumnya. Cara terbaik adalah setelah mengunduh dalam bentuk .zip, maka berkas eksekusi juggler.exe ditempatkan di lokasi yang mudah Anda akses (semisal Desktop). Lalu jalankan dengan klik ganda pada berkas eksekusi tersebut (tanpa perlu instalasi).

    Iklan

    26 pemikiran pada “Wallpaper Juggler untuk Windows

      1. eMtoeMcabee,

        Tidak kok, berkasnya hanya beberapa ratus kilobit, dan tidak boros RAM (kurang dari 10 MB RAM yang digunakan), jadi masih tergolong aplikasi ringan 🙂

        Suka

    1. OOT, kali ini saya berada disamping Bli Dani,
      Benar Mas content utama ini pake huruf dengan shadow putih, tetapi halus 😉
      Kayaknya perlu periksa ulang matanya 😉

      Suka

      1. Pak Aldy,

        [OOT] He he…, sebenarnya sih saya sudah tahu, cuma biar Bli Dani mau ngajarin trik ngebongkar CSS-nya, kalau saya pura-pura bodo (padahal emang beneran) dia biasanya gemes buat nunjukin caranya – walau pada akhirnya saya tetap ga bisa 😀

        Suka

          1. Wah, itu Pak Aldy soalnya ga pernah belajar langsung dari orangnya, he he…, daripada menyontohkan langsung Bli Dani akan mengirimkan lewat twitter banyak pranala tempat bacaan seputar itu – padahal duduk di sampingnya, capek deh 😆

            Suka

          2. Mungkin kalau nggak gitu nggak kreatif jadinya ( yang dikasi pelajaran ), kalau nyontek maunya langsung jadi, kalau dikasih pranala yah…mau bagaimana lagi ?

            Suka

    2. Aldy

      Menarik untuk dicoba Mas Cahya,
      Karena tidak dibutuh installasi untuk menjalankannya, artinya dia bisa berjalan stand alone.
      Kebanyakan program wallpaper changer harus melalui instalasi terlebih dahulu. Kalau yang begini lebih praktis dan tidak mengotori registry windows-nya.

      Suka

    3. TuSuda

      Pilihan variasi yg bagus bagi desktop komputer sesuai aplikasi yg dianjurkannya. Terimakasih telah menambah pengetahuan iptek buat sy yg masih gaptek…

      Suka

      1. Pak Narno,

        Saya sama sekali belum pernah nyentuh Windows 7 jadinya tidak banyak tahu fitur apa saja yang menempel, malas lagi ngupgrade ke 7, soalnya di Vista saya sudah terpasang banyak program proprietary yang lumayan mahal kalau saya mesti beli lagi lisensinya. Tapi makasih Pak, karena sudah memberi tahu kalau di Windows 7, fitur ini sudah tersedia 🙂

        Suka

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.